8 Tips Cara Mengendalikan Emosi Pada Diri Sendiri

Cara Mengendalikan emosi pada diri sendiri bisa dikatakan susah-susah gampang. Dikatakan susah jika diri kita sudah benar-benar dikuasai oleh emosi. Dan dikatakan mudah jika tingkatan emosi dalam hati masih belum terlalu tinggi. Hal ini terdengar sepele, namun bagi saya ini sangat penting.

Karena pada saat diri sudah benar-benar berhasil dikuasai sepenuhnya oleh rasa emosi, maka hal-hal yang tidak diinginkan pun bisa saja terjadi. Dan selain merugikan diri sendiri, bisa juga dapat merugikan pihak lain.

mengendalikan emosi

Nah, dikesempatan kali ini, saya menulis sekedar berdasarkan apa yang pernah saya alami. Dan dengan tujuan hanya ingin berbagi solusi terbaik dalam mengstasi emosi berdasarkan versi saya sendiri.

Kenapa begitu..?

Karena pada dasarnya, saya adalah orang yang sangat emosional dan sangat gampang sekali dikuasai oleh rasa emosi. Bahkan saya sudah pernah melewati rasa emosi yang menurut saya sudah masuk dalam tingkatan depresi.

Untuk itu saya berbagi tentang emosi dan cara pengendaliannya. Supaya pengalaman yang saya alami dapat sedikit bermanfaat bagi orang lain.

Apa Itu Emosi ?

Emosi, merupakan suatu perasaan yang ditunjukkan untuk seseorang ataupun sebuah peristiwa. Emosi sendiri sebenarnya bisa disampaikan berdasarkan dua faktor yang berbeda. Yaitu, emosi berdasarkan perasaan senang dan emosi karena marah.

Pada saat bahagia merupakan emosi yang disampaikan dengan hal positif. Bisa juga hingga menangis karena terharu. Biasanya karena mendapatkan sesuatu atau apapun itu yang sudah membuat hatinya bahagia.

Dan emosi karena marah, ini merupakan hal yang sangat negatif. Biasanya dipicu karena hal-hal yang kurang berkenan pada diri korban. Dan bagi orang yang memang sudah berwatak emosional, hal sekecil dan sesepele apapun itu bisa saja membuat emosi langsung memuncak.

2 Hal Terpenting Yang Seharusnya Dihindari Pada Saat Emosi

Pada saat emosi, sering kali kita tidak berpikir lebih matang dulu dalam melakukan sebuah tindakan. Dan hal-hal seperti berikut ini sebaiknya tidak kamu lakukan ketika kamu sedang emosi. Karena bisa saja mendatangkan penyesalan pada akhirnya.


  1. Mengambil keputusan. Ketika emosi sedang memuncak, ada baiknya kita tidak mengambil sebuah keputusan. Karena keputusan yang diambil dalam keadaan emosi, biasanya hanya berdasarkan emosi yang dirasakan saat itu tanpa memikir yang selanjutnya.
  2. Melampiaskan emosi. Nah, ini merupakan hal yang sangat perlu diperhatikan. Pada saat emosi, sebaiknya jangan melampiaskan emosi tersebut terhadap sesuatu. Seperti marah-marah terhadap seseorang yang tidak bersalah. Menghancurkan benda-benda. Karena itu akan menjadikan diri kita kebiasaan. Sehingga pada saat emosi, kita selalu saja mencari-cari tempat untuk melampiaskan emosi tersebut.


Sebaiknya kendalikan emosi terlebih dahulu sebelum melakukan tindakan apapun itu. Seperti berikut caranya.

8 Cara Mengendalikan Emosi

Seperti yang sudah kita bahas diawal. Proses pengendalian emosi ini bisa dikatakan susah-suah gampang. Tergantung tingkatan emosi yang dirasakan saja.


Berikut ini adalah hal-hal yang menurut saya dapat mengendalikan rasa emosi.

1. Mengingat yang baik-baik
Pada saat diri emosi terhadap seseorang dan sudah sangat merasa emosi hingga merasa benci pada orang itu, ada baiknya jika kita mengingat yang baik-baik yang pernah dilakukan orang itu. Karena pada saat itu, kita akan sadar seburuk apapun orang itu setidaknya orang itu pernah berbuat baik terhadap kita.
2. Mencari ketenangan
Ketika emosi memuncak, dan sudah merasa tidak dapat lagi dikendalikan. Sebaiknya kamu segera mencari tempat yang menurut kamu bisa membuat kamu tenang. Dan pada saat itu cobalah untuk merenungi semuanya. Usahakan ditempat yang tenang jauh dari kegaduhan.
3. Cari yang lucu-lucu
Yah, ini memang terdengar sedikit konyol, tapi bagi saya ini sangat berpengaruh. Karena pada saat emosi dan saya melihat yang menurut saya lucu, ini akan membuat emosi saya sedikit menurun bahkan bisa membuat saya tersenyum lagi.
4. Berbagi cerita dengan sahabat
Ini biasanya yang paling ampuh. Pas lagi emosi dan disitu ada sahabat kamu. Tidak ada salahnya jika kamu berbagi masalahmu dengan sahabatmu, karena dengan begitu beban yang kamu rasakan bisa sedikit berkurang.
5. Berfikir positif
Selalu berfikir positif dalam segala hal. Ini akan membuat kita tidak mudah merasa emosi terhadap sesuatu.
6. Menangis
Nah, ini yang paling sering dialami atau dilakukan banyak orang ketika menghadapi beban atau emosi. Mungkin menangis tidak mampu menyelesaikan masalah dan tidak menjadi solusi. Tapi, dengan menangis ini mampu menurunkan rasa emosi. Atau bisa saya sebut sebagai obat penenang yang sangat murah.
7. Makan
Makan mungkin bisa menjadi salah satu pilihan jika kamu nemang benar-benar ingin melampiaskan emosi kamu. Karena pas perut dalam keadaan kenyang ini bisa membuat pikiran kembali normal. Tapi jangan berlebihan juga, nanti malah jadi obesitas hehe.
8. Berbicara
Coba untuk membicarakan titik masalah kamu dengan yang bersangkutan. Supaya bisa terselesaikan dengan baik tanpa harus emosi.

Saran

Kesimpulannya, segala sesuatu itu dapat dibicarakan terlebih dahulu dengan cara baik-baik sebelum menjadi satu masalah yang menimbulkan emosi. Dan jangan sesekali kamu menyimpan semua masalahmu sendiri dan selalu kamu rasain sendiri menutup rapat-rapat di dalam hati kamu. Karena itu akan membuatmu menjadi pribadi yang menyeramkan. Dan bisa membuat kamu mengalami depresi dikemudian hari, ketika hati kamu sudah tidak mampu menampung semua beban yang kamu tumpuk sendiri.

Dan saat ini pun saya masih terus berusaha untuk belajar mengendalikan diri saya supaya tidak mudah dikuasai emosi.

Oke, sampai disini dulu pembahasan saya tentang 8 Tips mengendalikan emosi pada diri sendiri. Semoga bermanfaat dan terus kunjungi blog Panggulku untuk mendapatkan informasi lainnya. Terimakasih

Belum ada Komentar untuk "8 Tips Cara Mengendalikan Emosi Pada Diri Sendiri"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel