14 Akibat Fatal Kurang Minum Air Putih

Pentingnya Minum Air Putih Untuk Tubuh
Akibat fatal kurang minum air putih- dapat berakibat fatal bagi kesehatan tubuh kita. Karena seperti yang kita tau, sebagian besar dari tubuh kita adalah diisi oleh air. Maka sudah bisa kita simpulkan betapa pentingnya air putih bagi tubuh.
Kekurangan minum air putih dapat membuat beberapa organ tubuh kita tidak dapat bekerja dengan baik. Air putih sendiri merupakan minuman yang dinilai sebagai minuman terbaik bagi tubuh, karena air putih adalah minuman yang masih murni dan belum tercampur oleh bahan- bahan tambahan apapun.  Ketika tubuh kita kekurangan cairan, beberapa akibat fatal dapat terjadi pada tubuh. Air putih yang berasal dari pegunungan biasanya adalah yang terbaik, karena masih murni dan mengandung beberapa kandungan mineral alami dari alam. Yang tentunya sangat baik bagi kesehatan kita.



14 Akibat Fatal Kekurangan Minum Air Putih

Setiap tubuh manusia memerlukan cairan yang digunakan untuk membantu kinerja organ tubuh setiap harinya. Dapat kita bayangkan betapa fatalnya jika tubuh kita mengalami kekurangan cairan, beberapa organ tubuh tidak dapat bekerja dengan baik. Dan pada akhirnya kekuatan tubuh akan melemah. Selain itu banyak akibat fatal yang disebabkan oleh kekurangan minum air putih ini. Adapun akibatnya adalah sebagai berikut:
1. Gangguan sistem pencernaan.
Sistem pencernaan merupakan sistem yang sangat kompleks, sistem mencernaan memerlukan banyak air untuk mencerna makanan yang ada di dalam tubuh. Ketika kita kekurangan minum air putih maka kita akan sering sembelit karena sistem pencernaan tidak dapat bekerja dengan baik. Dan dalam jangka panjanh dapat memicu terjadinya kanker usus.
2. Dehidrasi.
Ketika kita kekurangan air putih, tubuh akan mengalami dehidrasi, dehidrasi adalah dimana tubuh terasa lemah . Hal ini disebabkan karena kita tidak mengkomsumsi air putih dalam waktu lama. Dehidrasi juga dapat disebabkan karena olahraga yang cukup berat. Jika dehidrasi terjadi dalam waktu lama maka akan membuat tubuh menjadi syok.
3. Gangguan pada ginjal.
Ginjal memiliki peran yang sangat penting bagi tubuh. Ginjal berfungsi untuk menyaring nutrisi yang akan dialirkan melalui darah dan membuang yang bersifat racun melalui urin. Untuk membuat ginjal bekerja dengan baik sangatlah dibutuhkan banyak air untuk prosesnya. Sehingga ketika kita kekurangan minum air putih maka kinerja ginjal tidak dapat maksimal dan ketika ginjal kekurangan air maka ginjal akan bekerja lebih keras shingga ini dapat merusak ginjal . Selain itu racun dalam tubuh tidak dapat dikeluarkan secara maksimal dari tubuh. Air putih berguna untuk mencegah terjadinya batu ginjal.
4. Mudah lelah.
Orang yang kurang mengkonsumsi air  putih akan mengakibatkan tubuh menjadi mudah lelah walupun hanya melakukan aktifitas ringan sekalipun. Hal ini disebabkan karena, ketika tubuh mendapat cairan yang hanya sedikit metabolisme tubuh akan menurun secara drastis. Metabolisme yang terganggu akan membuat kinerja sel- sel tubuh menjadi tidak maksimal. Kekurangan air putih juga dapat membuat badan terasa lemah , letih dan tidak bersemangat.
5. Gangguan fungsi saraf.
Kekurangan air putih dapat mengurangi pasokan oksigen pada otak. Sehingga otak tidak dapat bekerja secara baik, sedangkan otak adalah koordinasi bagi semua saraf yang ada di tubuh manusia yang berfungsi mengendalikan sensorik dan  motorik pada tubuh.
6. Radang sendi.
Orang yang kurang mengkonsumsi air putih beresiko lebih tinggi mengalami radang sendi. Ini disebabkan karena air putih merupakan pembentuk tulang rawan dan pelumas bagi sendi tubuh. Tulang rawan memiliki permukaan yang sangat halus, sehingga untuk mempermudahkan pergerakan tulang harus tetap dilumasi. Kurangnya minum air putih dapat menyebabkan kurangnya pelumasan pada sendi, sehingga dapat menurunkan kinerja pada sendi.
7. Darah tinggi.
Kurangnya minum air putih dapat menyebabkan pembuluh kapiler menutup, sehingga membuat darah tidak bebas dalam pergerakanya. Hal inilah yang dapat memicu terjadinya tekanan darah tinggi. Pembatasan pergerakan darah ini dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, karena ini membuat jantung bekerja lebih keras dalam memompa darah. Dan jika aliran darah ke ginjal bermasalah karena kekurangan air maka akan membuat masalah pada konstraksi  pembuluh darah dan arteri sehingga membuat tekanan darah semakin tinggi.
8. Gangguan kulit.
Ketika kita kurang mengkonsumsi air putih, maka kulit akan mengalami kehilangan elastisitasnya. Dan membuat enzim tidak dapat lagi menjaga kesehatan kulit. Funsi enzim yang kurang maksimal ini akan menyebabkan keadaan kulit semakin memburuk hingga kulit berubah menjadi kasar dan kering.
9. Urin berwarna pekat.
Salah satu cara untuk menandai kalau kita kekurangan air putih adalah dengan ditandai terdapat warna pekat pada urin kita. Karena pada urin yang normal biasanya adalah berwarna bening atau bening agak kekuning - kuningan.
10. Nyeri ketika buang air kecil.
Tanda lain ketika orang mengalami kekurangan air putih adalah pada saat kencing akan terasa nyeri. Karena kandung kemih membutuhkan banyak air untuk membuat proses kencing menjadi lancar. Kekurangan air pada kandung kemih dapat membuat kandung kemih menjadi infeksi hingga membuat kencing menjadi nyeri.
11. Halusinasi
Ketika kita kekurangan air putih kita akan lebih sering berhalusinasi. Halusinasi adalah ketika kita seperti selalu melihat sesuatu tetapi pada dasarnya seuatu atau benda itu tidak pernah ada. Ini akan cukup mengganggu aktifitas Anda. Apalagi jika Anda bekerja ditempat yang membutuhkan konsetrasi penuh.
12. Kurang konsentrasi 
Daya konsentrasi manusia tergantung pada kondisi otak . Ketika kita kekurangan air putih maka otak akan kekurangan oksigen sehingga membuat daya kerja otak berkurang. Organ otak yang kekurangan cairan akan menyebabkan kemampuan konsentrasi menurun, susah dalam memecahkan masalah, sering salah dalam mengambil keputusan, mudah lupa, mudah mengantuk dsb.
13. Mudah mengantuk.
Air berperan sangat penting bagi tubuh. Salah satunya adalah untuk menjaga kesegaran tubuh. Ketika tubuh kekurangan air putih mak tubuh akan menjadi mudah mengantuk.
14. Radang tenggorokan
Kekurangan air putih dapat menyebabkan tenggorokan menjadi kering. Dan itu akan memberikan dampak yang cukuo buruk bagi kesehatan. Dan akibat yang paling sering terjadi adalah terjadinya radang tenggorokan. Hal ini dapat sangat mengganggu aktifitas Anda, bahkan untuk menelan makanan pun akan kesulitan karena rasa perihnya dan juga dapat membuat suara menjadi hilang.

Manfaat Minum Air Putih

Air putih sangat berperan penting untuk kesehatan. Karena air putih dapat membantu berbagai proses organ tubuh dalam bekerja. Mengkonsumsi air putih sangatlah penting untuk menjaga keseimbangan organ tubuh kita. Dalam sehari kita dianjurkan minum air putih sebanyak 8 gelas untuk setiap harinya agar kebutuhan cairan dalam tubuh dapat terpenuhi. Karena ketika kita kekurangan cairan ini akan membuat semua kinerja organ tubuh kita mengalami masalah. Mengkonsumsi air putih juga dapat membantu keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh yang akan disalurkan kesemua sel- sel dalam tubuh. Sehingga sel- sel tubuh kita dapat berfungsi dengan baik.

Demikian ulasan singkat tentang 14 akibat fatal kurang minum air putih. semoga dapat bermanfaat dan menjadi informasi yang sesuai Anda harapkan terimaksih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "14 Akibat Fatal Kurang Minum Air Putih"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel