5 Cara Menentukan Jenis Usaha Yang Bagus Untuk Masa Depan Dalam Jangka Yang Panjang

Menentukan usaha yang bagus untuk masa depan itu merupakan salah satu hal yang bisa dikatakan memang seharusnya kita pikirkan secara serius. Apalagi jika kamu sudah memasuki umur yang cukup dan sudah mempunyai keinginan untuk berumah tangga. Segala sesuatunya tentunya sudah harus benar-benar dipikirkan secara matang. Mulai dari pekerjaan, tempat tinggal dan mental yang benar-benar siap untuk menghadapi segala konsekuensinya.

Bukan hanya untuk yang ingin berumah tangga saja, menentukan usaha apa yang cocok untuk masa depan ini juga harus dipikirkan sejak masih muda. Dan tentunya haruslah memilih jenis usaha yang dapat dijalankan dalam jangka panjang bukan usaha musiman yang hanya akan dikerjakan ketika sedang musimnya saja.
bisnis yang bagus untuk masa depan
Kenapa kita harus memikirnya sejak awal?

Karena menentukan pekerjaan atau usaha yang dapat berjalan dalam jangka panjang bukanlah hal yang mudah. Sudah pasti kamu akan kesulitan memikirkan tentang pekerjaan apa saja yang sekiranya dapat memberi keuntungan banyak dan dapat dikerjakan atau dipertahankan untuk waktu yang lama. Menentukan suatu usaha itu tidak bisa hanya asal mengambil keputusan saja, namun harus melalui beberapa pertimbangan yang benar-benar matang. Seperti yang akan saya jelaskan berikut ini.

Cara Mempertimbangkan Jenis Usaha Apa Yang Cocok Untuk Masa Depan

Dalam mengambil keputusan tentunya harus melalui beberapa pertimbangan yang benar-benar matang supaya kita tidak salah dalam menentukan pilihan kita. Nah, begitu juga dalam menentukan pekerjaan, apalagi untuk masa depan dalam jangka yang panjang. Menentukan usaha untuk jangka yang panjang tentunya haruslah sebuah pekerjaan atau usaha yang benar-benar pas dengan kemampuan kamu. Dan merupakan yang kamu suka, sehingga kamu bisa nyaman dan betah dengan pekerjaan atau usaha yang kamu jalankan.

Jangan terlalu lama dan hanya berputar-putar bingung memikirkan pekerjan apa yang bisa untuk jangka panjang. Sudah saatnya kamu bergerak cepat supaya kamu tidak ketinggalan dengan yang lainnya. Nah, berikut ada beberapa tips yang mungkin bisa membantu kamu menentukan pekerjaan kamu.

1. Memilih jenis usaha yang disukai
Saat kamu menentukan jenis bisnis, apalagi bisnis yang ditujukan untuk jangka yang cukup panjang katakanlah untuk masa depan. Baiknya kamu memilih jenis usaha yang benar-benar kamu sukai. Karena dengan begitu kamu akan betah berlama-lama dengan usaha yang kamu jalankan.

Lain halnya jika kamu tidak begitu menyukai pekerjaan atau usaha yang kamu jalankan, kamu akan cepat merasa bosan dan akhirnya hanya akan bertahan dengan singkat.

Jika kamu menyukai pekerjaan tersebut, kamu sudah pasti akan rajin dan sangat benar-benar menekuni pekerjaan tersebut. Ibarat kamu menyukai seseorang, kamu pasti akan sangat bersemangat melakukan segala sesuatu apalagi jika ada hubungannya denga pekerjaan tersebut.

Begitu juga jika kamu menyukai usaha atau pekrjaan yang kamu jalankan. Sudah pasti akan semakin maju karena kamu selalu bersemangat menjalankannya.

2. Jenis bisnis yang dikuasai
Setelah menentukan jenis bisnis apa yang kamu sukai. Selanjutnya kamu juga harus menentukan kira-kira jenis bisnis apa yang cocok dengan kemampuan yang kamu miliki. Jangan hanya suka dengan jenis bisnisnya, namun kamu juga harus benar-benar memilih usaha yang sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki.

Jika ada yang bertanya "kenapa harus memilih yang sesuai dengan kemampuan, kan nantinya bisa nyuruh orang yang ahli?"

Nah, begini penjelasannya. Diawal-awal kamu membangun sebuah usaha, tentunya kamu masih belum memiliki karyawan. Yang mau tidak mau harus kamu kerjakan sendiri semuanya. Kamu harus benar-benar ahli dengan usaha yang kamu miliki, sehingga kamu akan benar-benar tahu tentang bagaimana cara menangani atau menjalankan usaha kamu dengan cara yang benar. Sehingga semua akan berjalan dengan lancar.

Dan selain itu, ketika kamu ingin merekrut atau memberi training kepada karyawan baru akan menjadi lebih mudah.

3. Menyesuaikan dengan modal yang dimiliki
Nah, yang satu ini juga merupakan hal yang sangat penting yang harus diperhatikan. Untuk membangun sebuah bisnis tentunya memerlukan modal. Untuk menentukan modal binsis kamu, seharusnya kamu menentukannya dengan kemampuan kamu juga. Jangan memaksakan membangun bisnis dengan mengeluarkan modal yang diluar batas kemampuan kamu dengan bantuan mencari hutang kesana-kemari. Belum apa-apa hutang sudah berentetan dimana-mana. Itu justru sangat berbahaya untuk kamu.

Kenapa begitu?, karena membangun bisnis itu tentunya selalu melalui beberapa tahapan untuk menuju kata sukses. Melewati jatuh bangun terlebih dahulu.

Coba kalian pikirkan, ketika usaha kalian masih berada sangat dibawah sedangkan kalian harus memikirkan angsuran hutang yang dibuat modal sebelumnya. Pasti akan menjadi masalah yang sangat rumit. Jadi, lebih baik sesuaikan dengan kemampuan yang kamu miliki. Dan jika harus meminjam modal, pinjamlah yang tidak meminta bunga pinjaman. Akan lebih baik lagi jika meminjam kepada saudara yang jauh lebih mampu, sehingga kamu bisa bayar sewaktu-waktu saat kamu sudah punya uangnya.

4. Menentukan lokasi
Jika semuanya sudah siap, langkah selanjutnya yaitu kamu mencari lokasi yang ingin kamu gunakan untuk mendirikan bisnis kamu. Tentunya di lokasi yang strategis dengan jenis bisnis yang akan kamu jalankan.

Tetap sesuaikan dengan budget dan juga dengan lingkungan sekitarnya. Dimana masyarakatnya yang sekiranya sangat membutuhkan bisnis yang akan kamu dirikan nanti. Hal seperti ini juga memerlukan survey untuk mengetahui apakah orang-orang sekitaran akan membutuhkan jenis bisnis yang akan kamu dirikan nanti.

5. Mempertimbangkan jenis bisnis yang bisa untuk jangka panjang
Sebelum kamu benar-benar menjalnkan suatu bisnis. Kamu harus benar mengetahui, tentang bagaimana kelak bisnis itu akan berjalan. Apakah bisa untuk jangka panjang atau tidak?

Jangan sampai modal kamu habis hanya untuk mendirikan bisnis yang musiman saja yang hanya mengikuti yang lagi booming kemudian lenyap hanya dalam beberapa waktu yang sangat singkat.

Contoh Jenis Usaha Yang Dapat Dijalankan Dalam Jangka Panjang

Setelah panjang lebar tentang pertimbangan menentukan jenis usaha apa yang cocok untuk jangka panjang seperti diatas, berikut langsung saja kita menuju ke beberapa contoh bisnis yang bisa dilakukan untuk jangka panjang.
  • Kuliner
Tentunya ini sudah menjadi rahasia umum. Karena jika sudah berhubungan dengan yang namanya kuliner pasti tidak akan pernah ada habisnya.
  • Jasa transportasi
Jasa transportasi juga sangat menjanjikan, karena mengingat sekarang semakin banyak orang yang lebih memilih untuk mencarter transportasi sendiri ketimbang harus berdesak-desakan naik transportasi umum.
  • Bengkel
Mendirikan sebuah bengkel tentunya memerlukan keahlian khusus dalam bidang otimotif. Namun jika ditekuni, usaha ini bisa menjadi sukses dan bahkan bisa diwariskan hingga ke anak cucu.
  • Toko properti
Membuka toko properti memang sangat nenjanjikan. Dengan catatan harus mampu bersaing dengan toko yang lainnya.

Saya rasa itu dulu yang bisa saya sampaikan tentang conto bisnisnya. Sebenarnya masih banyak sekali contoh lainnya. Dan mungkin tidak akan pernah selesai jika saya tulis semuanya disini hehe.

Penutup

Oke, sampai disini dulu perjumpaan kita di artikel tentang cara menentukan usaha yang bagus untuk masa depan ini. Saya rasa sudah terlalu panjang saya ngmongnya, dan saya sudah merasa jari-jari saya capek untuk menulisnya haha. Jangan lupa share ya dan kunjungi terus blog Panggulku untuk mendapatkan informasi lainnya tentunya. Terimakasih semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "5 Cara Menentukan Jenis Usaha Yang Bagus Untuk Masa Depan Dalam Jangka Yang Panjang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel