7 Cara Mengatur Strategi Pemasaran Ayam Potong

Mengatur strategi pemasaran ayam potong adalah cara untuk bagaimana Anda memasarkan atau menjual ayam potong yang Anda punya. Dalam sebuah bisnis strategi pemasaran sangatlah penting, karena dengan adanya strategi pemasaran Anda dapat mendapatkan keuntungan. Karena penjualan ayam potong hasil ternak Anda dapat dipasarkan memenuhi target.

Tidak terkecuali dengan bisnis yang satu ini. Ada beberapa strategi pemasaran yang harus Anda ketahui. Demi mewujudkannya sebuah usaha yang sukses dan dengan pemasaran yang tepat sasaran. Untuk itu disini saya akan berbagi tentang cara memasarkan ayam potong yang bisa menguntungkan Anda. Ayam potong selalu mengalami kenaikan di dalam pemasaranya. Karena mengingat semakin banyaknya tempat - tempat makan yang baru berdiri dan terus semakin bertambah setiap harinya. Sehingga mereka selalu membutuhkan pasokan daging yang banyak untuk melengkapi menu di restoran mereka.


Disini saya akan membagikan 7 cara sekaligus tentang bagaimana saja cara mengatur strategi pemasaran ayam potong yang bisa Anda lakukan. Dalam bisnis saat Anda melakukan pemasaran kunci utamanya adalah kejujuran untuk selalu menjaga kepercayaan dari pelanggan. Berikut adalah beberapa strategi pemasaran yanh bisa Anda terapkan dalam bisnis Ayam potong Anda.

1. Tekan biaya operasional dalam perawatan.

Biaya operasional dalam perawatan ayam harus ditekan, guna untuk menghindari pembengkakan pengeluaran yang bisa berujung dengan kerugian. Ayam adalah hewan yang bisa dikatakan pemakan segala, sangat mudah dalam pemberian pakan ayam ini jadi tidak perlu harus selalu diberi paka asli atau pakan dari toko. Anda bisa memberi makan ayam dengan sayur-sayuran yang bisa kita dapat dari limbah pasar ,jagung dan juga dengan ubi-ubian. Karena dalam usaha ternak ayam 70% modal habis hanya digunakan untuk membeli pakan ayam. Dan tetap saja jangan lupa untuk memberinya protein dan suplemen makanan untuk tetap memenuhi kebutuhan ayam potong.

Dalam pemberian vaksin Anda bisa memintanya langsung dari dinas kesehatan dan Anda bisa mendapatkanya secara gratis. Meskipun begitu, Anda tidak bisa selalu bergantung pada dinas kesehatan, tetapi Anda harus tetap menyediakan vaksin supaya bisa dengan rutin memberikan vaksin pada ayam. Untuk kandang Anda bisa menggunakan beberapa meter kandang saja untuk di isi ratusan ayam. Jangan lupa untuk memberi lampu guna untuk menjaga kehangatan kandang. Beri air rebusan dari sayuran untuk ayam yang masih kecil, karena air rebusan sayuran mengandung banyak vitamin, ini dapat menjaga daya tahan tubuh ayam. Mengingat ayam yang masih kecil rentan terhadap penyakit.

2. Menjalin hubungan baik dengan penjual dipasar.

Menjalin hubungan baik dengan penjual lain diapasar sangatlah penting dan juga sangat menguntungkan. Sebagai contohnya ketika ada pembeli sedang membeli ayam ditempat lain sedangkan ditempat itu pembeli tidak mendapatkan ayam yang dia inginkan maka penjual itu akan merekomendasikan untuk membeli di tempat Anda. Selain itu Anda juga bisa mempunyai banyak teman dipasar yang selalu berpihak kepada Anda. Jual ayam dengan harga lebih rendah guna untuk menarik pelanggan karena lebih baik untung sedikit daripada ayam tidak habis, karena menjual ayam segar lebih disukai banyak pembeli. Ayam yang sudah layu masih bisa dijual tetapi dengan harga yang sangat miring biasanya dibeli oleh pembuat pakan ikan. Namun kini ada juga oknum - oknum tidak bertanggung jawab yang membeli ayam sudah layu untuk diolah kembali. Jadi berhati hatilah ketika Anda melayani pembeli.

3. Menjual eceran

Anda juga harus melayani dalam bentuk eceran. Karena para pelanggan dari kalangan ibu rumah tangga biasanya lebih suka membeli dalam jumlah kecil. Sebaiknya Anda juga menyediakan dalam keadaan ayam yang sudah ducabuti bulunya. Anda juga harus bisa melayani keinginan para ibu - ibu yang biasanya hanya menginginkan bagian- bagian tertentu saja seperti, dada, paha dan sayapnya saja. Anda bisa memanfaatkan keadaan ini dengan memberi harga yang lebih mahal daripada ayam yang dibeli secara utuh. Dan juga sediakan tempat yang bersih dan nyaman agar pelanggan merasa nyaman ketika membeli ayam Anda.

4. Menjalin kerjasama dengan dinas kesehatan dalam pemberisn vsksin.

Mengingat ayam adalah hewan yang sangat rentan terhadap penyakit. Anda harus rutin memberikan vaksin terhadap ayam ini. Karena berbagai jenis penyakit bisa datang bahkan tanpa menunjukan gejala terlebih dahulu. Dengan adanya kerjasama dengan dinas kesehatan Anda akan rutin mendapat penyuluhan tentang bagaimana saja cara menjaga kesehatan ayam, sehingga ayam Anda akan terhindar dari penyakit dan juga Anda bisa terhindar dari kerugian. Dan dengan begitu Anda sudah termasuk membantu program pemerintah.

5. Patok harga yang lebih rendah

Dengan Anda mematok harga yang lebih sedikit murah dari yang lainya maka akan menarik banyak pelanggan saling berdatangan menghampiri tempat Anda. Karena siapa sih yang gak pengen harga yang murah. Untuk itu Anda harus selalu update tentang naik turunya harga ayam potong di pasaran.

6. Merawat ayam dengan baik

Untuk selalu membuat bisnis ayam tetap berjalan dengan baik, Anda harus selalu menjaga kesehatan ayam Anda. Karena mengingat ayam adalah jenis hewan yang mudah stres Anda harus selalu menjaga kebersihan kandang, memperhatikan pakanya, memberi vitamin dan vaksin yang teratur.

7. Mengikuti perkumpulan antar peternak ayam

Dengan Anda mengikuti perkumpulan - perkumpulan seperti ini Anda bisa banyak mendapat keuntungan. Mulai dari informasi terkini tentang perawatan ayam. Bisa juga saling bertukar pikiran dan dapat menjalin hubungan baik antar peternak ayam. Anda bisa juga belajar dari pengalaman orang lain dan bertanya tentang apa yang belum Anda ketahui. Terus jalin hubungan baik dengan mereka dan jangan malas untuk datang setiap ada acara.

Strategi Pemasaran Yang menguntungkan

Dengan adanya strategi pemasaran seperti diatas dipastikan kegiatan pemasaran Anda dapat berjalan dengan baik. Karena dilakukan persaingan secara sehat disertai kerjasama yang cukup baik. Anda juga bisa mengenal banyak rekan baru yang dapat Anda ajak kerja sama. Strategi ini sudah pasti memguntungkan secara materi juga dalam kehidupan yang damai.

Demikian penjelasan singkat saya tentang 7 cara membuat strategi pemasaran ayam potong. Semoga memberi solusi bagi Anda dan bermanfaat. Terimakasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "7 Cara Mengatur Strategi Pemasaran Ayam Potong"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel