Mengenal Nasi Tiwul Makanan Khas Indonesia

Nasi Tiwul adalah salah satu makanan khas dari Indonesia. Lebih tepatnya berasal dari daerah Trenggalek salah satu kota yang berada di provinsi jawa timur.  Nasi tiwul merupakan makanan yang sudah ada sejak dari jaman nenek moyang pada jaman dahulu.

Dikarenakan pada jaman dahulu beras masih sangat sulit didapatkan bahkan jarang ada dan hanya orang-orang yang berada yang bisa makan nasi dari beras, sehingga nasi berbahan singkong ini bisa menjadi pilihan utama untuk mencukupi kebutuhan karbohidrat setiap harinya.

Banyak sekali kuliner Indonesia yang dimiliki negara tercinta kita ini bahkan ada yang masuk dalam kategori makanan terenak sedunia yaitu rendang, makanan khas yang berasal dari padang. Kita harus bangga memiliki beragam kuliner yang semua serba enak-enak.

Dan sebagai warga negara yang baik supaya makanan ini tetap ada kita harus melestarikanya dan terus mengenalkan keberagaman kuliner kita kepada para anak cucu kita bahkan bisa juga sampai ke mancanegara. Dengan begitu kuliner kita tetap terjaga keaslianya dan tetap ada di negara tercinta kita ini.

Nasi tiwul

Cara Membuat Nasi Tiwul

Selain rasanya yang enak, nasi tiwul ini mengandung karbohidrat yang tinggi. Sehingga cocok nih buat kalian yang lagi diet karena nasi tiwul tidak mengandung terlalu banyak gula seperti nasi dari beras putih. Dan tentunya bisa awet kenyangnya, jadi gak dikit-dikit makan lagi.

Nasi ini mengandung banyak serat yang juga baik untuk tubuk kita. Tentunya baik untuk sistem pencernaan juga. Nah, berikut saya akan barbagi informasi tentang bagaimana membuat makanan yang satu ini. Biar kita tidak hanya bisa menikmati tapi juga tau proses membuatnya.

1. Bahan-bahan

Siapkan bahan terlebih dahulu yaitu singkong yang sudah dikupas, setelah singkong dikupas kemudian cuci hingga bersih lalu jemur hingga kering. Untuk proses pengeringan yang lebih cepat, sebaiknya singkong dipotong -  potong menjadi bagian yang kecil- kecil. Setelah singkong mengering lalu ditumbuk hingga menghasilkan tepung singkong yang halus dan siap untuk dibuat adonan. Untuk yang gak pengen ribet, sekarang juga sudah banyak yang menjual tepung singkong yang sudah siap pakai.

2. Cara membuat

Pertama - tama siapakan wadah yang lebar seperti nampan. Taruh beberapa tepung singkong lalu sedikit beri percikan air hingga terlihat sedikit basah. Jika sudah begitu putar- putar nampan dengan sesekali tangan kita membuat gerakan memutar di adonan tepung hingga berbentuk butiran kecil- kecil.

Jika airnya dirasa kurang bisa ditambah lagi dan jika terlalu banyak air bisa juga ditaburi beberapa bagian tepung lagi. Setelah adonan sudah siap, siapkan panci pengukus kemudian masukkan adonan kedalam pengukus setelah terlihat keluar uap seperti asap dari nasi tutup pengukus dan tunggu hingga matang.

Nah, gimana sobat? , mudah sekali kan proses pembuatanya. Namun dengan seiring berkembanya jaman makanan ini mulai sedikit tersingkirkan dengan makanan-makanan yang berasal dari luar yang sering dijual direstoran- restoran. Dan banyak yang menganggap makanan ini udah ketinggalan jaman.

Apalagi anak-anak jaman sekarang pasti sudah gak banyak yang mengenali makanan ini. Sayang sekali kan kalau salah satu kuliner kita menghilang dari pandangan masyarakat Indonesia, maka dari itu kita wajib untuk meleatarikanya.

Beragam Hidangan Dari Nasi Tiwul

Sego Uleng

Kini nasi tiwul tidak lagi hanya bisa dinikmati dengan cara yang itu - itu saja. Seperti kuliner khas trenggalek yang bernama Sego Uleng, sego dalam bahasa indonesia yang berarti nasi. Kuliner ini terdiri dari nasi tiwul yang ditambah sedikit nasi putih lalu dicampur hingga merata dan disajikan dengan masakan berkuah santan yang pedas dan di lengkapi juga dengan berbagai lalapan, atau bisa juga sayur- sayuran yang sudah direbus.

Dan selain itu nasi tiwul bisa juga dinikmati dengan cara menambah sedikit parutan kelapa, parutan kelapa ini akan menambahkan rasa gurih pada nasi tiwul ini, dan bagi yang suka manis bisa ditambahkan sedikit gula. Wah, tiba- tiba jadi pengen cepet-cepet makan nasi tiwul nih. Udah kebayang gimana enaknya yang akan membuat mulut gak bisa berhenti makan. Nah, bagi kalian yang sedang berwisata dikota trenggalek harus wajib nih cobain kuliner yang satu ini. Supaya kalian tau bagaimana nikmatnya makan dengan nasi tiwul ini.

Saya bangga memiliki kuliner asli Indonesia yang beraneka ragam, maka dari itu saya menulis artikel tentang mengenal nasi tiwul makanan khas Indonesia ini. Saya berharap kita semua dapat menjaga kekayaan kuliner yang dimiliki negara kita ini agar tidak terlupakan oleh jaman. Sehingga anak cucu kita nanti dapat tetap  merasakan makanan khas dari negaranya. Oke, sampai disini dulu ya sobat. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Mengenal Nasi Tiwul Makanan Khas Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel