Cara Meningkatkan Ranking Website dan Popularitas di google

Meningkatkan Ranking Website dan Popularitas di google. Apakah sobat sedang berusaha meningkatkan ranking website di SERP? Ya, kita semua setuju pentingnya mendapatkan trafik dari Search Engine optimization seperti Google.

Dan ini hanya dapat diperoleh jika punya ranking yang baik di halaman hasil pencarian (SERP). Itulah sebabnya sebagian besar teman-teman blogger berusaha mengoptimalkan situs dari sisi On Page saja dan mengabaikan SEO Of Page.

Namun penting diketahui, masih banyak faktor lain yang mempengaruhi tingkat visibilitas sebuah situs di laman hasil pencarian.Salah satunya reputasi dan popularitas.Kok bisa? Prinsipnya sama dengan selebritis.

Coba saja ketikkan sebuah nama di pencarian Google. Semakin populer sebuah nama semakin banyak jumlah halaman web yang merujuk ke nama tersebut. Seperti halnya produk atau selebritis, demikian halnya dengan web, harus mampu merebut hati pengguna, popularitas juga faktor penting untuk meningkatkan ranking website di laman hasil pencarian (SERP).

SEO tidak hanya untuk mendapatkan pengunjung berkualitas dari mesin pencari namun juga optimalisasi web agar lebih dikenal dan populer. Pada dasarnya SEO dikategorikan dalam dua bagian:

  • SEO On Page
  • SEO Off Page

SEO On Page menjadikan situs Andasearch engine friendlysementara SEO Off Page meningkatkan popularitas website dari luar.

9 dari 10 blogger fokus pada optimasi on-page, berusaha mengoptimalkan situs mereka agar lebih search engine friendly dan mengabaikan SEO Off Page.

Itulah sebabnya mengapa mereka selalu berusaha keras untuk mendapatkan trafik dari mesin pencari dan mengabaikan dari media lain.Jika Anda termasuk salah satunya, mulailah memusatkan perhatian pada SEO Off Page.

Apa itu SEO Off Page?

SEO Off Page adalah proses optimalisasi yang dilakukan dari luar website untuk mempengaruhi ranking di halaman hasil pencarian (SERPs). Tindakan ini mempengaruhi persepsi pengguna agar situs lebih populer, relevan, tepercaya dan memiliki otoritas.

Proses dilakukan di tempat-tempat terkemuka lainnya di Internet (halaman situs, media sosial, dll.) yang terhubung ke atau mempromosikan situs Anda dan secara efektif.

Berdasarkan link yang dimiliki web Anda, mesin pencari beranggapan bahwa Anda memiliki konten yang berkualitas.

Hal ini memberitahu Google apa pendapat orang lain tentang situs Anda.

Backlink memang sangat penting untuk SEO. Sayangnya, sebagian besar orang beranggapan backlink adalah segalanya.

Padahal masih banyak faktor lain yang mempengarui peringat website di SERP diantaranya sebagai berikut:


  • Metrik media sosial (like Facebook, pin Pinterest, Tweet dll)
  • Keterlibatan pengguna (komentar)
  • Social Bookmark Forum posting dan banyak faktor lainnya.
Jika ingin meningkatkan peringkat pencarian dengan menggunakan SEO Off Page, panduan ini dapat sobat jadikan acuan untuk menerapkannya.

Mari selami lebih dalam optimasi SEO Off Page untuk meningkatkan Ranking Wesite Anda di SERP :

1. Bangun Backlink Ke Situs Sobat

Tahukah sobat 99% situs yang berada di peringkat teratas pada hasil pencarian Google setidaknya memiliki 1 backlink yang mengarah ke mereka?

Backlink yang merujuk ke nama domain web sobat merupakan faktor penting yang mempengaruhi ranking di halaman hasil pencarian.

Tanpa backlink, tidak mungkin untuk mendapatkan peringkat di halaman satu hasil pencarian. Bergantung dari banyaknya, seberapaberkualitas, dan relevansi konteksnya antara backlink yang merujuk ke halaman web sobat.

Ketika Google merambah halaman-halama web, Google akan mengindeks setiap halaman baru dan menyimpan dalam database mereka untuk ditampilkan ketika ada pencarian yang relevan.

Google menggunakan algoritma pencarian untukmenentukan halaman mana yang akan diberi peringkat.Ini yang disebut dengan faktor peringkat Google dalam terminologi SEO.

Berikut faktor penting yang menjadi pertimbangan Google untuk menentukan peringkat:

Jumlah domain Jumlah domain yang melink ke domain Anda. Backlink dari halaman situs peringkat tinggi.

Backlink dari halaman web pagerank tinggi lebihbanyak daripada link dari laman PR rendah. Usahakan untuk mendapatkan link dari halaman PR tinggi.

Jumlah halaman yang me-link ke situs Sobat. Usahakan untuk memiliki banyak backlink dari banyak domain bukan dari satu domain.

Backlink dari Domain Authority. Satu backlink dari halaman situs Pagerank tinggi lebih baik dari pada banyak link dari halaman Pagerank rendah.

Jumlah link dofollow. Google secara resmi menyatakan bahwa tidak akan menghitung link nofollow.

Link dengan anchor teks. Link kontekstual dari dalam laman konten lebih diutamakan.

Link dari laman beranda. Link dari beranda domain lebih bernilai daripada yang ada di salahsatu halaman situs.Link Yang Relevan.

Link dari halaman yang relevan dengan topik halaman sobat lebih diutamakan mesin pencari.

Google melihat situs Anda lebih layak diberi peringkat jika memiliki banyak backlink dari domain otoritas.

Google menganalisa link yang merujuk ke situs Anda seperti sumber backlink, kualitas backlink, dan berapa umur backlink dan lain-lain.

2. Maksimalkan Penggunaan Media Sosial

Media Sosial adalah teknik baru untuk meningkatkan SEO. Penggunaan media sosial yang efektif tidak hanya mendongkrak popularitas namun juga kualitas SEO.

Google mendeteksi seberapa sering Anda membagikan konten ke media sosial, berapa banyak orang berinteraksi dan membagikan konten Anda.Dan yang paling penting apakah tersedia fitur sharing ke media sosial di website Anda?

Cari target audiens dan bergabung dalam grup-grup komunitas yang relevan dengan niche Anda di media sosial seperti Facebook, lingkedinatau pinterest.

Pengguna relevan adalah pengguna yang memiliki minat sesuai dengan topik yang dijual. Hal ini akan sangat membantu sobat terhubung langsung dengan pengguna potensial.

Dengan berkontribusi secara teratur dalam diskusi sedikit demi sedikit akan mengangkat brand Anda di dunia online.

Belakangan orang tidak hanya menggunakan Google, mereka juga menggunakan media sosialuntuk mencari apa yang diinginkan.

Saat ini jika orang ingin mengetahui lebih banyaktentang sebuah brand, mereka akan mencari kehadiran brand tersebut di Twitter, Facebook dan media sosial lainnya.Oleh karena itu perlu dipertimbangkan untuk memanfaatkan pencarian yang dilakukan lewat media-media sosial.

Dalam sebuah studi yang dilakukan olehcomScore, Twitter menangani 19 miliar kueri pencarian per bulan pada tahun 2010, Google mengumpulkan sekitar 88 miliar kueri pencarian per bulan dan menghasilkan 4,1 miliar kueri penelusuran per bulan. Pada tahun 2012, Facebook menyebutkan bahwa pihaknya mendapatkan 1 miliar kueri penelusuran per hari.

Studi tersebut membuktikan kehadiran media sosial menjadi faktor penting bagi berkembangnya sebuah bisnis, dan ini akan memberikan nilai tambah yang cukup bermanfaat bagi sobat.


Web adalah tentang membangun hubungan, mengekspresikan dan berbagi gagasan, saling membantu dengan informasi bermanfaat.

Jadi maksimalkan penggunaan media sosial untuk mendongkrak popularitas dan SEO sobat.


3. Fokus Pada Keyword

Riset kata kunci merupakan faktor penting untuk meningkatkan SEO.


Jika salah mebidik kata kunci, akan mengundang link yang salah dari situs lain yang tidak relevan.

Ingat relevansi link adalah faktor SEO Off PageJika ingin optimasi halaman situs sobat maksimal, bidik kata kunci yang tepat.

Bidik kata kunci yang relevan dengan topik. Kemudian gunakan kata kunci pada tempat yangbenar dalam situs soba.

Misalnya, Anda ingin menulis tentang"cara memakai jilbab".

Sobat dapat mengunakan tool gratisGoogle Keyword Planner >> https://adwords.google.com/KeywordPlanner untuk mendapatkan ide kata kunci,

Sesuaikan kata kunci dengan mengetahui frasa dan istilah pencarian yang digunakan pengguna sobat.

Gunakan kata kunci utama sobat dalam tag judul, sedangkan dalam artikel cukup dengan menempatkan kata kunci LSI.

Jangan pernah gunakan kata kunci utama berulang-ulang di dalam artikel sobat. Google menganggap itu sebagai optimasi berlebihan.

LSI atau Latent Semantic Indexing Keyword adalah daftar kata kunci yang relevan dengan kata kunci utama.

Kata kunci tersebut dapat berupa sinonim atau bisa jadi beberapa kata yang memiliki topik yang sama terkait dengan kata kunci utama. Bagaimana cara mendapatkan kata kunci LSI?

Ada banyak tool untuk mengetahui kata kunci LSI untuk topik utama sobat. Saya menggunakan LSIGraph.com.

Cara menggunakan LSI Graph ini cukup mudah, masukkan kata kunci utama kemudian conteng Captcha lalu klik "Generate".

Selanjutnya sobat akan melihat daftar yang berisiratusan kata kunci yang dapat Anda gunakan untuk membuat artikel ideal untuk pengguna sobat.

Terlepas dari kata kunci LSI, sobat dapat memfokuskan artikel pada kata kunci turunan untuk meningkatkan jumlah pencarian di mesin pencari. Kini saatnya untuk memusatkan perhatian untuk mendapatkan backlink berkualitas.

4. Pastikan Situs Anda Aman Dari Penalti Google

Backlink benar-benar penting dan memiliki dampak paling kuat untuk mempertahankan posisi situs di SERP.

Backlink dapat mempengaruhi kinerja pencarian dengan cara yang lebih baik atau malah sebaliknya memperburuk keadaan.

Yaitu jika backlink sobat berasal dari situs-situs berkualitas rendah dan bahkan bisa dianggap spam. Salah-salah situs sobat akan masuk dalam Google Sandbox.

Sangat penting untuk membuat situs aman dari penalti Google karena jika sudah kena black list Google akan sangat sulit untuk mengembalikan reputasi website sobat. Bagaimana cara menjauh dari intaian penalti Google?

Lakukan full analisis pada backlink sehingga Anda mengetahui mana link yang bagus dan berbahaya bagi situs sobat.

Cukup sekian semoga bermanfaat 😊

Belum ada Komentar untuk "Cara Meningkatkan Ranking Website dan Popularitas di google"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel