11 CARA MENGATASI ANAK YANG SUSAH MAKAN

Kadang punya anak yang susah makan menjadi momok bagi sebagian orang tua, karena kalau anak sampai nggak suka makan takutnya nanti bakal jadi sakit dan menjadi anak kurus, sehingga membuat hati orang tua resah.

Bukan soal kesehatan, tapi  kalau anak sampai tidak mau makan kita kerja setiap hari buat siapa coba? Buat anak kan?. Kalau anak kita makannya lahap pasti kerja kita akan lebih semangat lagi untuk menghidupi keluarga, beda kalau anak susah makan mau kerja pasti kepikiran terus, anak ku tadi kenapa ya? hehehe

Maka dari itu untuk menghadapi hal demikian dan meminimal resiko terjadinya anak mogok makan alias nggak mod makan kita harus menyiapkan cara-cara sebagai berikut.

cara mengatasi anak yang susah makan


Berikut adalah solusi menghadapi anak yang susah makan:


   1. Buat lah makanan yang semenarik mungkin, misalnya kita kasih wadah makan yang berwarna – warni, pokoknya terlihat indah ketika di pandang anak dan bisa membuatnya tertarik untuk memegang dan melihatnya.

   2. Ajaklah anak tetangga untuk makan bersama-sama biar anak kita juga ikut-ikutan kegiatan makan dan menjadi asyik.

   3. Ketika membuat makanan ajaklah sianak alias kita melibatkannya dalam proses membuat makan, biar si anak tahu kalau itu adalah makanan .

   4. Jauhkanlah anak dari menonton televisi, bermain smartphone, dan permainan-permainan yang lain, kasih si anak makanan yang kayak permainan biar otaknya terbayang-bayang hanya makanan saja.

   5. Kenalkan kepada anak gambar dan jenis-jenis makanan yang berwarna-warni , misalnya kita beli buku gambar yang kusus makanan lalu kita kenalkan gambar-gambar tersebut.

   6. Biarkan si anak makan dengan mandiri, jangan terlalu memaksa atau menjejalkam makanan ke mulutnya, tapi biarkan dia mengoteh-ngoteh makanan nya itu.

   7. Dan berikan jadwal makan atau porsi makan yang konsisten, jangan sampai anak terlalu kekenyangan biasanya anak akan merasa sedih bila terlalu banyak makan dan akan malas makan lagi suatu waktu nanti.

   8. Gonta-ganti suasana makan agar anak tidak jenuh, misalnya makan di dapur, siangnya ajak anak jalan makan di luar melihat-lihat jalan sambil jalan-jalan.

   9. Dan buatlah tampilan makanan dan rasa yang unik dan apik agar anak menjadi tertarik dengan makanannya.

   10. Berikan anak waktu istirahat yang cukup, jangan sampai anak terlalu sering menonton televisi dan bermain smartphone, karena anak akan betah di situ saja dan membuat matanya menjadi betah melek trus susah tidur deh, sehingga malas makan.

   11. Kalau memang sudah tidak dapat dilakukan dengan cara-cara diatas maka sebaiknya kita datang ke ahli anak untuk konsultasi lebih lanjud tentang anak yang susah makan, dan ini memang cara terakhir yang kita tempuh kalau kita sudah benar-benar tidak sanggup lagi menghadapi anak kita yang susah makan.

Cara-cara diatas dapat kita lakukan bergonta-ganti, sebab setiap anak punya sifat yang berbeda-beda makan kita juga harus mencari cara agar anak kita cocok dengan cara yang mana.

Yang terpenting adalah kita tidak terlalu memaksa anak untuk menyogok makanan ke mulutnya, karena menurut saya itu adalah pemandangan yang sangat jijik.

Saya paling benci ada orang tua yang suka memaksa anaknya, meskipun baru punya anak seharusnya orang tua itu mengerti keinginan anak itu bagaimana, sabar adalah kuncinya.

Membuat anak menjadi enak makan memang bukan lah hal mudah kalau memang anaknya suka makan sejak kecil, karena ada beberapa factor yang mebuat anak menjadi susah makan.

Misalnya karena dari lingkungannya, dari keadaan kesehatannya, atau dari jenis makanan yang anak tidak di sukai.

Maka dari itu buat para mama dan papa tetaplah semangat untuk mengurusi anak yang telah kita buat lalu kita lahirkan, yang sabar, yang rajin dan yang penuh dengan kasih sayang.

Semangat ya mamapapa, sekian dulu artikel kali ini semoga bermanfaat ya, kalau ada yang di tanyakan silahkan tinggalkan komentar dibawah, owh iya kalau perlu dan merasa bermanfaat boleh kog di share juga ke facebook atau whatsapp. Wassalam.

Belum ada Komentar untuk "11 CARA MENGATASI ANAK YANG SUSAH MAKAN"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel