5 Cara Agar Tidak Kehabisan Uang Di Akhir Ramadhan

Cara agar tidak kehabisan uang di  akhir ramadhan. Selama bulan ramdhan sering kali kita mengalami pengeluaran yang melonjak sangat jauh jika dibandingkan dengan bulan-bulan biasanya. Kenapa demikian?. Jawabannya karena saat ramadhan kita menjadi memiliki berbagai pengeluaran dadakan. Mulai dari segi konsumsi hingga ke yang lain-lainnya.

Nah, saat ramadhan berakhir adalah hari yang paling ditunggu-tunggu. Yaitu hari raya idul fitri puncak dari bulan ramdhan dan merupakan hari kemenangan bagi umat islam. Menjelang hari raya idul fitri biasanya orang-orang mulai berbondong-bondong untuk membeli barang mulai dari baju, celana, sepatu, sandal dll yang serba baru. Ini merupakan salah satu faktor yang membuat dompet kita kembali fitri di akhir bulan ramadhan.

cara agar tidak kehabisan uang di akhir ramadhan

Selain itu, banyak godaan yang datang saat kita menjalankan puasa. Seperti yang kita tahu ditempat kita kalau sudah memasuki bulan puasa, pasti banyak penjaja kuliner dadakan disepanjang jalan. Ini juga yang sering membuat kita gelap mata dan lebih memilih untuk membeli makanan diluar daripada capek-capek masak sendiri disaat puasa. Ini juga yang harus diperhatikan supaya dompet tidak kembali fitri di akhir ramdhan. Berikut adalah beberapa cara agar tidak kehabisan uang di akhir ramadhan.

Cara agar Tidak Kehabisan Uang Di Akhir Ramadhan Sehingga Lebaranpun Tenang

Kehabisan uang di akhir ramdhan sering kali terjadi pada siapapun. Karena pengeluaran yang sering tidak terkendali pada bulan itu. Oleh sebab itu kita harus mampu merencanakan segala sesuatunya sebelum atau menjelang bulan ramadhan berakhir. Bagaimana caranya?

Oke, langsung saja berikut adalah cara agar tidak kehabisan uang di akhir ramdhan.

1. Menghindari gelap mata
Di bulan ramadhan kita harus pandai-pandai melawan hawa nafsu. Salah satunya adalah menjaga mata agar tidak mengalami gelap mata. Gelap mata sangat sulit dihindari. Apalagi ketika sedang dihadapkan dengan berbagai pilihan makanan untuk berbuka puasa, ingin rasanya untuk membeli semua. Padahal saat waktu berbuka telah tiba, nafsu untuk memakannya pun sudah tidak ada lagi. Alhasil makanan menjadi mubazir.

Nah, ada baiknya kalau kita memasak makanan sendiri. Karena selain bisa lebih hemat, makanannya sudah pasti enak dan sehat.
2. Mencari diskon saat belanja
Menjelang akhir ramadhan sudah menjadi tradisi tersendiri bagi beberapa orang untuk selalu membeli pakaian baru dan sebagainya. Nah, saat bulan ramdhan sering kali kita menjumpai beberapa toko pakaian atau apapun itu yang menawarkan diskon besar-besaran. Ini dapat kamu manfaatkan untuk sedikit menyelamatkan keadaan dompet kamu.
3. Buat tabungan
Sebelum menghadapi akhir ramdhan yang super menguras dompet. Ada baiknya kamu harus sudah menyiapkan tabungan tersendiri yang dapat kamu gunakan untuk menghadapi terjadinya kekosongan di dompet kamu.
4. Mudik hemat
Nah, buat kamu yang lagi diperantauan atau jauh dari keluarga dan ingin mudik. Memilih cara mudik hemat bisa jadi pilihan yang sangat tepat untuk menjadikan dompet kamu tidak sepi pas akhir ramadhan. Caranya dengan membeli tiket dari jauh-jauh hari sebelum harga tiket mulai naik. Atau bisa juga kamu melakukan mudik join kendaraan dengan teman-teman kamu sehingga ongkos akan menjadi lebih ringan.
5. Membuat catatan pengeluaran dan penghasilan
Buatlah sebuah buku catatan yang berisi catatan pendapatan dan pengeluaran kamu. Nah, disitu kamu dapat mengatur jumlah pengeluaran kamu sesuai dengan pendapatan yang terter dibuku catatan kamu.

Lebaran Tenang dan Senang Karena Keuangan Yang Aman

Setelah kamu melakukan semua langkah-langkah diatas, keuangan kamu akan aman hingga akhir ramadhan. Sehingga kamu dapat merayakan lebaran dengan perasaan yang senang dan tenang. Karena kamu masih memiliki uang yang cukup. Dan biarkanlah hati saja yang kembali fitri, dompetnya jangan hehe.

Akhir Kata

Oke, sampai disini dulu artikel singkat tentang cara agar tidak kehabisan uang di akhir ramadhan. Semoga banyak memberi manfaat yah. Jangan lupa share dan tetap kunjungi blog Panggulku untuk mendapatkan informasi lainnya. Terimakasih.

Reny Saya hanya seorang pemalas yang selalu merindukan gajian tanpa bekerja.

Belum ada Komentar untuk "5 Cara Agar Tidak Kehabisan Uang Di Akhir Ramadhan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel