Apa Saja Perbedaan Ayam Potong Dan Ayam Petelur?


Perbedaan ayam potong vs ayam petelur. Sudah tidak asing lagi bagi kita jika mendengar 2 jenis ras ayam ini. Kedua ayam ini sama - sama menjanjikan keuntungan yang besar jika kita jadikan sebagai peluang usaha. Tapi tentunya ada beberapa perbedaan antara ayam petelur dan ayam potong ini. Secara jika dilihat dari jenisnya saja sudah berbeda. Dan tentunya hasil yang akan didapatkan juga pasti berbeda. Tapi keduanya merupakan pilihan para pebisnis ternak karena selain mudah perawatanya dan juga bisa dimulai dengan modal kecil, ayam potong dan ayam petelur adalah jenis hewan ternak yang sangat cepat masa panenya. Sehingga para perintis bisnis baru lebih suka mengembangkan bisnis ternak ayam daripada ternak hewan yang lainya. Dan disetiap peternakan antara ayam potong dan ayam petelur juga memiliki bentuk kandang yang berbeda, karena jika pada ayam petelur kandang harus disesuaikan, dengan memberi sekat agar mudah saat pengambilan telurnya. Selain itu masih banyak perbedaan yang terdapat dari kedua ayam ini, sebagai berikut perbedaanya:


Beberapa Perbedaan Antara Ayam Potong dan Ayam Petelur.

Ada beberapa perbedaan antara ayam potong dan ayam petelur. Disni saya akan memberikan sedikit informasi singkat tentang perbedaan keduanya. Dua jenis ayam ini adalah jenis ayam yang paling banyak dibudidayakan di Indonesia sebagai bisnis industri besar maupun hanya bisnis rumahan. Ayam potong atau ayam pedaging (broiler) memiliki keunggulan berat badan yang berkembang secara cepat dan begitupun juga ayam petelur atau sering disebut juga dengan ayam merah, ayam ini juga memiliki keunggulan yaitu ayam yang bisa menghasilkan telur setiap harinya. Namun dari semua persamaan yang ada tetap saja ada beberapa perbedaan yang dimiliki oleh kedua ayam ini yang tidak dipunyai oleh satu sama lainya. Setiap ayam memiliki kelebihan dan kekurangan masing- masing.  Adapun perbedaanya adalah sebagai beirkut:

1. Ayam potong

Ayam potong atau sering disebut juga dengan ayam broiler. Adalah ayam yang kini menjadi primadona dalam kalangan perintis bisnis dalam bidang peternakan. Ayam potong memiliki bulu yang berwarna putih dengan ukuran yang besar dan biasanya yang diambil adalah dagingnya untuk konsumsi sehari hari. Dan juga banyak sekali restoran yang selalu melengkapi menunya dengan makanan berbahan ayam ini. Dan yang sepweti kita lihat, bisnis makanan seperti restauran atau sejeninya kini sudah mulai menjamur dan semakin bertambah banyak. Ini merupakan peluang besar bagi para pebisnsis ternak yama potong. Bahkan jika kita hanya mengandalakan daging ayam dari dalam negeri saja rasannya masih kurang jika untuk memenuhi semua kebutuhan seluruh restauran di Indonesia. Jenis ayam potong ini dapat dipanen dari sejak usia 21 hari, sehingga sebisa mungkin kita bisa selalu mempunyai stok untuk dijual tanpa nunggu lama.

2. Ayam petelur

Ayam petelur juga gak kalah terkenalnya dikalangan pebisnis Indonesia. Ayam petelur juga merupakan peluang bisnis yang sangat menjanjikan. Seperti namanya ayam petelur biasanya dipelihara untuk menghasilkan telur yang berkualitas. Nah, itulah sebabnya kenapa ayam petelur merupakan bisnis yang menjanjikan karena telur merupakn kebutuhan pokok setiap ibu rumah tangga dan hampir setiap hari telur ayam ini berperan penting didapur maupun di industri pembuatan kue. Sehingga permintaan telur ini akan semakin meningkat mengikuti kemajuan jamanya. Ayam petelur memiliki bulu berwarna merah kecoklatan jika dilihat dari ukuranya ayam petelur cenderung lebih kecil dibandingkan dengan ayam potong.

Keunggulan dan Kelemahan

Seperti yang kita ketahui dari dulu. Semua yang ada di dunia ini semua pasti memiliki keunggulan dan kelemahan masing - masing. Tidak terkecuali dengan ayam potong dan juga ayam petelur ini. Ayam jenis petelur memiliki ketahanan tubuh yang lebih kuat daripada ayam potong, ayam petelur lebih mudah dikembangkan . Sedangkan ayam potong juga memiliki keunggulan masa panen yang lebih cepat. Meskipun begitu kedua ayam ini tetap menjadi rekomendasi bagi para pebisnis yang ingin memulai usaha ternaknya. Kedua ayam ini memiliki keunggulan yamg sama- sama digemari oleh banyak masyarakat dan juga sudah menjadi kebutuhan pokok masyarakat Indonesia. Oleh karena itu kenapa bisnis teenak ayam potong dan ayam petelur ini dibilang bisnis yang sangat menjanjikan keuntunganya yang melimpah.

Nah, gimana sobat?, bisnis mana yang akan kamu pilih, ayam potong atau ayam petelur? Apapun pilihan usahanya jika ditekuni pasti akan berujung kesuksesan. Dan semoga di artikel singkat tentang Apa saja perbedaan ayam potong dan ayam petelur ini bisa bermanfaat bagi Anda. Untuk membangun sebuah bisnis baru dengan bertemakan dalam dunia peternakan. Tidak ada salahnya untuk Anda mencoba segala hal yang baru. Karena kita tidak pernah tau keberuntungan kita berada dimana dan melalui perantara apa. Terimakasih

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Apa Saja Perbedaan Ayam Potong Dan Ayam Petelur?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel