4 Cara Memanajemen Kandang Ayam Potong Yang Benar

Manajemen kandang ayam potong merupakan cara mengatur kandang yang tepat sesuai dengan seharusnya. Dalam mengembangkan bisnis ayam potong, memanajemen kandang ayam termasuk menjadi peranan yang sangat penting untuk menjamin kesuksesan usaha ternak ayam Anda. Bukan hanya bibit ayam yang harus diperhatikan tetapi juga tentang bagaimana membuat kandang yang baik dan yang nyaman bagi ayam potong yang akan hidup di dalamnya.

Karena jika kandang yang kita siap kan sudah benar, maka ayam- ayam akan merasa nyaman berada di dalamnya. Dan jika ayam sudah merasa nyaman, tidak menutup kemungkinan untuk Anda meraih sukses dengan bisnis ayam Anda. Begitu juga sebaliknya, jika kandang dibuat hanya asal- asalan sama saja Anda hanya membuang- buang uang dan tenaga Anda. Karena dengan kandang yang asal- asalan akan membuat ayam mudah stres dan tidak bisa bertumbuh dengan baik. Maka, kerugian pun akan datang menghampiri.

4

Lalu apa bagaimana cara menyiapkan kandang ayam yang baik?. Tenang sobat, disini saya akan berbagi tips tentang bagaimana menyiapkan kandang yang baik untuk ayam potong Anda.

4 Cara Memanajemen Kandang Ayam Potong Yang Benar

Ada beberapa hal yang harus disiapkan untuk mendapatkan kandang yang bisa dibilang nyaman untuk berternak ayam potong. Membuat kandang yang nyaman sangatlah berpengaruh untuk ternak ayam Anda. Yang akan membuat ayam potong bertumbuh dengan baik. Adapaun caranya adalah sebagai berikut.

1. Kandang harus bersih

Untuk membuat ayam potong Anda nyaman dan tidak mudah terserang virus, Anda harus membuat kandang selalu bersih. Karena didalam kandang yang kotor bisa membuat berbagai macam virus bertumbuh dengan cepat. Sehingga akan membuat ayam potong Anda menjadi lebih rentan sakit. Anda bisa membersihkanya dalam seminggu sekali atau dua kali yang dilakukan pagi dan sore hari. Terutama untuk kandang ayam potong yang masih berusia muda sekitar umur 1-14 hari. Karena diusia tersebut ayam masih sangat rentan terhadap penyakit. Dan setelah kandang bersih jangan lupa untuk menyemprotnya dengan desinfektan untuk menjaga keseterilan kandang.

2. Praktis tidak berantakan.

Dalam pembuatan kandang ayam potong jangan terlalu lebar jika ayam nya hanya sedikit. Sesuaikan kandang dengan jumlah ayamnya saja. Dan taruh pakan dan minum ayam di dalam saja untuk mempermudah ayam mencari tempat makanya. Dan jangan lupa untuk selalu mebersihkan tempat makan ayam agar ayam tidak mudah terserang penyakit pada pencernaan. Intinya buat kandang tidak terkesan terlalu berantakan.

3. Atur kepadatan ayam.

Ketika Anda memutuskan untuk berternak ayam potong, Anda harus sudah menentukan berapa jumlah ayam yang akan Anda ternak. Dengan begitu Anda dapat mengatur kandang ayam Anda sesuai kapasitas yang ada. Usahakan jangan membuat kandang yang terlalu sempit, karena kandang yang terlalu sempit akan membuat ayam saling berdesakan dan menjadikan kandang ayam menjadi pengap. Jika sudah begitu ayam akan mengalami penurunan nafsu  makan dan juga terganggunya masa pertumbuhanya. Contoh kandang yang ideal adalah jika pada minggu pertama jumlah ayamnya adalah 50 ekor per meter persegi maka minggu keduanya harus dikurangi menjadi 20 hingga 25 ekor per meter persegi karena ayam sudah mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Dan pada minggu ketiga jumlah ayam harus dikurangi lagi menjadi 10 hingga 15 ekor saja per meter perseginya.

4. Hindari kandang yang lembab.

Kandang yang lembab akan membuat ayam merasa tidak nyaman, dan selain itu kandang yang lembab akan menyebabkan ayam mudah sakit. Karena kandang yang lembab adalah tempat bakteri - bakteri berkembang biak. Kandang yang lembab biasanya disebabkan oleh kurangnya cahaya matahari yang masuk kedalam kandang. Dan juga sirkulasi udara yang kurang baik.

Ayam potong merupakan jenis ayam yang dalam perawatanya membutuhkan penanganan yang teratur dan juga ketlatenan. Ayam potong mudah stres dengan keadaan disekitarnya. Maka selalu jaga kenyamanan kandang ayam yang ada.

Pentingnya Memanejemen kandang ayam potong yang benar.

Biasanya para peternak pemula hanya akan memikirkan bagaimana kualitas bibit yang akan diternak saja. Padahal menyiapkan kandang yang baik adalah salah satu hal yang penting dalam berternak ayam potong ini. Sebaik apapun bibitnya jika kandangnya tidak diatur dengan benar maka akan membuat ayam merasa tidak nyaman hingga menyebabkan kematian. Kesalahan manjemen yang biasanya para peternak lakukan adalah para peternak pemula akan menempatkan banyak ayam dalam kandang yang sangat sempit hingga membuat ayam saling berdesakan. Tanpa mereka ketahui hal ini akan membuat ayam merasa pengap dan bisa membuat ayam mudah sakit.

Oke, sampai disini dulu ya penjelasan tentang 4 cara memanajemen kandang ayam potong yang benar. Semoga bisa memperbaiki bisnis ayam potong Anda sehingga mendapat keuntungan yang berlipat ganda. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Belum ada Komentar untuk "4 Cara Memanajemen Kandang Ayam Potong Yang Benar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel