34 Manfaat Buah Mengkudu/Pace Untuk Mengobati Penyakit Dan Kesehatan

Manfaat buah mengkudu, yaps siapa yang tidak tau dengan segudang manfaat dari buah yang satu ini. Buah mengkudu menyimpan segudang manfaat yang baik untuk tubuh kita. Mungkin sebagian orang enggan untuk makan buah yang satu ini, karena aroma yang dihasilkan dari buah yang satu ini sedikit kurang bersahabat dengan hidung kita hehe.

Nah, buat kamu yang tidak suka mengkonsumi buah ini, lebih baik simak dulu deh artikel yang saya buat kali ini tentunya masih di blog Panggulku jangan pindah kelain hati ya. Dijamin setelah ini kamu bakalan suka dengan si buah mengkudu ini. Karena banyak manfaat yang bisa diambil dari buah mengkudu ini, dan salah satu manfaatnya mungkin sedang kamu butuhin nih. Banyak macam-macam buah mengkudu yang bisa ditemukan di dunia, namun hanya 20 jenis saja yang dapat dikonsumsi, dan selebihnya merupakan buah memgkudu yang beracun yang tentunya sangat berbahaya jika dikonsumsi.



Buah mengkudu ini merupakan tanaman asli dari Asia Tenggara. Buah mengkudu ini juga sering disebut juga dengan nama buah pace. Biasanya buah mengkudu bisa dimakan dengan cara dibuat rujak buah, jus bahkan bisa juga lho digunakan sebagai sayur. Jangan tanya rasanya, yang penting kan khasiatnya untuk Kesehatan. Buah mengkudu memiliki bentuk yang sedikit lonjong atau hampir menyerupai bentuk buah sirsak dan memiliki bintik dipermukaan kulitnya.

Ciri-ciri Dari Buah Mengkudu

Buah mengkudu memiliki beberapa ciri-ciri yang sangat mudah untuk diingat. Wah, cocok nih buat kamu yang belum begitu mengetahui bentuk buah mengkudu ini. Ciri-ciri dari buah mengkudu adalah.

  • Buah ini memiliki pohon yang tidak terlalu tinggi, tingginya hanya akan mencapai sekitar 4 hingga 6 meteran saja. Dan pohonya sedikit kasar dengan warna kecoklatan. 



  • Daun buah mengkudu ini memiliki daging daun yang tebal, dan barisannya saling berhadapan antara daun sebelah kanan dan daun sebelah kiri. 



  • Bunga yang terdapat pada buah ini berbentuk corong yang memiliki diameter sebesar 1,5 cm.



Tidak sulit untuk menjumpai tanaman ini, karena sekarang juga sudah banyak masyarakat yang menanam buah mengkudu atau pace ini. Dan buahnya bisa juga kamu dapatkan di toko buah.

34 Manfaat Ajaib Dari Buah Mengkudu




Buah mengkudu memiliki segudang manfaat yang dapat mengembalikan kesehatan pada tubuh, karena buah ini memiliki kandungan berbagai zat dan nutrisi yang baik untuk tubuh kita. Untuk mendapatkan khasiat dari buah mengkudu juga sering dimakan secara langsung bagi mereka yang menyukainya. Atau bisa juga direbus, dan diambil sarinya. Ada juga yang memfermentasi buah ini hingga menghasilkan cairan yang dihasilkan dari buah ini, atau disebut dengan sari buah. Adapun manfaat dari buah ini antara lain.

  1. Melancarkan pencernaan 
  2. Menurunkan tekanan darah tinggi 
  3. Mencegah kanker 
  4. Anti inflamasi  
  5. Meredakan sakit kepala 
  6. Meningkatkan sistem imun 
  7. Menghilangkan sakit kuning 
  8. Mngobati diabetes 
  9. Meredakan batuk 
  10. Menyembuhkan peradangan usus 
  11. Mengobati asam urat 
  12. Mengobati penyakit gondok 
  13. Melancarkan peredaran darah 
  14. Menangkal radikal bebas 
  15. Mengobati radang lambung 
  16. Mengobati infeksi
  17. Mengobati keracunan makanan 
  18. Mengobati radang kulit 
  19. Mengobati desentri 
  20. Mengobati sakit gigi 
  21. Meredakan demam 
  22. Mengurangi rasa sakit 
  23. Mengobati sakit gigi 
  24. Meningkatkan energi 
  25. Menyembuhkan borok 
  26. Mengobati tumor 
  27. Menyehatkan tulang 
  28. Mengobati luka bakar 
  29. Menghilangkan kulit bersisik 
  30. Radang tenggorokan 
  31. Bronkitis 
  32. Menurunkan kolestrol 
  33. Anti bakteri 
  34. Menyembuhkan ambeien.

Kandungan nutrisi dalam buah mengkudu ini juga sangat bermanfaat bagi tubuh kita, selain mampu mengatasi berbagai penyakit seperti diatas. Buah ini juga mampu menjaga kesehatan kita dari paparan radikal bebas penyebab kanker.

Berbagai Kandungan Yang Ada Pada Buah Mengkudu 

Berdasarkan penelitian, beberapa kandungan zat yang terdapat paada buah mengkudu ini mampu memerangi bakteri penyebab penyakit itu sendiri. Contohnya seperti kandungan antioksidan pada buah  yang mampu melawan atau memerangi penyakit tumor.



Dan kandungan zat lainnya yang sangat baik untuk kesehatan adalah sebagai berikut.

  • Zat anti kanker 

Buah pace memiliki kandungan zat yang sering disebut sebagai zat anti kanker. Kenapa demikian, karena zat ini mampu melawan sel-sel abnormal yang merupakan salah satu gejala dari munculnya penyakit kanker.

  • Nutrisi

Kandungan nutrisi pada buah mengkudu atau pace ini sangat lengkap. Contohnya adalah. Mineral Protein Vitamin Antioksidan Selenium Berbagai kandungan senyawa aktif.

  • Zat terpenoid
Zat ini berfungai sebagai pemulih sel-sel tubuh yang sedang sakit melalui proses sintesis organic.

  • Zat anti bakteri

Berikut adalah beberapa jenis bakteri yang mampu dibunuh menggunakan buah mengkudu atau pace ini. Shigella dusenteriae S.typhi Salmonella E coli Bacilus subtilis Protens morganii Scotmuelleri S.pradysenteriae Staphylococcus aureus Pseudomonas aeruginosa. Bakteri tersebut merupakan bakteri yang dapat menyebabkan  infeksi.

  • Scolopetin 

Zat ini adalah zat mampu menyembuhkan segala jenis peradangan dan alergi.

  • Asam kapril 
  • Asetil 
  • Serat 
  • Xeronine dan Proxseronine 
  • Moridone 
  • Zat bioaktif 
  • Metil .

Wah lengkap sekali kan sobat kandungan zat yang ada pada buah ini. Meskipun banyak yang tidak suka dengan aromanya jika manfaat dan kandungannya seperti diatas rasanya rugi ya kalau kita tidak mengkonsumsi buah ini.


Hindari Mengkonsumsi Buah Mengkudu Jika Anda Termasuk Orang Dibawah Ini

Meskipun buah mengkudu memiliki segudang manfaat, namun tetap saja ada efek samping yang kurang baik bagi beberapa kelompok orang tertentu. Ini disebabkan karena adanya kandungan zat-zat yang kurang baik dikonsumi oleh beberapa oranh tertentu.



Berikut adalah orang-orang yang dianjurkan agar tidak mengkonsumsi buah mengkudu beserta alasannya.


  • Orang yang sedang mengidap penyakit ginjal

Kandungan kalium yang sangat banyak dalam buah mengkudu inilah yang sangat berbahaya bagi kesehatan orang yang sedang memiliki riwayat sakit ginjal.

  • Wanita yang sedang hamil dan menyusui
Buah mengkudu sangat berbahaya bagi keselamatan janin yang sedang dikandung, karena seperti yang kita tau, buah mengkudu sering digunakan sebagai bahan untuk proses aborsi.

  • Penyakit liver

Buah ini sangat tidak dianjurkan dikonsumsi oleh penderita fungsi hati. Karena ini sangat berbahaya untuk kesehatan para pemilik riwayat penyakit hati.

Penutup

Nah, gimana sobat. Setelah tau beberapa informasi tentang buah ini, masihkah kamu tidak suka dengan buah ini. Yah, memang sih aromanya banyak yang tidak suka. Tapi jika manfaatnya sebanyak itu, tidak mungkinlah kalau kamu mau melewatkan buah yang satu ini.

Awalnya tidak suka, lama-lama pasti suka kok. Kayak kamu sama dia hehe. Malah tidak mau pisah-pisah kalau sudah suka. Kata pepatah jawa mengatakan, "witing tresno jalaran soko kulino" atau yang artinya suka karena kebiasaan. Nah kalau untuk buah mengkudu ini aku juga punya pepatah nih. "Witing tresno jalaran soko manfaat"  atau suka karena manfaatnya. Hahaha kurang nyambung ya kata-katanya, sambung saja sana pakek lem G😅.

Oke, sampai disini dulu ya sobat. Ulasan singkat tentang Segudang manfaat buah mengkudu / pace untuk mengobati penyakit dan kesehatan. Semoga bermanfaat yah. Jangan lupa like dan share. Terimakasih😉.

Belum ada Komentar untuk "34 Manfaat Buah Mengkudu/Pace Untuk Mengobati Penyakit Dan Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel