PENTINGNYA PERAN ORANG TUA DALAM DUNIA PENDIDIKAN

Dalam dunia pendidikan, tentu saja mencakup dari berbagai aspek kehidupan. Pendidikan formal sudah pasti bisa didapat di sekolah. Sementara itu banyak sekali pendidikan atau pengetahuan lagi yang bisa didapat misalnya dari lingkungan sekitar, pergaulan dan adat juga keluarga. Semua harus bisa di seimbangkan dengan baik antara pendidikan formal dan pendidikan non formal.

Nah, mari kita bahas untuk yang non formal, biarkan yang formal kita serahkan kepada bapak ibu guru di sekolah. Untuk non formal, disini orang tua berperan sangat besar. Jika disekolah guru adalah orang tua mereka, maka seteleh sekolah usai orang tua yang harus menjadi guru mereka.

Jadilah orang tua yang cerdas, cerdas disini bukan berarti harus jago matematika dan bahasa inggris lho ya. Maksudnya cerdas membimbing anak dalam setiap kesempatan. Mengarahkan kemana yang baik dan melarang yang seharusnya memang tidak boleh dilakukan.

Sebagai orang tua pastinya memiliki waktu yang lebih panjang, untuk membimbing anaknya ketimbang waktu yang digunakan bapak ibu guru yang memang waktunya dibatasi dalam memberikan pelajaran. Jadi waktu di rumah harus dimanfaatkan sebaik mungkin.

BIMBINGAN YANG WAJIB DITANAMKAN OLEH ORANG TUA KEPADA ANAKNYA 

Peran orang tua dalam dunia pendidikan ini akan sangat dubutuhkan. Karena jika hanya mengandalkan pendidikan dari sekokah saja itu tidaklah cukup. Sebagai orang tua kita harus mampu, memberikan pelajaran kehidupan yang terbaik untuk putra putri kita. Mungkin ada sebagian besar orang tua yang kuramg pandai dalam hal pendidikan formal. Itu tidak apa, karena itulah salah satu alasan kita memasukkan anak-anak ke sekolah.

Nah, tugas kita adalah ketika anak sudah pulang sekolah sampai mereka berangkat ke sekolah lagi. Lalu apa saja sih yang harus kita ajarkan kepada anak-anak selama di rumah? Simak yang berikut ini.

  • Menanamkan sikap sopan santun terhadap sesama.
  • Menghormati kepada yang lebih tua, sesama teman dan bertanggung jawab.
  • Menanamkan sikap mandiri dimulai sejak anak dirasa sudah mampu untuk melakukannya.
  • Membimbing anak tentang cara yang baik dalam bermasyarakat, dan perilaku dalam lingkungan sekitar.
  • Mengarahkan anak pada pergaulan yang benar.
  • Selalu taat dan mematuhi ketika ada peraturan dimanapun itu.
  • Dan tentunya tidak lupa membimbing anak tentang keagamaan.
Jika sebagai orang tua selalu gigih membimbing anaknya, maka kelak anak akan menjadi pribadi yang lebih bertanggung jawab. Yang tentunya bisa diandalkan.

ORANG TUA ADALAH GURU TERBAIK SELAMA DI LUAR SEKOLAH

Sebagai orang tua, Anda harus benar-benar dapat mengerti atau mengenali tentang siapa, bagaimana dan seperti apa anak Anda secara luar dalam. Dengan begitu Anda dapat dengan mudah mendidik dan mengarahkan anak Anda sesuau dengan cara yang mungkin anak sukai.

Nah, ketika anak diberi pelajaran dengan cara yang mereka sukai niscaya mereka akan lebih mengerti dan memahami dengan baik.

Jangan pernah bosan untuk selalu membimbing anak-anak sesuai dengan tahapan usia mereka ya.

Oke, sampai disini dulu artikel tentang peran orang tua dalam dunia pendidikan ini. Semoga dapat bermanfaat. Jangan lupa share dan kunjungi Panggulku untuk info lainnya. Terimakasih.

Reny Saya hanya seorang pemalas yang selalu merindukan gajian tanpa bekerja.

Belum ada Komentar untuk "PENTINGNYA PERAN ORANG TUA DALAM DUNIA PENDIDIKAN"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel