10 Cara Ampuh Menjaga Keharmonisan Dalam Rumah Tangga

Menjaga keharmonisan dalam rumah tangga. Hal ini wajib diketahui oleh kalian yang sudah berumah tangga maupun yang sedang berencana mau menjalin rumah tangga. Karena untuk menjaga sebuah keluarga tetap terjaga harmonis sangatlah membutuhkan kekompakan dari kedua belah pihak atau dalam hal ini kita sebut sebagai pasangan. Buat kamu yang masih jomblo, sempatkan juga untuk membaca. Yah, hitung-hitung buat belajar hehe.

Seseorang berfikir, ketika masih dalam masa pacaran hubungan mereka sangat indah dan pasti akan lebih bahagia jika sampai ke jenjang pernikahan. Pasti akan lebih harmonis lagi ketimbang masa pacaran. Tanpa mereka sadari, untuk menjamin hubungan rumah tangga tetap terjaga harmonis tidak dapat ditentukan hanya dengan melihat masa pacaran yang terjalin sangat baik.

menjaga keharmonisan dalam rumah tangga

Kenapa demikian?

Iya jawabannya, karena pada saat masa pacaran kamu baru mengetahui sisi kecilnya saja dari pasanganmu tersebut. Lain lagi ketika kamu sudah tinggal satu rumah dengan pasanganmu. Pasti kamu akan merasa ada yang aneh sekecil apapun itu. Karena pada saat itu kamu akan mengetahui semua baik buruknya yang ada pada diri pasanganmu.

Oleh karena itu selalu ada istilah "terimalah pasanganmu dengan apa adanya bukan karena ada apanga" kata-kata ini mengingatkan kita untuk selalu menerima segala kekurangan dan kelebihan yang dimiliki pasangan kita. Jika sudah begitu, dijamin kedepannya akan lebih mudah untuk menyesuaikan dengan perbedaan yang ada. Dan ini merupakan salah satu cara menjaga keharmonisan dalam rumah tangga. Untuk informasi lebih lanjutnya simak yang berikut ini.

Beberapa Cara Menjaga Keharmonisan Dalam Rumah Tangga 

Pada hakikatnya, untuk menjalin sebuah rumah tangga yang penuh dengan keharmonisan memerlukan beberapa faktor pendukung yang juga harus dibangun oleh kedua belah pihak. Namun, dalam setiap rumah tangga pasti ada saja rintangan yang harus dilalui. Yang tidak menutup kemungkinan membuat hubungan rumah tangga ini menjadi sering mengalami cek-cok dan tidak jarang juga yang memilih jalan untuk berpisah. Lalu kira-kira apa saja yang harus dilakukan?.

Nah, berikut adalah beberapa cara menjaga keharmonisan dalam rumah tangga yang mungkin bisa membantu Anda untuk menciptakan sebuah rumah tangga yang selalu harmonis.

1. Selalu terbuka dan jujur
Hal pertama yang harus kamu lakukan ketika menjalin sebuah rumah tangga adalah terbukanya kedua belah pihak dalam segala hal. Dan selalu berkata jujur apa adanya tanpa ada yang ditutup-tutupi. Ini merupakan hal penting yang benar-benar harus mampu diterapkan disetiap rumah tangga.

Karena dengan demikian tidak ada lagi rahasia-rahasia yang nantinya akan membuat hubungan menjadi kurang harmonis.
2. Saling menghargai
Setiap pasangan tentunya tidak selalu memiliki pemikiran yang sama. Terkadang hal ini sering menjadi sumber masalah yang membuat rumah tangga menjadi dingin.

Contoh kecilnya, si A kekeh dengan pendapatnya yang demikian dan begitupun si B memiliki pendapat yang berbeda. Jika masih saja tidak dapat menghargai satu sama lain maka sudah dapat dipastikan hubungan rumah tangga menjadi dingin.
3. Saling percaya
Saling percaya bisa dikatakan sebagai tiangnya sebuah hubungan rumah tangga. Karena hubungan apapun itu jika tidak dilandasi dengan sebuah kepercayaan, maka mustahil untuk hubungan itu berjalan dengan baik.

Jika kita saling percaya dan memberi keprcayaan sepenuhnya terhadap pasangan kita, maka ini akan membuat pasangan kita merasa menjadi orang yang sangat dihargai. Saling percaya juga dapat meningkatkan ketenangan tersendiri. Begitu juga jika kita sudah diberi kepercayaan oleh pasangan kita, kita harus dapat terap menjaga kepercayaan tersebut.
4. Saling memahami
Memahami keadaan pasangan kita itu juga penting. Apalagi jika Anda seorang laki-laki, Anda harus pandai-pandai memahami pasangan Anda. Tahu sendiri kan kalau wanita itu selalu sensitif dan selalu ingin dimengerti. Namun, sebagai seorang wanita juga harus mampu memahami segala keadaan dan keinginan seorang laki-laki.
5. Saling memaafkan
Dalam setiap rumah tangga memang selalu ada saja masalah yang timbul. Masalah tersebut bisa saja datang dari berbagai faktor. Baik itu dari luar maupun dari diri kita sendiri. Contoh masalah yang datang dari diri kita adalah ketika kita membuat kesalahan dan membuat pasangan kita merasa tidak nyaman bahkan marah.

Nah, ketika masalah tersebut mulai datang, maka kita harus selalu ingat. Bahwa manusia memang tidak pernah luput dari yang namanya salah. Dan kita harus selalu bisa saling memaafkan supaya masalah tidak semakin berlarut-larut.
6. Saling mengingatkan
Jangan pernah saling menyalahkan satu sama lain. Karena ini akan menjadi bahan percikan masalah dalam rumah tangga. Ada baiknya, ketika salah satu dari kita ada yang salah atau ada yang kurang berkenan bagi satu sama lainnya untuk selalu saling mengingatkan. Supaya tidak menjadi sumber masalah yang besar.
7. Menjaga perasaan
Sebagai seorang yang sudah memiliki pasangan, wajib bagi kita untuk saling menjaga perasaan pasangan kita masing-masing. Dengan cara tidak berbicara atau membicarakan sesuatu yang sekiranya akan menyinggung perasaan pasangan kita.

Berhati-hati dalam setiao tindakan dan perkataan yang sekiranya akan menyinggung perasaan.
8. Menjaga perekonomian
Maksud dari menjaga perekonomian ialah menjaga keadaan ekonomi keluarga agar tetap stabil. Kenapa demikian?. Karena faktor terbesar terjadinya pertengkaran rumah tangga rata-rata melibatkana keadaan ekonomi yang kurang baik. Maka dari itu, kita harus pintar-pintar mengatur pengeluaran dan menyesuaikan dengan keadaan yang ada.
9. Menjaga komunikasi
Komunikasi yang baik akan menciptakan sebuah keluarga yang selalu harmonis, karena dengan adanya kimunikasi yang baik membuat kita akan merasa nyaman. Segala sesuatunya bisa dihadapi bersama tanpa harus ditutupi. Membicarakan semua hal yang sekiranya memang harus dibicarakan. Jangan menyimpan segala sesuatunya sendiri.
10. Meluangkan waktu bersama
Ada baiknya untuk meluangkan waktu yang spesial dicelah-celah kesibukan yang ada. Atau istilahnya "Quality time" yah sekedar jalan-jalan atau berlibur menikamti masa-masa bersama atau mengenang waktu-waktu masih pacaran. Suapaya keadaan tetap fresh seperti layaknya pengantin baru.

Akhir Kata

Kesimpulannya untuk menciptakan sebuah keluarga yang harmonis memerlukan kerjasama dari kedua belah pihak. Dan sampai disini dulu untuk ulasana tentang menjaga keharmonisan dalam rumah tangga ini. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share yah. Temukan informasi lainnya di blog Pangulku. Terimakasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "10 Cara Ampuh Menjaga Keharmonisan Dalam Rumah Tangga"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel