7 Cara Ampuh Agar Kita Terhindar Dari Rasa Benci Terhadap Sesama

Dikesempatan kali ini saya akan membahas ke yang lebih dekat lagi dengan kehidupan sehari-hari kita. Yah, anggap saja kali ini sebagai bonus, karena sebelumnya saya selalu membahas tentang seputar bisnis dan hal-hal lain yang terlalu serius. Kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara agar kita terhindar dari rasa benci terhadap sesama. Karena seperti yang kita tau, saat ini membenci seseorang itu jauh lebih mudah daripada kita saling mengasihi dengan sesama.

Sama halnya seperti mencari seorang teman yang tulus, mencari teman memang mudah. Tapi mencari yang benar-benar tulus dengan kita itu tidaklah mudah. Karena sekarang banyak musuh yang berkedok sebagai teman. Lebih mudah lagi kalau kita mencari musuh, sehari saja kita mampu mendapatkan musuh sebanyak mungkin.
cara agar terhindar dari rasa benci
Salah satu faktornya karena kita terlalu mudah membenci meskipun  kita hanya mendapat ucapan ataupun hujatan yang sekiranya menuju ke diri kita. Untuk itu, kita harus mampu mengendalikan diri kita supaya perasaan benci itu tidak mudah datang. Berikut saya memiliki beberapa tips untuk menghindari rasa benci itu muncul kepada kita.

Menghindari Rasa Benci Dengan Sesama Dengan Beberapa Cara Mudah

Rasa benci itu sebenarnya bisa dicegah selagi kita mau berusaha. Jika tidak kita tidak hanya menjadi orang yang gampang membenci. Namun, kita akan cenderung menjadi orang yang pemarah. Dan jika sudah demikian, menghadapi masalah sekecil apapun pasti selalu disertai dengan emosi yang meluap-luap yang akhirnya juga akan menimbulkan rasa benci tersebut.
Ada yang bilang benci itu tidak jauh beda dengan cinta. Jika kita pikirkan secara logika, sudah jelas sekali keduanya memiliki arti yang berbanding terbalik. Lalu kenapa disebut demikian?, dan hingga saat ini saya sendiri juga tidak tau alasannya apa hehe. Mungkin karena benci merupakan ukuran tertinggi atas rasa ketidak sukaan kita terhadap sesuatu, dan cinta merupakan ukuran tertinggi untuk ungkapan rasa suka kita terhadap sesuatu. Ah sudahlah, saya tidak tau kalau sudah berhubungan dengan cinta haha.

Dan berikut adalah cara agar kita tidak mudah membenci orang lain.
1. Ingat kebaikannya
Seburuk-buruknya orang yang kita kenal, pasti pernah berbuat baik terhadap kita. Entah itu kapan pasti pernah. Dengan kamu selalu mengingat semua kebaikannya kamu tidak akan mudah membenci orang tersebut meskipun kamu memiliki problem dengan yang bersangkutan.

2. Memaafkan
Sebagai orang yang beriman tentunya kita harus selalu mampu menjadi seorang pemaaf. Karena dengan kita mudah memaafkan jika ada yang berbuat salah kepada kita, insyaallah kita akan terhindar dari rasa benci terhadap sesama.

3. Saling menghargai
Kita harus mampu menghargai dengan sesama, entah itu tentang kepribadiannya ataupun urusan lain yang sekirannya kita tidak boleh ikut campur. Jangan sesekali mengejek ataupun menghina ketika salah satu diantara kita ada yang mengalami ketidak mampuan dalam suatu hal.

4. Kendalikan diri
Ketika kita memiliki masalah dengan seseorang, hendaknya kita mampu mengendalikan diri kita. Jangan mengambil tindakan atau keputusan disaat emosi kita sedang memuncak. Karena itu justru akan semakin memperkeruh suasana.

5. Tidak mudah tersinggung
Rasa benci itu bisa muncul hanya karena ucapan atau perkataan yang diucapkan seseorang yang sekiranya kurang enak untuk dicerna oleh pikiran kita. Untuk itu, kita harus mampu menahan emosi kita. Mencoba untuk tidak terlalu mudah tersinggung dengan perkataan orang lain. Hadapi semuanya dengan santai, dan jangan mudah memasukkan semua perkataan kedalam hati. Karena ada kalanya orang tersebut hanya bergurau.

6. Jangan ingat keburukannya
Jika kita harus selalu mengingat kebaikannya, maka kita jangan pernah mengingat keburukan perlakuan orang tersebut. Karena jika kita hanya mengingat keburukannya, bukan tidak mungkin lagi kita akan memiliki rasa benci yang teramat dalam terhadap orang tersebut.

7. Selalu berpikir positif
Kendalikan pikiran kita dengan cara berpikir yang positif-positif saja. Dengan demikian, tidak ada lagi hal-hal negatif yang muncul dari diri kita. Selalu berbuat baik kepada semua orang meskipun orang itu pernah menjahati kita.

Nah, itulah cara agar kita terhindar dari rasa benci terhadap sesama kita. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share ya. Kunjungi terus blog Panggulku untuk mendapatkan informasi lainnya. Terimakasih.

Reny Saya hanya seorang pemalas yang selalu merindukan gajian tanpa bekerja.

Belum ada Komentar untuk "7 Cara Ampuh Agar Kita Terhindar Dari Rasa Benci Terhadap Sesama"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel