Ternyata Begini 5 Cara Membedakan Berita Hoax atau Fakta Di Internet

Cara membedakan berita hoax atau fakta. Baru-baru ini sudah banyak berita hoax yang semakin marak beredar di masyarakat. Berita hoax kerap kali menjadi sarana yang menimbulkan adu domba. Baik itu antara perorangan maupun dalam kelompok besar.

Berita hoax yang berarti berita palsu atau tidak sesuai dengan faktanya ini, sudah semakin meresahkan. Karena sudah banyak sekali oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab yang iseng menyebar berita hoax.

cara membedakan berita hoax atau fakta

Ditambah dengan adanya kemajuan yang semakin pesat dalam media komunikasi saat ini, semakin menambah menyebarnya berita hoax menjadi lebih cepat menyebar keseluruh penjuru.

Berita hoax yang paling banyak kita dapatkan adalah tidak lain melalui media sosial. Baik itu melalui facebook, twitter, whatsapp dan media sosial lainnya yang kini dimiliki setiap pengguna smartphone. Sebagai warga internet yang baik, sebaiknya kita bisa tau mana berita yang hoax dan mana berita yang fakta. Dan sebagai pengguna sosial media yang cerdas kita harus bijak dalam menggunakan sosial media seperti semestinya.

Lalu bagaimana cara mengetahui berita tersebut hoax atau fakta?.

Nah, dikesempatan kali ini, saya akan berbagi tips bagaimana cara membedakan berita hoax atau fakta. Tentunya tetap di blog Panggulku ya.

5 Cara Membedakan Berita Hoax Atau Fakta

Ada beberapa cara yang harus kamu ketahui untuk membedakan berita hoax atau fakta ini. Supaya kita tidak mudah diperdaya oleh berita-berita hoax yang tidak jelas sumbernya yang dapat dengan mudah membuat kita menjadi salah kaprah.

Berikut ini adalah beberapa cara membedakan berita hoax atau fakta yang dapat saya bagikan.

1. Jangan mudah tertarik dengan judul yang bersifat provokatif
Ketika kamu melihat berita yang memiliki judul menarik, heboh, dan berbau provokatif pasti kamu langsung klik tanpa berfikir yang lainnya. Tanpa kamu ketahui sebagian judul yang dibuat dengan sedemikian rupa hanya untuk membuat sensasional. Isi dari berita tersebut terkadang hanyalah berupa berita sampah yang dibuat oleh pihak penyebar hoax. Untuk itu jika ada berita yang heboh, lebih baik kamu mencari tau dari sumber yang lain juga.
2. Teliti alamat situs yang kamu baca
Jika kamu membaca berita dari sebuah sumber dengan mencantumkan link, maka telitilah alamat URL yang tercantum tersebut. Karena saat ini sudah terdapat puluhan ribu situs berita yang dinyatakan menjadi penyebar berita hoax.
3. Cari sumber berita
Untuk memastikan berita itu hoax atau palsu, kamu harus tau sumber dari berita tersebut. Jangan mudah percaya dengan berita tersebut sebelum kamu benar-benar tau fakta dan sumber dari berita tersebut.
4. Cek keaslian foto yang tertera
Dizaman yang serba modern ini, hampir semuanya mengandalkan kecanggihan teknologi. Tidak terkecuali dalam pembuatan berita hoax yang marak dimasyarakat. Sering kali mereka menggunakan foto yang sudah diedit sedemikian rupa untuk memprovokasi satu sama lainnya atau lebih tepatnya para pembaca berita ini sendiri. Untuk itu, cek keaslian foto tersebut sebelum kamu mempercayai isi dari berita itu sendiri.
5. Ikuti grup-grup diskusi anti hoax
Kamu bisa mengikuti grup-grup anti hoax untuk dapat menanyakan apakah informasi yang kamu dapatkan apakah hoax atau fakta. Karena disitu kamu akan mendapat  konfirmasi dari berbagai orang yang lebih mengetahui apakah berita tersebut beneran fakta atau hanya berita hoax semata.

Pada intinya, jangan mudah percaya dengan berbagai berita yang belum benar-benar kita ketahui sumber dari berita tersebut.

Cara-cara Untuk Melaporkan Berita Hoax di Media Sosial

Hampir semua sarana media sosial memiliki tayangan berita yang terkadang hanya berisi berita hoax semata. Oleh karena itu berikut adalah cara yang bisa dilakukan untuk melaporkan berita hoax dari berbagai media sosial supaya tidak semakin menyebar tanpa ada hentinya.

  • Twitter dan Instagram

Untuk twitter dan instagram sudah dilengkapi dengan fitur report tweet untuk melaporkan berita hoax atau yang negatif

  • Google

Google juga sudah menyediakan fitur feedback untuk melaporkan jika berita yang kamu cari ternyata berisi berita hoax.

  • Facebook

Aplikasi yang satu ini menjadi tempat yang paling banyak terdapat berita hoax. Yang sering kali hanya saling mengadu domba antara pembaca. Untuk itu kamu bisa melaporkan berita hoax di facebook melalui Report status dan kamu bisa mengkategorikan berita hoax sebagai hatespeech/hareasment/rude/threatening. Dengan begitu facebook akan segera menghapus berita hoax tersebut ketika banyak aduan yang negatif.

Atau bisa juga langsung mengadu ke kementrian komunikasi dan informatika dengan cara melayangkan e-mail ke aduankonten@mail.kominfo.go.id

Akhir Kata

Sebagai pengguna teknologi yang cerdas harusnya kita tidak mudah percaya dengan berita yang beredar di sosial media maupun media lainnya. Dan bijaklah dalam menghadapi berita hoax tersebut.

Oke, demikian adalah cara membedakan berita hoax atau fakta di internet. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk like dan share. Terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Ternyata Begini 5 Cara Membedakan Berita Hoax atau Fakta Di Internet"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel