5 Cara agar Orang Lain Mendengarkan Bicara Anda

Pada artikel kali ini saya akan berbagi tips, Bagaimana cara agar lain orang mendengarkan bicara anda? Anda pasti pengen kan, misalkan kalau orang yang anda presentasi atau orang yang anda ajak ngobrol itu pengen mendengarkan ide anda atau pemaparan anda. Disinilah saya mendedikasikan diri untuk membagikan tips 5 cara agar orang lain mendengarkan bicara anda :

Ya... Jadi sebetulnya apapun profesi anda saat ini, Apakah anda hari ini seorang karyawan, Apakah anda hari ini seorang tenaga penjual, Apakah anda hari ini seorang petani, Apakah Anda hari ini seorang manajer, Anda seorang guru, dan lain sebagainya.


Misalkan anda seorang yang bergerak di bidang Anda harus berbicara dengan orang banyak, ternyata kemampuan berbicara atau public speaking itu sesuatu yang sangat dipentingkan di zaman sekarang ini.

Karena apa?

Kalau misalkan Anda hari ini mau menawarkan sesuatu tapi orang tidak mendengarkan Anda, Apa anda bisa menjual sesuatu? Jawabanya pasti "Tidak bisa" jadi orang itu harus bisa menawarkan sesuatu Menawarkan ide anda, menawarkan konsep anda sehingga orang akan memahami apa yang ingin Anda sampaikan.

Ya... Jadi pada kesempatan kali ini saya ada tips 5 cara bagaimana agar orang mendengarkan bicara anda.


Agar orang lain mendengarkan bicara kita

Berikut ini adalah berdasarkan pengalaman saya sendiri untuk berbicara dengan orang lain, agar orang lain bisa menangkap, memahami dan mendengarkan bicara anda :

1. Intonasi Suara.
Sangat penting jika Anda memaikan intonasi suara. Apa itu intonasi suara? Intonasi suara ibaratkan seperti sebuah lagu, jadi jika berbicara soal intonasi sebaiknya intonasi itu tergantung apa yang Anda tawarkan.

Kalau misalkan apa yang anda tawarkan itu Anda bisa menggunakan intonasi yang baik, volume suara yang tidak terlalu keras dan tidak terlalu kecil maka orang bisa mendengarkan maksud anda.

Jika anda bisa menggunakan intonasai sebaiknya gunakanlah intonasi suara yang baik, bukanlah suara yang datar dan lambat harus disukai. Karena saya yakin seorang pembicara di panggung itu pasti lebih disukai orang yang mempunyai nada intonasi dari pada orang yang bicaranya flat (datar).

Saya yakin Anda lebih suka jika ada orang lain berbicara memainkan intonasi, misalnya menggunakan nada tinggi, nada rendah kemudian nada hentakan, nada kurang, nada penekanan, action seperti nyata seolah-olah bisa dibayangkan.

Intonasi Suara itu sangat penting untuk menampilkan isi dan maksud dari apa yang Anda sampaikan dan presentasikan, nah itu yang pertama mengatur cara agar orang lain mendengarkan anda.

2. Eye Contact.
Anda perhatikan kalau di artikel ini, Eye Contect saya kemana? Pasti tujuan saya ke pembaca dan Anda sebagai pembaca artikel ini, anda trus memperhatkan tulisan ini. Jika saya membuat video maka akan beda cerita, Eye Contact saya pasti ke lensa kamera dan Anda sebagai penonton maka seolah-olah saya seperti berdekatan dengan Anda.

Jika anda berbicara secara langsung gunakan eye contect, tatap mata mereka seperti Anda berbicara 4 mata sehingga lawan bicara Anda akan sangat mendengarkan apa yang ingin Anda sampaikan, itulah yang namanya Eye Contact. Dan anda jangan presentasi (maaf) matanya lari-lari kesana kesini seolah-olah anda tidak percaya diri.

Jadi bagaimana lawan bicara Anda mau mendengarkan anda?

Kerena anda sendiri tidak yakin apa yang Anda ceritakan, Nah itu perlu di LATIH.

Bagainmana jika tidak bisa melatih?

Saya punya tips, 3 kata untuk melatih eye contect anda, perhatkan baik-baik Tatap wajah anda dengan bercermin, lalu berbicara dengan cermin bertatapan dengan mata Anda sendiri, dan ulangi 3 kata berikut ini :
  • SAYA CINTA DIRI SAYA .
  • SAYA SANGAT BAHAGIA.
  • SAYA PASTI BISA.
Dengan demikian itu akan meningkatkan kepercayaan diri anda, ketika Anda percaya diri maka lawan bicara Anda pasti akan mendengarkan bicara anda.

3. Kecepatan Berbicara.
Kecepata berbicara yang baik adalah 120-160 kata-kata/menit. Jadi anda jangan berbicara lebih dari dorasi tersebut. Misalkan kalau anda berbicara jadi anda mulai rekam, misalnya rekam pake HP anda, kalau anda lagi bicara misalkan anda lagi berbicara berpresentasi sesuatu seolah-olah sedang mencritakan sesuatu dengan lawan bicara anda.

Jika anda berbicara terlalu cepat maka lawan bicara Anda akan menjadi bingung, misalkan 200/menit atau bahkan 300 kata/menit. Contoh :

Saya mempunyai seorang teman kalau bicara cepat sekali, seperti Kereta Api Shinkansen jepang dapat mencapai kecepatan sekitar 240-320 km/jam wus langsung hilang, tapi disini tidak bicara tentang kereta api. Namun bagaimana cara mengatur kecepatan berbicara yang baik agar tidak membingungkan lawan bicara kita.

Next... Jika anda berbicara terlalu lemah gemulai terlambat lawan bicara anda juga akan mengantuk dan terakhir ketika disampaikan "kamu tadi ngomong opo" jawabanya I don't know? Jadi anda harus bisa mengatur kecepatan dalam berbicara yang baik seperti yang sudah saya jelaskan di atas 120-160 kata-kata/menit.

Hitungnya dari mana pak?

Anda bisa menggunakan timer dengan cara memakai HP android anda, silahkan time 1 menit dan berapa kelimat kata-kata yang anda ucapkan selama 1 menit. Kalau seandainya Intonasinya tepat Vollumenya tepat, Eye contectnya bagus, 120/menit ini bisa masuk maka lawan dengar Anda akan respect dan segan dengan cara Anda berbicara.

Tidak perlu triak-triak alay-alay untuk mencari perhatian orang lain mendengarkan bicara anda. Tetapi anda harus bicara yang berkualitas berbobot, kualitas bicara yang profesional, kemampuan public speaking yang baik saya yakin orang akan menghormati Anda berbicara.

Jika anda mau disegani oleh lawan bicara Anda, maka hormati dulu diri Anda,

Bagaimana cara menghormati diri sendiri pak?

Melatih kemampuan komunikasi Anda, ketika anda melatih komunikasi yang baik maka satu lawan satu lama-lama anda bisa satu lawan dua, lama-lama bisa satu lawan lima, 5 orang mendengarkan anda, lama-lama 10 orang akan mendengarkan anda, semuanya bisa dilatih asalkan berusaha.

4. Mempunyai Wawasan.
Anda harus punya wawasan, kalau anda berbicara sesuatu jangan ngaco masilnya tidak punya datanya, tidak punya faktanya, ketika anda berbicara Anda tidak bisa mempertanggung jawabkan apa yang anda bicarakan.

Contoh : anda mempresentasikan sesuatu biktinya ada enggak? Faktanya ada enggak? Datanya ada enggak? Jangan anda omong besar, pandai ngomong tapi anda tidak bisa mempertanggung jabawbkan apa yang Anda katakan sehingga itu akan mempengaruhi integritas anda.

Nah bicara soal wawasan ini maka anda harus rajin membaca buku dan membaca sumber yang terpercaya lainya, rajin membaca informasi, rajin konsultasi dengan mentor dengan demikian anda akan mendapatkan info terupdate, anda akan mendapatkan wawasan terkini.

Ketika seseorang berbicara tentang teknologi dan Anda masih berbicara bagaimana masa lalu misalnya sejarah masa lalu anda pun tidak menguasai sejarah, minimal Anda harus sedikit tahu walaupun Anda tidak paham.

Misalnya lagi anda mempunyai produk yang harus di pasarkan minimal andak mengusai produk tersebut. Anda harus mencari wawasan, gambaran sehingga, Anda bisa menguasai produk yang Anda pasarkan, soal bicara pun juga sama, diajak bicara soal apapun nyambung maka orang akan mendengarkan anda.

Jadi bicara sama Anda itu layaknya orang mencari mesin informasi sama Google, because you is anything. You can answer anything banyak orang akan senang karena anda di tanya apa yang dibutuhkan orang lain mengerti dan jawabanya pun enggak ngawur.

Kalaupun anda ngawur jangan anda asal percaya diri. Lebih baik Anda harus mencari informasi terlebih dahulu, jika ingin berbicara dan ngobrol yang tidak anda kuasai. Anda percaya diri tapi tidak tahu faktanya, itu menurut saya tidak profesional dan tidak ada gunanya.

5. Bahasa sesuai ciri khas.
Menggunakan bahasa ciri khas diri sendiri, jika anda pengen dikenang oleh lawan bicara anda maka anda harus menggunakan bahasa anda sendiri. Anda bisa meniru gaya duduk dan berbicara seseorang, untuk membuat mereka menyukai anda. Mereka mungkin tidak akan melihat kita yang menyalin sikap dan tingkah laku mereka.

Cukup sampai di sini dulu demikianlah informasi tips 5 cara agar orang mendengarkan bicara Anda yang bisa saya sampaikan melalui blog Panggulku, semoga dengan tulisan sederhana ini bisa menjadi wawasan yang berguna bagi anda semua.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "5 Cara agar Orang Lain Mendengarkan Bicara Anda"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel