6 Cara Sukses Mengatur Keuangan Dalam Rumah Tangga

Cara mengatur keuangan dalam sebuah rumah tangga ini terbilang sangat penting. Kenapa saya katakan penting?. Iya, karena jika dalam sebuah keluarga keuangannya tidak ada yang ngatur, maka akan jadi berantakan.

Dan jika sudah berantakan apa yang akan terjadi?. Ya salah satunya akan menjadi sulit untuk mencapai atau mewujudkan sebuah keinginan.

Dalam sebuah rumah tangga, tentunya pengeluaran akan sangat jauh berbeda jika dibandingkan ketika masih sendiri. Jika masih sendiri, ketika menginginkan sesuatu bisa saja langsung dibeli tanpa mikir yang lainnya.


Nah, dan ketika sudah berkeluarga, ketika menginginkan sesuatu yang disukai sebelum membelinya pasti mikir-mikir dulu karena pasti ada saja keperluan lainnya yang lebih penting.

Dan saat itulah dengan berat hati, kamu harus mengubur dalam-dalam keinginanmu untuk membeli sesuatu yang kamu sukai tersebut. Ini nih salah satu pentingnya mengatur keuangan dalam rumah tangga kamu.

Pentingnya Mengatur Keuangan Dalam Rumah Tangga

Ada beberapa point penting atau manfaat dari mengatur keuangan dalam rumah tangga ini. Dan tentunya akan sangat berguna untuk kehidupan kamu.

Beberapa manfaat yang saya anggap sangat berpengaruh dari mengatur keuangan ini adalah sebagai berikut .

  • Mewujudkan keinginan

Dengan adanya pengaturan keuangan dalam rumah tangga ini akan membuat kamu dapat memilah-milah mana yang penting dan seberapa pengeluaran yang seharusnya kamu keluarkan. Katakanlah dalam waktu 1 bulan, kamu bisa membagi penghasilan kamu menjadi beberapa bagian. Antara untuk konsumsi dan kebutuhan lainnya. Sehingga kamu dapat menyisihkan sebagian untuk keperluan lain seperti mewujudkan sesuatu seperti membeli apapun itu yang sudah direncanakan.

  • Tabungan

Ketika kebutuhan untuk 1 bulan sudah disiapkan, sisanya bisa ditabung untuk kebutuhan kedepannya. Karena dalam sebuah keluarga itu kita diwajibkan untuk memiliki tabungan untuk kebutuhan yang tidak terduga.

  • Hemat

Jika keuangan sudah diatur, maka dapat menghemat keuangan kamu. Contohnya, jika kamu sudah menetapkan target dalam waktu 1 bulan untuk mengeluarkan pengeluaran sekian, maka kamu akan merasa terbiasa dan enggan untuk menambah pengeluaran lain jika memang tidak terlalu penting.

Sepertinya itu dulu contoh kecil dari manfaat mengatur keuangan dalam rumah tangga. Nah, lalu bagaimana caranya untuk mengatur keuangan tersebut?. Berikut jawabannya.

Cara Mengatur Keuangan Dalam Rumah Tangga

Sebenarnya banyak cara untuk mengatur keuangan dalam sebuah rumah tangga. Namun disini saya hanya akan membagikan beberapa cara saja yang menurut saya mudah untuk dilakukan .

cara mengatur keuangan

Katakanlah dalam sebuah keluarga kecil terdiri dari 3 orang. Yaitu, bapak, ibu dan anak. Dan posisi anak dalam keadaan sudah masuk sekolah. Berikut solusi yang mampu saya bagikan.
1. Jadikan istri sebagai mesin pengatur uang
Kenapa begitu, karena dalam sebuah keluarga peran seorang istri itu sangatlah penting, seorang istri lebih dikenal karena telitinya dalam membeli sesuatu begitu juga jika sudah berurusan dengan uang. Dan seorang istri harus mampu menjadi mesin pengatur keuangan di rumah tanggannya dengan baik.
2. Saling memberi kepercayaan
Jika sepasang suami istri sudah saling mempercayakan keuangannya untuk dikelola oleh satu orang, maka keadaan akan menjadi stabil. Dan jika sudah diberi kepercayaan, maka harus dimanfaatkan dengan baik.
3. Membagi penghasilan menjadi beberapa bagian
Seperti yang sudah saya bahas diatas. Kamu harus bisa menetapkan pengeluaran dalam waktu 1 bulan, dengan perincian yang tepat. Contohnya, menetapkan pengeluaran konsumsi dalam waktu 1 bulan, pengeluaran untuk anak, pengeluaran lain-lain. Jika kamu sudah membaginya maka kamu juga bisa menyisihkan beberapa untuk ditabung.
4. Memilih kebutuhan yang benar-benar penting
Usahakan untuk selalu mengeluarkan uang untuk urusan yang penting-penting saja dengan kata lain tidak membeli segala sesuatu yang hanya untuk memenuhi keinginan dan bukan seusai kebutuhan.
5. Gaya hidup seadanya
Yang saya maksud gaya hidup seadanya adalah, dengan tidak terlalu mengikuti trend-trend yang kekinian, karena jika kamu hanya mengikuti gaya hidup maka seberapapun uang kamu tidak akan cukup.
6. Membuat rincian
biasakan untuk membuat list kebutuhan kamu setiap bulannya. Sehingga segala kebutuhan bisa terperinci dengan baik.

Nah, jika sudah begitu maka pengeluaran uang kamu bisa lebih teratur dan dijamin bisa tepat sesuai sasaran .

Saran

Dalam sebuah rumah tangga, haruslah dilandasi rasa saling percaya. Seperti halnya dalam mengatur keuangan ini. Karena dengan begitu, rasanya untuk mewujudkan sebuah keluarga yang bahagia tidaklah lagi terasa sulit. Dan mengingat dalam sebuah keluarga keadaan ekonominya selalu menjadi sorotan utama dimanapun itu.

Oke, demikian adalah beberapa tips yang mampu saya bagikan seputar 6 cara sukses mengatur keuangan dalam rumah tangga. Semoga bermanfaat yah. Dan terus kunjungi blog Panggulku untuk mendapatkan informasi lainnya. Terimakasih
Reny Saya hanya seorang pemalas yang selalu merindukan gajian tanpa bekerja.

Belum ada Komentar untuk "6 Cara Sukses Mengatur Keuangan Dalam Rumah Tangga"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel