7 Cara Bijak Mengatasi Situasi Lebih Besar Pengeluaran Daripada Pendapatan

Mengatasi situasi lebih besar pengeluaran daripada pendapatan. Salah satu masalah yang masih menjadi momok bagi masyarakat adalah lebih besarnya pengeluaran ketimbang pendapatan setiap harinya. Hal ini sangat umum terjadi hampir pada setiap orang. Dan baru sebagian kecil saja yang sudah mulai bisa mengontrol pengeluarannya.

Apalagi jika seseorang sudah memiliki kebiasaan berbelanja. Nah, ini nih yang menjadi biang dari permasalahan ini. Jika sudah bicara tentang belanja pasti selalu indentik dengan wanita ya. Tapi tidak sepenuhnya wanita juga sih sebenarnya. Laki-laki kalau sudah doyan belanja bisa-bisa malah melebihi seorang wanita, dan harganya pasti lebih mahal-mahal sekedar menuruti hoby mereka.

cara mengatasi situasi lebih besar pengeluaran daripada pendapatan

Kembali lagi ke permasalahan lebih besar pengeluaran daripada pendapatan. Atau peribahasa mengatakan "lebih besar pasak daripada tiang". Banyak kesalahan dalam pengaturan keuangan yang dapat membuat pengeluaran Anda menjadi tidak terencana dengan baik. Sehingga menimbulkan masalah yang demikian.

Nah, disini saya akan berbagi sedikit solusi untuk mengatasi situasi lebih besar pengeluaran daripada pendapatan ini. Yang mungkin bisa sedikit membantu untuk mengatasi permasalahan dalam keuangan Anda. Baca juga cara mengatur keuangan dalam rumah tangga. Tentunya tetap di blog Panggulku.

Cara Mengatasi Situasi Lebih Besar Pengeluaran Daripada Pendapatan

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan permasalahan ini. Mungkin jika kita melihat orang-orang kaya itu terlihat santai dengan keuangannya. Tanpa takut dengan pengeluaran yang mereka keluarkan setiap hari.

Ada yang tau gak kenapa bisa begitu?

Pasti kalian menjawab begini " ya iyalah duit mereka kan banyak, jadi mau keluarin berapapun setiap harinya gak takut kehabisan duit jadi ya santai-santai saja". Iya sih, ada benarnya juga. Tapi coba kalian pikir, sekaya apapun orangnya kalau pengeluaran tidak terkontrol pasti lama-lama habis juga. Nah, berikut ini nih rahasia mereka untuk mengatasi situasi lebih besar pengeluaran daripada pendapatan.

1. Membuat catatan pendapatan
Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mencatat penghasilan Anda setiap bulannya. Dengan begitu Anda akan lebih jelas berapa rincian pendapatan Anda setiap bulannya.
2. Membuat catatan pengeluaran
Setelah Anda sudah jelas dengan jumlah pendapatan yang Anda dapat. Kini Anda dapat menentukan pengeluaran Anda setiap bulannya. Tentunya dengan cara menyesuaikan pengeluaran dengan pendapatan secara konsisten.
3. Merubah gaya hidup
Mungkin saat ini Anda masih dengan gaya hidup yang serba glamour. Nah, lebih baik dari sekarang Anda merubah gaya hidup Anda menjadi lebih sederhana atau yah menyesuaikan dengan keadaan keuangan yang Anda miliki.

Karena seperti kata pepatah " uangmu tidak akan cukup untuk menuruti gaya hidup kamu, tetapi uangmu pasti akan cukup untuk kamu hidup" begitulah kira-kira kata-katanya.
4. Menekan pengeluaran
Anda harus mampu menekan angka pengeluaran Anda. Sesuaikan dengan kebutuhan saja. Maksudnya begini, belanjalah atau belilah sesuatu yang sekiranya memang benar-benar dibutuhkan untuk kepentingan.

Jadi, dengan begitu angka pengeluaran akan sedikit teratasi. Karena tidak mudah gelap mata dengan membeli segala sesuatu yang kurang penting.
5. Mengontrol diri
Sebenarnya kunci dari semua permasalahan adalah ada pada diri sendiri. Jika kita mampu mengontrol diri kita makan akan terhindar dari yang namanya besar pengeluaran daripada pendapatan. Dengan begitu, Anda dapat dengan mudah mengatur keuangan Anda dengan baik.
6. Hati-hati dengan penggunaan kartu kredit
Adanya kartu kredit memang sangat membantu sekali bagi mereka yang gak mau ribet dengan bayar pakai uang secara langsung. Kartu kredit juga memungkinkan kita terhindar dari kecopetan.

Namun, dibalik mudahnya penggunaan kartu kredit. Ada hal yang paling mengerikan. Karena fasilitas kartu kredit yang tidak memberi batasan jumlah uang yang dibelanjakan membuat kita merasa bebas beli ini itu. Kita tidak akan merasa mengeluarkan uang. Namun pada saat tagihan sudah datang, disitulah kita baru menyadari pengeluaran yang ada. Maka gunakan kartu kredit Anda dengan sebijak mungkin.
7. Tambah pemasukkan
Cara terakhir untuk mengatasi keuangan Anda agar tetap stabil ialah dengan mencari pemasukan tambahan. Karena terkadang kita tidak pernah tau suatu ketika kita harus mengeluarkan pengeluaran yang lebih.

Dan pengeluaran tersebut tidak dapat ditekan. Dengan adanya pemasukkan tambahan ini akan sangat membantu stabilnya keuangan Anda.

Akhir Kata

Nah, demikian adalah ulasan singkat tentang cara mengatasi situasi lebih besar pengeluaran daripada pendapatan. Semua kembali ke diri kita sendiri tentang bagaimana kita mengontrol diri supaya dapat mengendalikan semua. Oke, sampai disini dulu, jangan lupa di share yah. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "7 Cara Bijak Mengatasi Situasi Lebih Besar Pengeluaran Daripada Pendapatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel