Cara mengukur Seo pada blog kita dengan 3 tool ini

Cara mengukur Seo pada blog kita. SEO atau search engine optimization. Bahasa sederhananya sih teknik untuk menempatkan blog atau situs halaman depan pencarian. Lalu bagaimana cara mengukur blog sobat?

Ada banyak sekali dasar-dasar SEO yang perlu diketahui oleh blogger seperti sobat dan juga saya tentunya.


Secara perlahan-lahan saya mulai belajar sedikit banyak tentang berbagai jurus sakti SEO meskipun itu jauh diluar keahlian saya. Sampai detik inipun saya masih belajar berbagai hal yang kurang saya mengerti mengenai SEO.

Saya dulu pernah bertanya-tanya pada diri saya sendiri, dari mana ya kita tahu blog kita SEO atau tidak?

Eh, ternyata ada banyak sekali tools yang bisa digunakan sebagai cara mengukur SEO blog.

Setelah browsing kesana-kemari, saya akhirnya menemukan tiga tools gratisan ini yang bisa membantu memperbaiki dan meningkatkan SEO pada blog sobat.

CARA MENGUKUR SEO BLOG DENGAN SEO TOOLBOX


Tool gratisan SEO Toolbox ini dari Seositecheckup.com.

Sobat bisa menggunakan tools gratis ini satu kali tes untuk per harinya. Atau sobat bisa mendaftar (register) dan mendapatkan 15 tes gratis per hari.

Proses registrasinyapun sangat singkat, sekitar tiga detik.

Salah satu yang disoroti adalah ada tidaknya meta deskripsi pada laman blog sobat.

Sebenarnya, meta deskripsi bukan faktor langsung sebagai penentu ranking blog sobat. Karena Google biasanya akan membuat deskripsi sendiri jika sobat memang tidak mengisinya.

Meski begitu, meta deskripsi cukup penting secara tidak langsung mempengaruhi jika seseorang mengeklik hasil penelusuran sobat. Dan itu cukup penting untuk optimalkan pencarian.

Dengan SEO Toolbox ini, sobat akan dapat melihat kekurangan apa saja yang harus segera sobat perbaiki untuk meningkatkan SEO blog sobat.

Misalnya, site map. Apabila hasil pencarian dari ToolBox mengatakan bahwa sobat tidak memiliki sitemap, maka sobat harus segera memperbaikinya.

Yang membuatnya praktis adalah karena ada tombol'How to Fix' yang bisa diklik dan membantu sobat mengenai apa langkah yang harus sobat lakukan untuk memperbaikinya.

CARA MENGUKUR SEO BLOG DENGAN SEO OPTIMER


SEO Optimer mungkin adalah kepanjangan dari Search Engine Optimer. Saya akan mencoba melakukan tes pada blog ini juga. Meskipun blog ini acak adut dan tidak ber-SEO, maka blog saya ini bisa dijadikan percobaan.

Saya sendiri sangat menyukai grafik visual dari situs ini. Hasil grafiknya menunjukkan beberapa hal seperti informasi load blog (kecepatan halaman), respon server, script, hingga total page size.

Visualisasi hasil juga menunjukkan beberapa kategori seperti bahaya, warning, dan yang dianggap mereka sangat bagus.

Karena memang tak bertujuan untuk SEO, maka nilai SEO Optimer blog saya juga tidak begitu bagus dan memiliki banyak tanda 'X' yang artinya belum dimiliki atau dimaksimalkan oleh blog.

CARA MENGUKUR SEO BLOG DENGAN WOORANK


Sudah tidak asing kan dengan yang satu ini?

Ya, ini adalah tools cara mengukur SEO blog yang cukup sering digunakan, terutama mereka yang memilih chrome sebagai browser utama mereka.

WooRank adalah salah satu tools SEO yang bisa dipasang di chrome extension. Pastinya, ini akan mempermudah Anda untuk mengukur tingkat SEO blog Anda maupun kompetitor Anda.

Hasil pencarian dari WooRank hampir sama dengan yang lain, hanya saja keunggulannya adalah pada chrome extension sehingga cara mengukur SEO blog menjadi lebih mudah.

Sekian dulu tentang Cara mengukur Seo pada blog kita semoga apa yang saya bigikan bisa bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Cara mengukur Seo pada blog kita dengan 3 tool ini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel