4 Cara Menjadi Orang Pintar dan Cerdas dari Anda yang sekarang ini

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tips cara menjadi orang pintar dan cerdas bagi orang-orang yang semangat, orang-orang yang cerdas, kalau misalkan orang-orang dulunya tidak tahu akan menjadi lebih tahu. Itu berarti anda menjadi lebih cerdas, orang yang tidak paham akan menjadi lebih paham dan menjadi orang yang cerdas. Tetapi kali ini saya akan membahas bagaimana Anda yang sudah tahu dan lebih paham, Anda bisa menjadi jauh lebih maju, pemahaman Anda lebih tinggi lagi. Berikut ini ada 4 cara menjadi orang pintar dan cerdas yang harus kita miliki :

Pada artikel kali ini saya akan membahas permitaan mbak Shusan dan teman-teman lainya yang sudah mendukung blog Pangguku.com. Sebelum anda melanjutkan membaca artikel saya kali ini, silahkan baca juga artikel sebelumnya yang sudah saya bahas mengenai 5 cara agar orang lain mendengarkan bicara anda.


Lanjut... Mengapa anda harus menjadi orang pintar dan cerdas? Soalnya jika anda tidak memiliki kecerdasan ini, besar kemungkinan Anda akan ditipu orang, besar kemungkinan Anda juga akan mudah dibully orang, besar kemungkinan hidup Anda akan susah nantinya, besar kemukinan juga Anda memiliki hutang terus seumur hidup, anda tidak memiliki aset yang banyak, besar kemukinan Anda akan menjalani hidup sulit dan besar kemungkinan Anda akan hidup stres dan depresi Suatu Hari Nanti.

Namun jika anda memiliki 4 kecerdasan yang akan saya bahas berikut ini, isyaallah hidup anda akan jauh lebih baik, hidup anda akan jauh lebih sehat lebih kaya dan lebih bahagia, Amin.

4 kecerdasan yang harus Anda miliki

Berikut ini adalah 4 kecerdasan yang harus Anda miliki yang perlu Anda pelajari saat ini juga, agar Anda menjadi pintar dan cerdas dalam waktu singkat :

1. Kecerdasan Intelegensi :
Pertama adalah kecerdasan intelegensi, apa sih om yang di maksud kecerdasan intelegensi? Kecerdasan intelegensi itu biasanya kalau dulu orang yang tidak sekolah dan orang tersebut perlu sekolah.


Contoh : orang yang tidak tau baca, ya harus mengerti cara membaca, orang yang tidak tau menulis ya kudu ngerti cara menulis, orang yang tidak mengerti sejarah ya harus mengerti sejarah, orang yang tidak tau menghitung ya harus tau cara menghitung, yang tidak tau prinsip ekonomi ya Anda perlu belajar, misalnya Anda tidak bisa membuat kata-kata kalo ngomong ya itu perlu belajar agar Anda bisa meciptakan kata-kata setiap bicara sama lawan bicara, itulah yang di namakan kecerdasan intelegensi.

Namun saat ini mas Logrok tidak perlu membahas ini karena semua di Sekolah, Kampus sudah membahas itu semua, sudah membahas kercerdasan intelegensi. Tetapi yang ingin saya bahas tiga kecerdasan yang lain, yang tidak dibahas di Sekolah maupun di Kampus, tiga kecerdasan yang lain adalah sebagai betikut :

2. Kecerdasan Emosional :
Kecerdasan emosional adalah kecerdasan yang paling penting yang harus Anda miliki, kerena kecerdasan ini dua puluh lima kali lipat lebih ampuh daripada kecerdasan intelegensi. Kenapa saya katakan demikian? Karena kecerdasan emosional itu sangat berhubungan dengan pikiran bawah sadar.


Biasanya pikiran bawah sadar itu sebetulnya ribuan kali lipat lebih powerfull daripada kecerdasan intelegensi. Karena kecerdasan intelegensi hanya pikiran Sadar, misalkan kita sadar lagi makan, kita sadar lagi minum, kita sadar mungkin lagi mandi dll.

Tetapi yang menggerakan pikiran, kenapa kita bisa makan tanpa mikir? Kenapa kita bisa mandi tanpa mikir? Kenapa kita bisa tidur tanpa mikir?

Contoh : yang sedikit sulit, bagaimana kita bisa cari uang tanpa mikir? Itulah yang sangat berhubungan dengan pikiran bawah sadar. Kecerdasan emosional seperti ini harus Anda miliki jika ingin menjadi orang yang sukses.

Perhatikan! Kecerdasan emosional itu :
- Bagaimana kalau bicara tetap tenang
- Bagaimana cara kita mengatur kepala tetap dingin
- Tetap tenang disaat punya masalah

Bukan malah mudah panik, mudah cemas. Misalkan saya punya teman yang IQ nya tinggi tapi tidak tenang sehingga mudah panik, kita bicara tetapi tidak cerdas dalam memenets kondisi emosional Anda.

Kemudian kecerdasan emosional itu tidak mudah mau berdebat dengan orang lain. Orang yang IQ nya tinggi itu kalau soal debat Hebat sekali, tetapi DIA memilih tidak berdebat.

Kerena apa? 

Kerena prinsipnya DIA silent is gold (diam adalah emas) talking is silver (berbicara adalah perak) jelas-jelas nilai perak itu lebih kecil daripada Emas. Ketika banyak bicara maka Anda tidak berkualitas untuk menjadi Emas. Kesimpulanya "memilih diam dan tidak mau berdebat itu lebih baik"

Itulah yang dibutuhkan kecerdasan emosional, jika anda tidak bisa! Misalkan anda mudah PANAS, mudah mengganjel di pikiran anda sehinga tidak bisa memenets kondis emosi Anda. Itu berarti Anda kurang cerdas dalam ke emosionalan.

Contoh Ke 3 :
"Tidak menikahi seseorang secara jangka panjang jika jelas dalam masa berpacaran saja sudah tidak cocok" BAYANGKAN? pacaran saja sudah tidak cocok, apalagi belum pernah berpacaran "lihat, langsung dinikahi" nah sekarang begini? Bagi saya pribadi "menikah itu cukup satu kali" jika bisa jangan Becerai. Tapi bagi Anda pembaca blog ini yang sudah pernah bercerai, yah tidak masalah kalau Anda sekarang dapat pasangan lebih baik, yang penting kebahagiaan itu kuncinya ada di tangan Anda.

Namun bagi Anda yang belum menikah jangan cuma dipanas-panasi Eh JOMBLO LU nom-nom T43k Aw :D Anda sebagai JOMBLO jangan cepat Panas, misalnya orang tua atau teman Anda bilang begini "Ayo cepat-cepat menikah nak" tapi ketika menikah tidak ada persiapan. Akhirnya ketika tidak ada persiapan ujung-ujungnya kena masalah Ekonomi lah, kena masalah itu lah, ini lah dan akhirnya harus Berpisah. Nah yang menjadi korban itu siapa kalau bukan teman Anda atau anak anda sendiri.

Penyebab itu semua akibat dari ketidak cerdasan emosional Anda. Hal seperti ini sering terjadi pada anak-anak muda yang masih labil, anak-anak muda yang tidak punya banyak pengalaman. Oleh sebab itu saya selalu tekankan bahwa kecerdasan emosional itu sangat penting untuk mengarungi hidup yang keras ini.

Contoh ke 4 :
Mampu menunda kepuasan dan kenikmatan, misalnya habis gajian pastikan ada yang tersisa untuk ditabung. Jangan sampai habis gajian malah duitnya langsung habis, sehingga anda bekerja sebepera tahunpun akan habis terus. Anda tidak mampu untuk menahan tidak membeli sesuatu, tidak mampu untuk mengelola keuangan anda, ini semua butuh kecerdasan emosional. Sering kali bukan orang itu tidak cerdas dalam IQ nya.

Mungkin di kelasnya bisa jadi juara kelas, mungkin di kelas dia itu hebat, mungkin nilai Unas nya bagus, mungkin anda tergolong orang yang disegani. Tetapi masalahnya kalau yang saya sebut kecerdasan emosional ini Anda PARAH! Bagaimana anda bisa pintar dan cerdas? Jawabanya "tidak bisa" jadi anda harus melatih kecerdasan emosional ini, saya yakin jika Anda berusaha maka akan jauh lebih pintar dari sekarang ini.

3. Kecerdasan Finansial :
Kecerdasan finansial itu intinya begini, pertama Anda harus punya laporan keuangan pribadi sehinga Anda tahu kemasukan Anda, beserta tau pengeluaran Anda, anda tahu yang harus disisihkan ke aset, ya pokoknya anda harus tau semuanya, simple aja kan?


Kedua anda harus tau berapa uang yang harus anda hasilkan, itu jangan lupa ada yang disisihkan untuk disimpan atau menabung, misalnya berapa yang masuk pos pengeluaran, berapa yang harus disekahkan, berapa yang harus dijadikan aset, berapa lagi yang harus masuk pengeluaran, itu harus benar-benar jelas. Jangan semua dicampur aduk.

Kalau semua dicampur aduk maka seumur hidup Anda akan bermasalah dengan kecerdasan finansial. Saran saya tolong di kelola dengan baik dan cerdas, kalau pos-posnya itu jelas maka saya yakin Anda punya kecerdasan finansial. Anda juga tidak bisa mengatakan bahwa "Wah pak yang penting saya percaya sama Tuhan yang maha adil, nanti uangnya akan datang terus" apa Anda sehat? Sudah saya katakan masalah kecerdasan finansial tidak ada hubunganya dengan ini.

Saya percaya apapun keyakinan Agama anda, saya percaya dicukupi dan digenapi sama yang maha kuasa, tetapi ingat bukan berati Anda menggunakan dalih ini untuk tidak mau belajar financial education. Anda jangan menggunakan masalah mencukupi ini, kalau Anda tidak mau belajar kecerdasan finansial. Sama aja anda tidak menguasa ilmu Matematika tanpa Anda akan bilang "Saya akan berdo'a sama tuhan saja, semoga matematika saya bosok nilainya seratus" tetapi Anda tidak belajar? Ya mana bisa?

Jelas-jelas tidak bisa, anda jangan gunakan berdo'a dan keyakinan sebagai dalih untuk menutupi kelemahan dan kemalasan Anda "Tidak boleh" kemalasan dan kebodohan itu adalah sumber dari kebodohan, jadi kebodohan itu anti kecerdasan, semua itu harus berawal dari belajar.

Saya menulis artikel ini kan tujuannya untuk memberikan pelajaran-pelajaran finansial yang tidak ada di Sekolah. Kerena guru-guru anda di Sekolah belum tentu punya kecerdasan finansial, jadi besar kemungkinan tidak punya aset seumur hidup.

Mungkin dari artikel ini bisa membongkar cara berfikir Anda. Supaya anda lebih cerdas dari masalah Finansial. Kecerdasan finansial aja tidak cukup, anda juga butuh kecerdasan Emosional, kecerdasan emisional tidak cukup maka anda harus punya kecerdasan INTELEGENSI.

Jadi 3 kecerdasan ini wajib Anda miliki semuanya. Tapi jangan sampai kurang dari 3 kecerdasan ini. Jika anda punya kecerdasan ini Seumur hidup Anda akan selamat dunia dan akhirat. Kenapa saya katakan demikian? Duniapun tidak sulit, di akhiratpun sama, semua kembali pada agama masing-masing. Anda juga bisa menggunakan kecerdasan finansial untuk di sedekahkan, untuk ibadah dan menolong fakir miskin.

Sahabatku semuanya, saya yakin 3 jenis kecerdasan ini hidup anda akan enak, hudup anda akan nyaman, hidup anda akan sehat, hidup anda akan kaya, anda akan bahagia dan anda menjadi pribadi yang jauh lebih sukses dan jauh lebih baik.

Semoga anda memiliki 3 kecerdasan ini, anda bisa menaikan taraf kehidupan anda jauh lebih baik lagi, kalau dulu banyak hutang dan tahun ini bisa mengurangi, tahun depan dikurangi lagi tahun depan bebas hutang. Bahkan sudah punya aset yang bisa di klola dan jauh lebih baik lagi.

Cukup sampai disini dulu untuk artikel Cara menjadi orang pintar dan cerdas, jangan lupa share, agar saya tetap semangat menulis artikel di blog ini, sekian Trimaksih.

Belum ada Komentar untuk "4 Cara Menjadi Orang Pintar dan Cerdas dari Anda yang sekarang ini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel