Cara Membangun Bisnis Makanan Ringan Dengan Modal Kecil Yang Menjanjikan

Cara membangun bisnis makanan ringan. Bisnis makanan ringan akhir-akhir ini banyak diminati para pebisnis pemula. Karena selain prosesnya yang cukup mudah untuk dipraktekkan langsung, dengan modal kecilpun kita bisa mulai merintis bisnis yang satu ini.

Bagi para pemula mungkin masih sering salah menafsirkan antara modal yang dikeluarkan dan berapa pendapatan yang nantinya akan dihasilkan. Ini bisa menjadi boomerang yang sangat mengancam akan keberhasilan dari bisnis yang sedang dirintis tersebut.

cara membangun bisnis makanan ringan

Oleh karena itu, kita harus benar-benar paham dengan bidang apa yang akan kita kelola tersebut. Jika sudah begitu, bisa dipastikan kamu dapat menjalankan bisnis yang kamu rintis dengan mudah karena semua sudah dapat dipahami tentang apa saja yang seharusnya dilakukan.

Dalam menjalankan sebuah bisnis baru, juga diperlukan strategi-strategi yang perlu disiapkan. Kenapa demikian?. Karena dalam menjalankan sebuah bisnis baru seperti bisnis makanan ringan ini, kita harus siap dengan apa yang akan terjadi kedepannya. Dan jika hal yang tidak diinginkan terjadi, maka kita dapat menggunakan strategi yang sudah disiapkan tersebut untuk menjaga tetap berjalannya bisnis kita.

Cara Membangun Bisnis Makanan Ringan

Nah, disini saya memiliki beberapa tips tentang cara membangun bisnis makanan ringan dengan modal kecil tapi mendapat untung yang banyak. Bisnis-bisnis yang seperti ini biasanya banyak disukai oleh ibu rumah tangga yang selalu aktif. Karena bisnis semacam ini dapat dilakukan dirumah.

Dan berikut ini adalah beberapa tips yang mungkin dapat membantu bisnis makanan ringan yang akan kamu rintis.

1. Perencanaan yang tepat
Dalam membangun setiap bisnis yang ada, tentunya semua harus mempunyai perencanaan yang matang terlebih dahulu. Tidak terkecuali dengan bisnis makanan ringan yang kita bahas saat ini. Karena jika sudah ada perincian yang tepat kita tinggal mempraktekkannya.
2. Modal
Tidak perlu mengeluarkan modal yang terlalu tinggi dalam bisnis ini. Karena lebih baik memulai dengan sekala kecil terlebih dahulu. Dan jika dirasa sudah ada kemajuan kita tambah lagi ke sekala menengah hingga ke sekala tertinggi. Jika sudah mencapai sekala tertinggi mungkin kamu sudah bisa mendirikan toko sendiri.
3. Atur strategi
Mengatur segala strategi agar produk kamu mampu bersaing di antara produk-produk lain milik dari pedagang lain.
4. Produksi sendiri
Untuk pemula yang masih merintis dari nol. Lebih baik membuatnya sendiri dirumah dengan sekala kecil terlebih dahulu. Sehingga ini akan banyak menguntungkan jika dibanding dengan mengambil suply dari orang lain.
5. Menjaga kualitas
Untuk bisnis makanan menjaga kualitas merupakan yang paling penting. Karena ini sudah menyangkut dengan dampak kesehatan. Dan kualitas yang baik biasanya adalah yang paling banyak disukai.
6. Kemasan yang menarik
Buat tampilan semenarik mungkin untuk meyakinkan para konsumen supaya menyukai produk buatan kamu.

Contoh Makanan Ringan Yang Direkomandasikan Untuk Pebisnis Pemula Dengan Modal kecil

Sebenarnya banyak sekali jenis makanan ringan yang ada di sekitar kita ini. Namun ada beberapa yang juga dalam prosesnya membutuhkan modal besar.

Nah, lalu apa saja jenis makanan ringan yang sekirannya cocok untuk pemula dengan modal kecil?. Jenis makanan ringan berupa keripik biasannya paling menguntungkan. Contohnya:

  • Keripik pisang

Kenapa keripik pisang bisa dikatakan menguntungkan?. Begini faktanya. Misalkan kamu beli 1 tandan pisang katakanlah dengan harga 25 ribu. Lalu kamu jadikan keripik menghasilkan misalnya 15 bungkus kamu jual per bungkus 5 ribu. Nah, sudah terlihat hasilnya kan.

  • Kacang telur

Kacang telur ini bisa dikatakan menjanjikan sekali. Karena modal 1kg kacang tanah kisaran harga 26 ribuan sudah bisa menghasilkan banyak sekali kacang telur. Dan harga dari kacang telur ini masih sangat baik pasarannya.

  • keripik singkong

Lagi-lagi keripik, iya karena keripik prosesnya adalah yang paling mudah. Keripik singkong sudah jelas sekali untungnya. Karena harga singkong yang sangat murah. Dan untuk menghasilkan produk singkong dengan harga tinggi kamu bisa menambahkan berbagai rasa pada produk kamu.

Saya rasa itu dulu untuk contoh kecilnya. Karena jika saya sebut semua bisa sampai besok pagi selesainya. Dan contoh makanan ringan yang saya bagikan diatas biasanya paling disukai orang untuk camilan saat santai maupun ngumpul bersama teman dan keluarga.

Strategi Pemasaran

Ketika kamu memulai sebuah bisnis. Contohnya seperti bisnis makanan ringan seperti yang kita  bahas saat ini. Kamu harus tau bagaimana pemasarannya supaya produk kamu bisa cepat laku.

Lalu bagaimana caranya?

Berikut beberapa cara yang mampu saya bagikan buat kamu.

1. Tawarkan ke orang-orang terdekat
Untuk pemula, ada baiknya untuk mengenalkan produknya kepada orang-orang terdekatnya terlebih dahulu. Seperti tetangga sekitar rumah, teman dan orang-orang lainnya.
2. Dititipkan di warung
Kamu bisa menitipkan produk kamu di toko-toko atau warung yang bersedia menjual makanan ringan.
3. Jual online
Selain cara diatas kamu bisa menjajakan produk kamu melalui sosial media yang sekarang sudah sangat tidak asing lagi bagi kita.

Saran

Dalam menjalankan sebuah bisnis sebaiknya benar-benar dilakukan dengan serius. Sehingga tidak hanya menjadi bisnis musiman saja. Untuk memulai sebuah bisnis tidak perlu terlalu memaksakan diri untuk menyiapkan modal yang terlalu tinggi hingga mencari hutangan kesana kemari. Ada baiknya lagi jika menggunakan modal sendiri.

Demikian tips yang bisa saya bagikan. Semoga artikel cara membangun bisnis makanan ringan dengan modal kecil ini dapat membantu peluang bisnis yang kamu miliki. Jangan lupa like dan share. Dan kunjungi terus blog Panggulku untuk informasi lainnya. Terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Cara Membangun Bisnis Makanan Ringan Dengan Modal Kecil Yang Menjanjikan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel