10 Cara Membuat Bisnis Modal Kecil

Mendirikan sebuah bisnis merupakan salah satu cara tentang bagaimana kita mengelola dan mengasah kemampuan kita dalam dunia bisnis. Pada umumnya, sebuah bisnis selalu membutuhkan modal yanh cukup besar untuk mendirikan sebuah bisnis yang sudah bisa dikatakan bisnis besar. Namun tidak pada yang akan saya bahas kali ini. Bisnis bisa saja didirikan hanya menggunakan modal kecil. Dan yang akan saya bahas kali ini adalah Cara membuat bisnis modal kecil.

cara membuat bisnis modal kecil

Bagi sebagian orang mungkin merasa tidak percaya diri ketika ingin memulai sebuah bisnis. Dengan alasan  mulai dari modal yang dimiliki masih sangat kecil hingga merasa tidak mungkin cukup untuk membuat sebuah bisnis. Tanpa mereka sadari, bahwa dengan modal sekalipun sudah bisa membuat sebuah bisnis tergantung niatnya sebenarnya.

Salah satu contoh bisnis yang bisa dibuat hanya dengan modal yang kecil misalnya adalah bisnis makanan ringan. Bisnis ini mampu dimulai hanya dengan modal sak uprit dengan hasil yang menjanjikan. Untuk itu saya menulis artikel ini melalui blog Panggulku dengan tujuan supaya dapat membantu teman-teman semua yang ingin membuat bisnis tetapi hanya memiliki modal yang kecil.

Cara-cara Membuat Bisnis Modal Kecil Yang Harus Diperhatikan

Beberapa cara membuat bisnis modal kecil ini bisa dengan mudah dilakukan oleh berbagai kalangan. Karena untuk membuat sebuah bisnis  yang paling penting adalah niatnya.

Kegagalan dalam sebuah bisnis sering kali menjadi ancaman bagi yang masig pemula. Dan hal ini yang membuay segelintir orang enggan untuk memulai sebuah bisnis tersebut. Untuk menghindari kegagalan tersebut, berikut adalah cara-cara yang bisa dilakukan untuk memulai sebuah bisnis.

1. Tentukan jenis bisnis
Yang pertama kali harus kamu siapakan adalah tentang jenis bisnis apa yang ingin kamu rintis. Karena dengan mengetahui jenis bisnis apa yang akan dibuat, maka akan mempermudah kamu untuk menafsirkan kisaran modal yang harus dikeluarkan. Jadi bisa mengrluarkan modal dengan pas tanpa embel-embel yang lainnya.
2. Riset pasar
Riset pasar merupakan cara untuk mengetahui tentang apa saja yang sekiranya paling dicari oleh masyarakat. Dan tentang seberapa besar persaingan yang ada dipasaranya. Sehingga kemungkinan untuk tidak lakunya bisnis yang akan kamu rintis menjadi lebih kecil. Dan selain itu kamu bisa lebih memahami tentang strategi pemasaran produk yang akan kamu jadikan bisnis nantinya.
3. Menentukan modal
Ketika jenis usaha apa yang akan kamu rintis sudah dipastikan. Maka sekarang tinggal menentukan jumlah modal yang harus dikeluarkan. Pastikan semua yang dibututuhkan sudah terinci semua, sehingga nantinya tidak lagi ada pengeluaran tambahan yang harus digunakan yang tidak sesuai list.
4. Penghematan pada biaya operasional
Untuk membuat bisnis dengan modal kecil, kamu harus bisa menekan biaya operasional. Tahukah kamu, bahwa dalam sebuah bisnis ada yang namanya biaya tetap dan biaya variabel. Lalu apa sih yang dimaksud dengan biaya tetap dan biaya variabel. Berikut penjelasannya.

Biaya tetap, disebut biaya tetap adalah biaya yang memang wajib harus dikeluarkan. Dan ini tidak dapat dikurangi atau ditekan jumlahnya.

Biaya variabel, biaya yang seperti halnya sekedar biaya tambahan. Yang pada dasarnya masih dapat ditekan jumlah pengeluarannya.
5. Menentukan lokasi
Untuk membuka bisnis dengan modal kecil usahakan sebisa mungkin memiliki tempat bisnis sendiri tanpa harus sewa. Karena sewa tempat semacam ruko dan sebagainya membutuhkan dana yang sangat besar. Apalagi jika tempat yang dipilih merupakan tempat yang strategis. Solusinya misalkan kamu membuka bisnis bisa dirumah sendiri. Dan untuk menarik pengunjung kamu bisa menawarkan sistem delivery.
6. Manfaatkan Kemampuan
Nah, buat kamu yang memiliki kemampuan ini akan sangat menguntungkan sekali buat bisnis kamu. Misalnya kamu ahli dalam membuat kue atau makanan ringan lainnya. Kamu bisa manfaatkan jadi peluang bisnis kamu yamg sangat menjanjikan.
7. Gunakan alat-alat seadanya yang masih layak
Untuk membuat bisnis tentunya memerlukan alat-alat. Misalnya membuat kue, gunakanlah alat-alat yang sudah ada. Atau jika memang harus membeli, belilah yang second saja yang penting masih layak untuk digunakan.
8. Pilih bahan yang murah.
Bahan-bahan yang berkualitas sudah pasti identik dengan harga yang selangit. Tapi kamu bisa mengatasinya dengan cara menyetok barang dirumah saat ada harga promo yang yang tinggi. Selain itu kamu bisa mengatasi kelangkaan barang jika kamu sudah memiliki stok dirumah.
9. Kerjakan sendiri
Untuk pemula sebaiknya mulailah dulu dengan mengerjakan segala sesuatunya sendiri. Sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menggaji karyawan. Sebaiknya kamu merekrut karyawan ketika omset dan bisnis kamu sudah berkembang.
10. Promosi gratis
Dizaman yang milenial ini, saya rasa sudah tidak asing lagi dengan yang namanya promosi melalui media sosial. Bahkan hampir semua pemilik bisnis ini mempromosikan produknya melalui media sosial. Tentunya kamu juga memiliki media sosial juga kan. Nah, itu dapat kamu manfaatkan sebagai ladang pengahsilan kamu dengan cara mempromosikan produk kamu melalui media sosial.

Akhir Kata.

Saya rasa sudah cukup itu dulu untuk cara membuat bisnis modal kecil ini. Dan saya rasa cukup mudah untuk dijalankan, apalagi dengan adanya niat dan segala persiapan yang matang. Sebelum meninggalkan tulisan ini, jangan lupa like dan share terlebih dahulu ya. Supaya kami dapat terus update informasi terbaru. Terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "10 Cara Membuat Bisnis Modal Kecil "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel