Cara Membuat Keripik Pisang Sale Garing

Hay semuanya, apa kabar nih?. Masih setia dengan blog Panggulku kan. Nah, kali ini saya akan membahas seputar kuliner lagi nih sobat. Kuliner yang tentunya khas dari negara tercinta kita ini. Kuliner yang akan saya bahas kali ini adalah tentang Keripik pisang sale. Wah, cocok nih buat dijadiin temen ngopi, atau bisa juga buat santai.



Iya, benar sekali sobat. Keripik pisang sale ini termasuk dalam jenis camilan atau kudapan yang 100% terbuat dari pisang. Sudah dijamin sehatnya tentunya. Ini bisa jadi pilihan yang baik nih buat kamu yang lagi bingung cari camilan yang sehat. Karena seperti berita yang sedang marak beredar dimasyarakat sekarang banyak makanan yang ditambah dengan bahan pengawet termasuk makanan dalam bentuk camilan sekaligus. Ihh serem juga ya, mau makan camilan saja sekarang harus pinter-pinter milih nih sobat, tidak bisa langsung ambil asal enak.

Tapi tenang saja sobat, diantara penjual nakal yang berusaha berbuat curang tersebut pasti ada kok yang masih berjualan dengan jujur. Atau lebih baik kamu buat camilan kamu sendiri, biar lebih jelas keamanannya dan pasti lebih enak. Contohnya seperti sale pisang ini, kamu bisa buat sendiri dirumah karena caranya sangat mudah dengan bahan yang simpel.

Cara Membuat Keripik Pisang Sale

Cara membuat sale pisang tanpa tepung ini sebenarnya lebih mudah dan praktis sobat. Pastinya cocok nih buat kamu yang masih pemula dalam urusan dapur. Kamu hanya perlu menyiapkan beberapa bahan saja.



Bahannya pun mudah sekali didapatkan. Hanya membutuhkan tehnik yang pas maka akan menghasilkan keripik yang enak. Nah, langsung saja yuk masuk ke proses pembuatannya.

Bahan-bahan

  • Pisang kepok/pisang tanduk yang setengah matang
  • Minyak goreng
  • Air kapur

Cara membuat

  • Pertama-tama kupas dulu pisang yang sudah disiapkan. 
  • Lalu iris-iris tipis, agar saat digoreng bisa cepat kering. Setelah itu cuci menggunakan air kapur. 
  • Kemudian tiriskan. 
  • Siapkan penggorengan dan tentunya dikasih minyak secukupnya saja. 
  • Setelah minyak panas, masukkan pisang. 
  • Dan goreng hingga berwarna kuning sedikit kecoklatan, ingat lho ya hanya sedikit kecoklatan kalau terlalu coklat nanti takutnya itu bukan keripik pisang lagi tapi lebih tepatnya pisang coklat gosong hehe. 
  • Sebenarnya proses penggorengan ini bisa juga digantikan dengan cara dioven. 
  • Jika sudah, angkat pisang dan pisahkan pisang yang menggumpal selagi masih panas. Karena jika dipisahkan ketika sudah dingin keripik akan hancur. 
  • Dan keripik pisang sale sudah siap untuk dinikmati.


Olahan Lain Dari Pisang Sale

Selain dibuat keripik, pisang sale ada juga yang digoreng dengan menggunakan tepung sebagai pelapisnya . Meskipun sama-sama menggunakan nama pisang sale, namun kedua jenis camilan ini berbeda. Karena pada pisang sale yang ini, pisang harus melakukan penjemuran terlebih dahulu dan biasanya irisan pada pisang dibuat sedikit tebal.



Dan seiring berjalannya waktu, pisang sale ini juga sudah memiliki beberapa varian rasa, seperti keju dan rasa bawang. Karena persaingan yang semakin banyak adanya camilan-camilan modern yang semakin berdatangan. Sehingga membuat varian rasa dari pisang sale bisa dianggap menjadi solusi untuk menghadapi persaingan dalam bidang Kuliner.

Kota Asal  Sale Pisang

Banyak kota di Indonesia yang mengakui bahwa pisang sale ini adalah jajanan khas dari kota tersebut. Tapi faktanya sale pisang ini merupakan makanan khas dari Karangpucung dan Majenang yang berada di Kabupaten Cilacap Jawa Tengah. Dan kini, sale pisang ini pemasaranya sudah mencapai pasar internasional. Wah, hebat juga ya sale pisang ini.

Tidak heran jika sale pisang bisa disukai banyak orang hingga ke mancanegara. Karena sale pisang ini memiliki rasa manis yang pas yang didapatkan dari pisang ini sendiri.

Demikian adalah ulasan singkat tentang Cara membuat keripik pisang sale garing. Semoga bermanfaat yah. Jangan lupa like dan share. Terimakasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Membuat Keripik Pisang Sale Garing"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel