3 Rahasia Sukses Bisnis Dagang Yang Harus Kamu Ketahui

Hallo semua, selamat pagi selamat siang , sore dan malam. Jumpa lagi dengan saya, setelah beberapa waktu ini tidak ada kabar postingan terbarunya karena masih disibukkan dengan kesibukkan yang kurang jelas sebenarnya haha. Nah, mumpung saya lagi sedikit rodok longgar kali ini. Saya mencoba kembali ke dunia blogger ini lagi. Dan kali ini saya akan membahas tentang bisnis dagang, yah seperti yang kita ketahui saat ini tidak sedikit yang sudah terjun kedalam dunia berdagang atau jual beli ini.

Namun, tidak semua mereka yang masuk ke dunia dagang ini mengalami suatu keberhasilan yang sangat memuaskan. Katakanlah memiliki pemasukkan atau penghasilan per hari atau perbulannya yang sesuai target. Itu saja masih jarang yang mendapatkannya. Bahkan tidak jarang juga diantara mereka yang mengalami bisnis stagnan (baca juga 5 tips cara mengatasi bisnis yang stagnan). Dan akhirnya mereka membubarkan bisnis mereka sebelum sukses atau bahkan masih dalam proses awal-awal merintis.


Berbisnis memang tidak cukup hanya dengan memgandalkan modal yang tinggi. Namun juga harus dapat memanajemen bisnis dengan benar. Strategi pemasarannya pun harus diperhatikan supaya bisa tepat sasaran dengan keinginan publik. Seperti halnya bisnis dagang ini, tidak cukup hanya menggunakan modal besar untuk membeli produk lalu hanya jual sana-sini tanpa strategi yang baik. Alhasil bisnis tidak akan maju justru akan menjadi kocar-kacir sana kemari dan ujung-ujungnya bangkrut gulung tikar pada masa-masa awal. Untuk itu, disini saya akan berbagi seputar rahasia sukses bisnis dagang yang dimiliki para pedagang-pedagang sukses diluar sana.

Menentukan Jenis Barang Yang Akan Diperdagangkan

Bisnis dagang merupakan bisnis yang dijalankan dengan proses jual beli ataupun hanya menjual saja. Dengan melakukan proses transaksi antara penjual dan pembeli. Jika seseorang ingin mendirikan sebuah bisnis berdagang, hal pertama yang harus ditentukan adalah memilih dan memastikan jenis barang apa yang akan diperdagangkan. Dalam memilih jenis barang ini kamu harus bisa menyesuaikan dengan keinginan konsumen. Sampai disini mungkin kalian bertanya-tanya.

Bagaimana cara mengetahui keinginan dan keperluan yang banyak diinginkan oleh para konsumen?

Oke begini caranya. Kamu harus melakukan survey pasar terlebih dahulu sebelum kamu menentukan barang apa yang akan kamu jadikan bisnis kelak. Dengan kata lain kalian harus terjun langsung ketempat pemasaran barang-barang. Dan kalian lihat-lihat, kira-kira apa saja yang paling banyak diminati dan dibutuhkan banyak orang.

Misalnya kamu bisnis pada bulan puasa (baca juga 10 jenis peluang usaha di bulan puasa yang paling laris dan menguntungkan) , yang cocok untuk diperdagangkan tentunya semua hal yang berhubungan dengan bulan puasa tersebut. Seperti jual takjil, baju muslim, mukenah dan lain sebagainya. Tidak mungkin juga dibulan puasa kalian akan berjualan paku, semen, beton secara dadakan. Itu namanya tidak akan sesuai dengan target dan kebutuhan yang sedang banyak dicari konsumen. Nah, kira-kira seperti itu cara untuk memilih barang yang akan diperdagangkan.

3 Faktor Penting Yang Harus Diperhatikan Dalam Bisnis Dagang.

Dalam bisnis dagang, ada beberapa faktor penting yang harus kamu perhatikan. Supaya usaha yang kamu rintis dapat berkembang dan bertahan cukup lama tentunya. Dengan kata lain mengalami kesuksesan secara signifikan. Pengeluaran modal dan pendapatan bisa sesuai dengan target. Tidak hanya bertahan dengan segala kepedihan tentunya haha. Dan berikut faktor-faktor penting dalam bisnis dagang yang harus kamu perhatikan.

1. Kualitas barang
Faktor pertama yang harus kalian perhatikan tentunya adalah kualitas barang yang akan dijual. Karena para konsumen pasti akan selalu menyortir atau memilah-milah barang yang akan dibelinya. Sebagai pedagang yang profesional, harus mampu menyediakan barang dengan kualitas yang baik yang dapat memuaskan keinginan para konsumen. Beri harga wajar sesuai dengan pasarannya. Atau dengan harga yang selalu stabil.

2. Pelayanan yang baik
Selain menyediakan barang dengan kualitas yang baik, pelayanan yang baik tentunya juga dapat menjadi daya tarik tersendiri atau bisa dikatakan poin plus dimata konsumen. Konsumen akan merasa nyaman ketika mendapatkan pelayanan yang baik yang dapat mengerti dengan apa yang mereka maksud. Karena seperti kata orang-orang, pembeli adalah raja. Jadi harus mendapatkan pelayanan yang terbaik, supaya pembeli tidak sungkan untuk datang kembali dan menjadikan tempat kamu sebagai langgannya.

3. Persaingan dalam dunia bisnis
Mendirikan sebuah bisnis berarti harus siap menghadapi segala kemungkinan yang akan terjadi. Salah satunya adalah menghadapi pesaing yang berdatangan dengan segala strategi yang sudah kamu siapkan. Bersainglah dengan cara sehat. Dan jika kalian sudah menerapkan 2 faktor diatas. Saya yakin, kamu tidak akan takut lagi untuk menghadapi para pesaing diluar sana.

5 Contoh Usaha Dagang Yang Sedang Laris

Banyak jenis usaha dagang yang ada di dunia ini, atau bahkan disekitar kita. Ada yang laris, tapi ada juga yang bahkan bisa dikatakan tidak laku. Sebagai pebisnis yang cerdas, kita harus mengetahui tentang bisnis dagang apa saja yang sedang banyak dicari konsumen saat ini (baca juga apa saja peluang usaha di desa yang paling menguntungkan) . Sehingga pemasarannya akan lebih mudah dan dapat tembus target yang kita harapkan. Dan berikut beberapa contoh usaha yang sedang laris dan banyak dicari para konsumen.

1. Berdagang dibidang fhasion
Siapa yang tidak tahu dengan kemajuan dalam dunia fashion disekitar kita saat ini. Banyak sekali pedagang-pedagang baru yang bermunculan. Mulai dari jual baju secara manual atau buka toko-toko seperti pada umumnyan. Dan sekarang sudah semakin maju lagi dengan adanya sistem jual beli baju online ( baca juga 4 cara bisnis baju online agar cepat laku) .
2. Makanan
Sudah tidak asing lagi jika usaha bisnis makanan ini menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan. Karena masyarakat kita tidak bisa jauh-jauh dari yang namanya makanan. Mulai dari untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari maupun untuk kebutuhan acara-acara lainnya. Seperti acara hajatan, nikah dan pesta lainnya. Semua tidak ketinggalan dengan menghadirkan makanan. Jadi sangat menguntungkan sekali jika kamu mampu mendirikan sebuah warung makanan yang khususnya menyediakan makanan khas dari negara kita sendiri maupun makanan yang kekinian. Bisa juga memulai dengan usaha makanan ringan terlebih dahulu sesuai kemampuan ( baca juga cara membangun bisnis makanan ringan dengan modal kecil yang menguntungkan).
3. Jual gadget dan elektronik lainnya
Mengingat semakin majunya jaman pada saat ini. Semua hal hampir dilakukan serba menggunakan elektronik. Anak remaja milenial pasti selalu mencari gadget keluaran terbaru untuk menunjang gaya hidup mereka. Selalu memiliki barang keluaran terbaru, mereka anggap sebagai anak yang kekinian sekali.
4. Jual pulsa dan kuota internet
Berhubung saat ini semua hampir dilakukan serba online, jadi kebutuhan pulsa ataupun kuota data internet menjadi hal yang sangat penting dan banyak dicari banyak orang. Berjualan pulsa ini dapat dikatakan sebagai usaha yang dapat dilakukan dengan modal yang kecil (baca juga 10 cara membuat bisnis modal kecil) . Jadi dapat dengan mudah kamu rintis, dan dapat dilakukan dimanapun kamu berada.
5. Usaha jasa
Buat kamu yang memiliki kemampuan lebih dapat kamu manfaatkan menjadi ladang penghasilan kamu. Salah satu contoh jasa yang dapat dijadikan usaha yaitu, menjadikan kelebihan pengetahuan dalam dunia pendidikan dapat kamu manfaatkan menjadi guru privat yang akan sangat membantu.

Penutup

Semua usaha akan menjadi sukses jika kamu melakukannya dengan tahapan-tahapan yang benar. Oke, sampai disini dulu perjumpaan kita kali ini di artikel tentang jenis usaha dagang ini. Semoga dapat menjadi salah satu referensi bagi kamu untuk menentukan jenis usaha yang akan kamu jalankan. Jangan lupa share dan kunjungi terus blog Panggulku untuk mendapatkan informasi menarik lainnya. Terimakasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "3 Rahasia Sukses Bisnis Dagang Yang Harus Kamu Ketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel