CARA MENDIDIK ANAK DENGAN BAIK DAN BENAR

Mendidik anak, merupakan suatu kegiatan yang bisa dikatakan gampang-gampang susah. Sebagai orang tua, Anda juga tidak boleh asal-asalan atau seenak hati Anda sendiri dalam proses mendidiknya. Karena anak adalah peniru yang hebat. Jadi apapun yang dilakukan orang tua bisa jadi akan mereka tirukan.

Ini sebenarnya bisa di manfaatkan dengan baik. Lakukan hal-hal positif jika sekiranya anak sedang memperhatikan atau sedang bersama Anda. Karena dengan begitu anak akan berfikiran bahwa yang Anda lakukan bisa juga dia lakukan. 
Hati-hati menjaga sikap dalam mendidik anak. Apalagi di era seperti saat ini. Dimana kita harus mampu mendidik anak dengan cara yang disukai oleh anak tersebut. Jika di jaman kita dulu mungkin orang tua mendidik kita menggunakan rotan, sapu dan sebagainya. Anak jaman dulu pasti langsung nurut. Dan lihat jika itu kita terapkan pada anak jaman sekarang, yang ada mereka jadi tambah marah, uring-uringan, semakin melawan dan yang lebih fatalnya lagi, anak akan menirukan cara tersebut kepada orang lain. 

MENDIDIK ANAK DENGAN CARA YANG DISUKAI OLEH ANAK

Cara mendidik anak yang benar itu adalah dimana Anda mendidiknya dan anak merasa senang. Bukan Anda mendidiknya dengan penuh paksaan dan tekanan. Karena jika Anda mendidik anak dengan benar dan sesuai dengan cara yang mereka inginkan, otomatis anak akan melakukan hal positif tersebut tulus karena kemaunnya sendiri. Bukan paksaan, yang hanya akan mereka lakukan jika ada dik sekitar Anda saja.

Mungkin berikut adalah beberapa cara mendidik anak yang benar yang disukai oleh anak-anak.
  • Menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh anak. Jangan kebanyakan ngomong tapi anak bingung sebenarnya Anda itu ngomong apa.
  • Gunakan sikap ramah, dan anak terlihat menyukainya sehingga anak akan mudah untuk di arahkan.
  • Jangan membentak anak, karena anak akan mudah terpuruk dan akan semakin sulit untuk di ajari. Anak akan gagal fokus karena sudah terintimidasi oleh rasa takut.
  • Didik anak setiap waktu. Bukan saat di rumah saja, melainkan setiap kegiatan bersamanya, sisipkan pendidikan yang berhubungan dengan setiap kegiatan yang mereka lakukan. Anak akan lebih menyukai cara tersebut.
  • Jangan pernah banding-bandingkan kemampuan anak sendiri dengan anak tetangga. Karena itu hanya akan membuat anak Anda kesal. Setiap anak itu istimewa. Mereka memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Jangan tuntut anak untuk selalu melebihi kemampuan anak orang lain.
  • Tanamkan prinadi yang selalu merendah dengan apa yang mereka miliki. 
  • Jangan pernah malu untuk selalu minta maaf kepada anak ketika Anda melakukan keslahan terhadap anak. Karena dengan begitu, otomatis anak juga akan paham dan mengikuti cara yang Anda lakukan ketika melakukan kesalahan kepada teman atau siapapun nanti.

AJARKAN TIGA KATA SAKTI BERIKUT UNTUK MEMBIASAKAN ANAK MENJADI PRIBADI YANG BAIK

Ada tiga kata sakti yang bisa Anda ajarkan kepada anak-anak Anda. Kenapa saya sebut sakti? Karena kata-kata ini sangatlah dibutuhkan dan wajib digunakan dalam beberapa hal. Dan setiap hari pasti salah satu kata ini akan digunakan. Adapun kata-katanya ialah sebagai berikut.
MAAF
Ajarkan kata maaf kepada anak sejak dini. Agar setiap anak melakukan kesalahan mereka tidak segan untuk selalu mengucap kata maaf tersebut. Karena meminta maaf merupakan hal yang tidak mudah dilakukan bagi mereka yang belum terbiasa.
TOLONG
Biasakan anak mengucap kata tolong ketika meminta bantuan. Supaya anak lebih memiliki rasa sopan terhadap sesama. Karena kebanyakan saat ini orang minta bantuan tapi lupa mengucap kata tolong.
TERIMAKASIH
Jangan lupa juga untuk selalu mengajarkan anak mengucap kata terimakasih ketika mendapat sesuatu atau pemberian dari siapapun itu berupa barang ataupun jasa. Karena kata ini akan membuat orang yang mendapatkannya merasa senang dan merasa lebih dihargai.

Demikian yang dapat saya sampaikan tentang cara mendidik anak ini, semoga dapat bermanfaat. Dan kita semua dijadikan orang tua didik yang baik bagi anak-anak. Jangan lupa share dan kunjungi Panggulku untuk info lainnya. Terimakasih



Reny Saya hanya seorang pemalas yang selalu merindukan gajian tanpa bekerja.

Belum ada Komentar untuk "CARA MENDIDIK ANAK DENGAN BAIK DAN BENAR"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel