7 Dampak Negatif Akibat Kurang Tidur Yang sangat Mengerikan

Akibat kurang tidur sebenarnya sangatlah menakutkan, mulai dari hal- hal ringan bisa juga sampai ke kematian. Kurang tidur sebenarnya terdengar sepele namun ini tidak bisa dianggap remeh. Karena jika kurang tidur dapat mempengaruhi segala fungsi sistem di dalam tubuh. Sehingga dapat menyebabkan masalah pada fisik dan mental. Gejala awalnya biasanya memang terlihat biasa- biasa saja. Jika kita cermati, kurang tidur ini sebenarnya bukanlah masalah yang sepele. Kurang tidur akan berdampak buruk pada kesehatan fisik dan mental seperti mata merah, kurangnya energi bahkan sakit kepala. Menjaga pola hidup sehat adalah pilihan terbaik untuk mendapatkan kualitas hidup yang terbaik pula. Seperti salah satunya adalah memberi waktu istirahat yang cukup bagi tubuh supaya bisa kembali fresh.

Dampak negatif kurang tidur
Baca juga: 14 Akibat Fatal Kurang Minum Air Putih

7 Dampak Negatif Kurang Tidur

Tubuh membutuhkan waktu istirahat yang cukup untuk bisa memulihkan kembali keadaanya seperti sebelum beraktifitas seharian. Dan jika tubuh kekurangan waktu untuk istirahatnya, maka tubuh akan menjadi lemah dan lebih mudah sakit. Kurang tidur sangatlah berdampak pada fungsi sistem dalam tubuh. Selain itu masih banyak akibat fatal yang disebabkan karena kurang tidur ini. Berikut adalah beberapa dampak buruk yang disebabkan karena kurangnya istirahat atau tidur yang cukup.
1. Kenaikan berat badan
Ketika kita kurang tidur, maka sistem metabolisme dalam tubuh akan melambat, karena proses mencerna gula yang didapat saat konsumsi disiang hari tidak dapat dicerna dengan baik. Dan kekurangan tidur ini biasanya menyebabkan rasa lapar diwaktu -waktu yang tidak dapat ditentukan. Karena saat kurang tidur tubuh menjadi lebih membutuhkan banyak makanan melebihi yang seharusnya dibutuhkan oleh tubuh itu sendiri. Ini dapat memicu terjadinya kenaikan berat badan.
2. Kelelahan fisik dan stres secara mental
Kurang tidur sangatlah berdampak pada fungsi sistem dalam tubuh. Tubuh memerlukan tidur yang cukup untuk memulihkan fungsi sistemnya. Ketika tidur tubuh akan memulihkan atau melakukan pembaharuan pada sel dan otot. Dan tidur merupakan waktu bagi otak untuk mensintesis semua informasi yang sudah diterimanya sepanjang hari. Dengan kurangnya tidur yang cukup akan menyebabkan Anda mudah lelah san membuat diri Anda menjadi stres.
3. Kulit kusam
Ciri - ciri yang sangat mudah dilihat saat kurang tidur adalah, terdapatnya lingkar mata yang menjadi hitam. Dan kulit akan mengeluarkan jerawat. Karena pada saat kirang tidur tubuh akan banyak mengeluarkan hormon kortison. Hormon kortison akan memecah kolagen dalam kulit , yang berfungsi untuk menjaga kehalusan  kulit. Dan jika itu terjadi ini akan membuat kulit menjadi terlihat lebih kusam.
4. Melambatnya kognitif
Ketika orang kekurangan tidur maka dapat menghambat fungsi kognitif dalam tubuh, dan membuat otak kita tidak dapat bekerja secara maksimal. Maka jika Anda mengalami sering lupa disiang hari, ada baiknya Anda mengecek waktu tidur malam Anda apakah sudah benar atau belum.
5. Depresi dan gangguan psikologis
Setelah dilakukan penelitian, kekurangan tidur ternyata dapat memberi dampak pada gangguan psikologis dan juga depresi yang sangat menakutkan. Ini akan lebih sering dialami oleh orang- orang yang mengalami insomnia daripada dengan orang yang mendapat waktu tidur yang cukup.
6. Diabetes
Pada saat tubuh mengalami kurang tidur, maka metabolisme tubuh akan melabat bahkan menurun. Dan ini akan mempengaruhi tubuh dalam memproses glukosa. Maka tubuh akan mengidap diabetes bahkan kenaikan berat badan karena proses mencerna glukosa yang tidak lancar.
7. Penyakit karidovaskular
Kurang tidur juga akan menyebabkan peningkatan
stres dalam tubuh. Sehingga dapat mempengaruhi kesehatan secara keaeluruhan, dan juga dapat mempengaruhi kesehatan jantung. Hormon stres akan merusak pembuluh darah hingga akirnya dapat menyebabkan tekanan darah tinggi.

Pentingnya Tidur Untuk Kesehatan

Tidur adalah saat dimana kita mengistirahatkan semua anggota badan. Dengan tidur yang cukup akan mengembalikan atau memulihkan semua fungsi tubuh dengan baik. Ketika kita kekurangan tidur ini akan menjadikan tubuh menjadi lemah, rentan terhadap penyakit dan tentunya akan membuat Anda tidak dapat banyak melakukan aktifitas atau kesibukan seperti biasanya. Tubuh memerlukan tidur dengan waktu yang cukup setiap harinya untuk tetap menjaga kesehatan dan fungsi sel tubuh bekerja dengan baik. Kurang tidur sangat betdampak buruk tidak hanya pada organ dalam tubuh saja, tetapi berdampak pada kecantikan kulit Anda. Dan ketika Anda kurang tidur ini akan membuat kantung mata Anda berwarna lebih hitam. Ini tentunya sangat tidak diinginkan oleh banyak orang. Karena ini akan mengurangi rasa percaya diri saat bertatap muka dengan orang lain. Maka jagalah pola tidur Anda untuk menjaga tubuh agar tetap dalam keadaan sehat. Tentunya Anda tidak ingin jika karena kurang tidur Anda akan sakit sehingga Anda tidak lagi dapat melakukan aktifitas seperti sebelumnya. Mari sayangi tubuh kita dengan cara memberi waktu istirahat yang cukup setiap harinya.

Nah, masihkah Anda mengurangi waktu tidur Anda?. Seharusnya jawabnya adalah tidak. Karena kurang tidur ternyata berdampak sangat buruk bagi tubuh. Dan semoga dengan adanya artikel tentang 7 dampak negatif akibat kurang tidur yang sangat mengerikan ini dapat menjadi pelajaran bagi kita untuk selalu menjaga pola hidup yang benar.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "7 Dampak Negatif Akibat Kurang Tidur Yang sangat Mengerikan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel