9 Jenis Usaha Sampingan Dengan Modal Kecil Yang Menjanjikan

Halo, apa kabar semua? Semoga sehat selalu ya. Karena jika badan sehat selalu tentunya bisa melakukan banyak hal termasuk berbisnis atau memulai peluang usaha baru. Nah, jumpa lagi nih dengan saya yang beberapa abad sudah menghilang bagaikan ditelan bumi dikarenakan banyaknya kesibukan yang luar biasa ruwetnya sehingga tidak ada waktu untuk update. Dan semoga semua masih tetap setia dengan blog Panggulku tentunya.

Oke, dikesempatan kali ini saya akan kembali membahas seputar bisnis. Kali ini saya akan berbagi tentang berbagai jenis bisnis atau usaha yang mungkin dapat membantu Anda untuk mendapatkan uang tambahan tanpa harus meninggalkan atau mengganggu waktu kerja atau lebih tepatnya pekerjaan utama Anda.
Usaha sampingan dengan modal kecil
Memiliki pekerjaan yang mapan tentunya adalah idaman dari semua orang. Nah, biasanya pekerjaan itu dilakukan pada siang hari atau sistem shift siang dan malam. Diantara waktu tersebut tentunya ada waktu luang yang kadang tidak tersalurkan ke hal yang kurang bermanfaat. Maka dari itu, tidak ada salahnya jika Anda gunakan waktu luang Anda dengan membuka usaha sampingan atau semacam freelance. Anda dapat mengatur waktu Anda tentang bagaimana menjalankan usaha sampingan tersebut. Anda bisa memulainya dengan membuat usaha sampingan dengan modal kecil terlebih dahulu. Dan jika sudah berkembang nantinya dapat Anda naikkan kembali tingkatannya.

Hal-hal Yang Harus Diketahui Untuk Menjalankan Usaha Sampingan

Usaha sampingan dengan modal kecil merupakan salah satu cara yang sangat efektif untuk mendapatkan pemasukan atau pendapatan tambahan tanpa harus meninggalkan pekerjaan utama dan keluar duit banyak. Karena usaha sampingan ini bisa Anda mulai dari yang bermodalkan kecil dengan modal tabungan sendiri.

Selain itu, saat ini memiliki usaha sampingan sudah menjadi sesuatu yang umum. Tidak jarang juga diantara mereka yang sudah sukses dengan usaha sampingan yang mereka miliki memilih untuk meninggalkan pekerjaan utamanya dan memilih untuk lebih fokus dan mengembangkan bisnis sampingan yang semakin menghasilkan keuntungan lebih besar. Tidak heran jika bisnis sampingan inilah lambat laun yang akan menggeser posisi pekerjaan utama yang sebelumnya Anda miliki.

Banyak jenis usaha sampingan yang bisa dimulai dengan modal yang kecil atau yang seusai dengan budget yang Anda miliki. Dan untuk lebih lanjutnya akan saya jelaskan dibawah ini.

Macam-macam Jenis Usaha Sampingan Yang Bisa Anda Mulai Dengan Modal Kecil

Jika menurut jenisnya, usaha sampingan itu ada banyak jenis. Mulai dari yang bermodalkan kecil hingga yang bermodalkan tinggi sekali. Dan untuk kali ini saya hanya akan membahas atau lebih tepatnya berbagi beberapa atau apa saja jenis usaha sampingan yang hanya membutuhkan budget sedikit atau lebih tepatnya modal kecil. Yah, karena untuk ukuran seorang pegawai atau karyawan memiliki usaha sampingan dengan modal kecil adalah salah satu pilihan yang tepat untuk menghemat atau sekedar untuk jaga-jaga. Baca juga 10 cara membuat bisnis modal kecil

Maksud dari jaga-jaga ialah jika suatu saat ada gagalnya usaha tersebut, tidak akan terlalu berat untuk menutupi kerugiannya. Karena seperti yang kita ketahui, membangun usaha baru belum tentu semua bisa sukses. Selain itu, dengan dibutuhkannya modal kecil akan menjadi sangat mudah untuk kita mendapatkan modal tersebut. Nah, berikut adalah beberapa contoh yang bisa kamu jadikan sebagai usaha sampingan.

1. Buka warkop
Saat ini warkop atau warung kopi sedang menjadi salah satu pilihan para perintis usaha. Cocok juga untuk dijadikan usaha sampingan. Karena warkop yang pada umumnya buka pada malam hari, jadi tidak akan mengganggu pekerjaan utama Anda disiang hari. Selain itu, mendirikan warkop juga tidak terlalu memakan budget yang terlalu besar.

Tentunya kamu harus memiliki keahlian dalam mengolah dan meracik kopi. Sehingga akan banyak pelanggan yang akan menyukai kopi hasil olahan dan racikan Anda sendiri.

2. Jual makanan ringan
Menjual makanan ringan merupakan salah satu cara mudah untuk mendapatkan penghasilan tambahan tanpa harus mengganggu pekerjaan utama. Karena dalam proses pembuatan produknya dapat kamu lakukan pada malam hari. Atau bisa Anda kerjakan pas hari libur. Baca juga cara membangun bisnis makanan ringan dengan modal kecil yang menjanjikan

Cara jualnya tentunya akan sangat lebih mudah. Dengan cara Anda memperkenalkan atau menawarkan kepada orang-orang terdekat Anda terlebih dahulu. Seperti kepada tetangga, saudara bahkan rekan kerja Anda. Bisa juga dititipkan di warung-warung. Dan jangan lupa promosikan lewat media sosial yang Anda miliki.

3. Jasa fotografer
Jika Anda memiliki kamera yang jarang terpakai, Anda bisa manfaatkan untuk dijadikan alat yang  menghasilkan pendapatan tambahan. Tawarkan jasa pemotretan kepada orang-orang yang mungkin membutuhkan. Dan juga diberbagai even penting yang biasanya perlu didokumentasikan acaranya.

4. Cuci motor
Ada beberapa orang yang memiliki halaman rumah yang cukup luas namun tidak dimanfaatkan sedikitpun. Anda bisa manfaatkan halaman rumah Anda sebagai tempat cuci motor. Jika sudah ada tempat, tentunya Anda hanya perlu mencari keperluan Alat untuk mencuci motor.

Untuk menghindari terjadinya bentrok jadwal antara pekerjaan utama dan pekerjaan sampingan, Anda bisa mencari teman untuk memulai usaha ini.

5. Jasa laundry
Mungkin Anda memiliki mesin cuci yang mungkin hanya Anda pakai seminggu sekali. Nah, daripada tidak maksimal pemanfaatannya Anda bisa jadikan sebagai ladang bisnis. Dengan cara mendirikan jasa laundry kecil-kecilan khusus untuk orang-orang didekat tempat tinggal Anda. Untuk hal ini tentunya Anda harus memiliki seorang partner kerja untuk membantu Anda.

Untuk menarik minat orang lain, buat laundry Anda semenarik mungkin. Seperti mematok tarif dibawah yang lainnya.

6. Jasa les privat
Jadikan pendidikan yang Anda miliki menjadi lebih bermanfaat. Dengan cara menyalurkannya kepada orang lain. Contohnya dengan cara membuka atau menawarkan jasa les privat. Pekerjaan ini bisa Anda jadwal sesuai dengan jam kerja utama Anda. Atau bisa juga dilakukan pada saat malam hari.

7. Menjadi driver
Jika Anda memiliki kendaraan sendiri untuk pulang pergi ketempat kerja Anda. Anda bisa manfaatkan sebagai sarana transportasi juga untuk orang lain yang sekiranya memiliki arah tujuan tempat yang sama dengam Anda. Dan disaat waktu libur, Anda juga bisa manfaatkan waktu tersebut untuk menjadi ojek online seperti yang sedang booming seperti saat ini misalnya.

8. Menjadi agen
Bergabung menjadi salah satu agen dari beberapa perusahaan merupakan salah satu hal yang dapat Anda lakukan untuk memiliki penghasilan tambahan. Contohnya menjadi salah satu agen asuransi atau pinjaman uang. Anda bisa menawarkan jasa tersebut kepada rekan kerja atau teman dan saudara Anda.

9. Menjadi penjahit
Mungkin ada diantara kalian yang di rumah memiliki mesin jahit dan juga memiliki keahlian untuk menjahit. Nah, Anda bisa manfaatkan juga menjadi usaha sampingan. Terlebih dahulu Anda hanya terima jahitan dalam skala kecil dulu. Nanti jika sudah mahir, Anda bisa melanjutkannya dengan menerima dalam jumlah besar. Selain itu, Anda juga bisa melakukannya ketika ada waktu luang saja.

Penutup

Demikina yang bisa saya sampaikan tentang usaha sampingan dengan modal kecil ini. Semoga bisa menjadi manfaat bagi Anda semua. Jangan lupa share juga keteman-teman Anda. Terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "9 Jenis Usaha Sampingan Dengan Modal Kecil Yang Menjanjikan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel