2 Kunci Sukses Berternak Ayam Potong Dari Awal

Kunci sukses berternak ayam potong tidak lain ialah berawal dari niat dan tekat yang sudah ada dari awal. Karena jika kita sudah berniat dan bersungguh - sungguh segala sesuatunya dapat kita raih tanpa ada kata tidak mungkin. Jika niat dan tekat kita sudah bulat lalu kita bisa melangkah ke tahap selanjutnya dengan rasa percaya diri yang besar.

Berternak ayam jenis ayam potong atau ayam pedaging ini sangatlah membutuhkan perhatian yang lebih dalam perawatanya. Mengingat daya tahan tubuh ayam yang terlalu rentan terhadap penyakit. Perawatan demi perawatan harus benar- benar kita perhatikan. Mulai dari pakan, kandang dan yang paling penting adalah kesehatan ayam tersebut.

Tidak cukup hanya itu saja. Dalam proses berternak ayam potong ini ada cara penting tentang bagaimana agar ayam potong yang kita pelihara ini dapat berkembang dengan baik. Nah, disini saya akan berbagi sedikit rahasia tentang bagaimana caranya agar kita bisa sukses dengan bisnis ayam potong kita. Berikut adalah kunci sukses yang harus Anda ketahui.

2 Cara Sukses Berternak Ayam yang harus Diperhatikan


Dalam sebuah usaha pasti ada beberapa kelemahan yang akan menghampiri. Tidak terkecuali dengan bisnis yang satu ini. Tapi dibalik itu semua pasti ada kunci sukses menuju keberhasilan yang tidak banyak diketahui oleh para peternak lainya. Lalu apa saja sih hal yang harus benar - benar diperhatikan untuk membuat usaha ayam potong ini menjadi sukses?. Berikut tipsnya.

1. Mengenali Kelemahan Ayam Potong Ayam potong atau ayam jenis pedaging (broiler) ini adalah ayam yang rentan terhadap penyakit. Ini adalah yang ditakuti para peternak ayam potong dalam menjalankan usahanya. Ayam potong lebih rentan terserang penyakit yang mengahkibatkan ayam tidak bisa berkembang dengan baik hingga berujung dengan kematian. Hal ini dapat mendatangkan kerugian kepada peternak ayam potong ini.

Oleh karena itu, dalam menjalankan usaha kita dituntut untuk lebih fokus dengan satu usaha yang sedang digeluti saat ini. Untuk menghindari kerugian ini peternak harus benar-benar merawat ayam sesuai dengan anjuran yang ada dan tidak lupa selalu memberi vaksin sesuai usia ayam potong tersebut. Dan juga selalu menjaga kondisi kandang yang disesuaikan dengan usia ayam yang ada didalamnya.

2. Merawat Ayam Sejak Awal Nah, tips yang satu ini belum banyak diketahui oleh para peternak ayam potong lainya hanya peternak senior saja yang mungkin sudah mengetahuinya. Dalam berternak ayam potong ada yang perlu Anda perhatikan. Merawat ayam dari awal ini biasanya sering diabaikan oleh peternak pemula yang belum mengetahuinya. Pada ayam usia 1-14 hari  adalah masa pembelahan sel pada ayam. Sel - sel ini akan mengalami pembelahan dan pada usia 14 hari sel - sel ini nantinya akan mengalami pembesaran.

Jika kita tidak fokus dalam proses memaximalkan pembelahan sel - sel ini , maka sel - sel ini tidak dapat membelah secara maxsimal. Dan dampaknya ayam akan mengalami kesulitan untuk mencapai berat ideal. Dan bahkan akan semakin membuat pakan menjadi boros karena sel yang membesar mengalami batasan. Jadi Anda harus memaxsimalkan proses pembelahan sel - sel ini agar ayam dapat bertumbuh dengan baik. Karena semakin banyak sel - sel yang mebelah akan semakin banyak sel yank akan mengalami pembesaran. Di toko - toko kini juga sudah ada obat yang berguna untuk memaxsimalkan pembelahan sel pada ayam ini. Jika Anda sudah melakukan beberapa tips diatas maka tidak ada kata tidak mungkin bagi Anda untuk mempunyai sebuah peternakan ayam potong yang sukses.

Menghindari Kerugian Bertenak Ayam Potong

Mungkin ada salah satu peternak ayam potong yang mengalami kerugian. Untuk menangani dan mencegah kerugian ini, Anda harus memeriksa manajemen  pemeliharaan dimasa awalnya. Apakah sudah benar atau belum. Jika Anda kurang memperhatikan perawatanya dari awal maka sudah pasti ayam akan mengalami pertumbuhan yang kurang baik dan rentan terhadap penyakit, sehingga resiko kerugianya pun tidak akan bisa kita hindari. Keuletan dan ketlatenan dalam berternak ayam potong ini sangatlah menjadi prioritas utama untuk mewujudkan ternak yang sukses. Adapun poin - poin yang benar - benar harus diperhatikan ialah:
  • Kandang yang sesuai dengan usia ayam yang ada di dalamnya.
  • Pakan yang sesuai kebutuhan ayam sesuai usianya.
  • Kesehatan ayam yang selalu diprioritaskan.
Setelah semua dilakukan secara benar maka, kesuksesan akan menghampiri Anda. Karena kesuksesan hanya akan datang pada orang - orang yang mau berusaha dengan baik dan benar. 

Tidak mustahil untuk Anda memdapatkan segala yang Anda inginkan selagi Anda mau berusaha. Nah, sampai disini dulu ya sobat. Semoga penjelasan singkat tentang 2 kunci sukses bertenak ayam potong dari awal ini dapat membantu memajukan usaha Anda atau memperbaiki usaha Anda yang belum berkembang. Terimakasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "2 Kunci Sukses Berternak Ayam Potong Dari Awal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel