4 Nasehat Salah Kaprah Tentang Ibu Nifas Yang Masih Digunakan Orangtua Hingga Sekarang

Nasehat salah kaprah tentang ibu nifas. Ibu nifas, atau masa-masa setelah atau pasca melahirkan yang biasanya hingga 40 hari selepas melahirkan. Masa itu adalah masa-masa pemulihan untuk si ibu, mulai dari rahim dan otot-otot yang akan kembali membaik setelah proses melahirkan. Nah, pada saat-saat itu biasanya kita masih memerlukan bantuan untuk mengurus beberapa hal. Seperti halnya memandikan anak ketika masih baru berumur beberapa hari.

Biasanya, ibu baru belum begitu berani untuk memandikan anaknya. Dengan alasan karena bayi baru lahir kulitnya masih terlalu sensitif, dan juga keadaan si ibu saat itu masih belum begitu memungkinkan untuk mengangkat dan banyak bergerak. Apalagi untuk ibu baru yang memang baru pertama kalinya memiliki anak.
Nasehat salah kaprah tentang ibu nifas
Saat masa-masa nifas itulah, biasanya peran orang tua kita sangat dibutuhkan untuk membantu kita. Dan kebanyakan orangtua khususnya ibu Anda akan menunggu setiap harinya. Nah, disini Anda akan merasakan kasih sayang dari ibu Anda yang menurut saya justru kadang berlebihan. Karena ngungkapin rasa sayangnya dengan nasehat-nasehat tentang ibu nifas yang sekarang sudah dianggap sebagai mitos. Dan ketika tidak dituruti justru akan menimbulkan masalah baru.

Mencari Fakta Dari Mitos yang Dipercaya Orangtua Tentang Masa Nifas

Masih banyak orangtua yang sering menasehati anaknya saat masa nifas dengan larangan-larangan turun-temurun yang sudah dipercaya sejak dulu. Tidak boleh inilah tidak boleh itulah dan lain sebagainya. Bahkan saya katakan sebagai nasehat salah kaprah tentang ibu nifas ini, sangat ditekankan untuk ibu yang baru melahirkan supaya selalu menuruti segala larangan-larangan yang sudah dipercaya turun temurun tersebut. Padahal itu akan membahayakan mental sang ibu yang baru melahirkan tersebut.

Adapun Nasehat-nasehat salah kaprah tentang ibu nifas yang masih sering digunakan hingga sekarang antara lain.

1. Tidur siang
Orangtua selalu berkata "jangan tidur siang saat masa nifas, nanti darah putih bisa naik"

Faktanya, pada jam 10-11 dan 13-16 ibu nifas sangat dianjurkan untuk tidur siang untuk menurunkan darah putih. Dan bidanpun pasti menganjurkan untuk tidur siang, karena pada jam-jam tersebut pasti sangatlah ngantuk.

2. Makanan amis
Kata orangtua begini " jangan suka makan yang amis-amis, nanti ASInya akan berbau amis, terus itu jaitannya susah keringnya".

Faktanya, ibu nifas dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan tinggi protein seperti telur, daging dan ikan supaya proses penyembuhannya cepat. Bahkan sebagai pengganti ikan dan daging ibu nifas bisa mengkonsumsi 4-5 butir telur dalam sehari.

3. Minum jamu
"Minum jamu yang banyak setiap hari, biar ASInya lancar anak gak rewel"

Faktanya, ibu nifas tidak harus selalu minum jamu untuk mendapatkan kualitas ASI yang baik. Cukup makan-makanan yang cukup gizi, protein dan perbanyak makan kacang-kacangan.

4. Meluruskan kaki
"Jangan suka membengkokan kaki, nanti kamu bakalan kena varises kalau kakimu tidak diluruskan"

Faktanya, varises itu terjadi karena adanya penumpukan darah di dalam pembuluh. Sedangkan ibu yang melahirkan normal akan bisa berjalan setelah 3 jam, dan yang melahirkan caesar akan dapat berjalan setelah 24 jam. Nah, saat untuk digunakan berjalan itulah pembuluh darah akan kembali normal, dan tidak terjadi penumpukan. Kalau ada yang terkena varises itu berarti memang sudah sejak masa hamil.

Nah, hal-hal diatas jika si ibu nifas terlalu serius memikirkannya dapat membuat ibu nifas merasa stres. Jadi tidak heran jika sekarang ada istilah baby blues. Ucapan yang menyakitkan dapat membuat ibu nifas semakin tertekan.

Nah, disini peran suami sangat penting. Selalu berikan dukungan untuk istri supaya dapat melewati masa-masa nifas dengan baik. Dan akan lebih mudah mengurus anaknya. Boleh mendengarkan nasehat-nasehat tersebut, namun cari dulu faktanya.

Demikian yang dapat saya sampaikan tentang nasihat salah kaprah tentang ibu nifas ini. Semoga Anda dapat menjadi ibu yang cerdas. Jangan lupa share dan kunjungi blog Panggulku untuk mendapatkan info lainnya. Terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "4 Nasehat Salah Kaprah Tentang Ibu Nifas Yang Masih Digunakan Orangtua Hingga Sekarang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel