Strage Jitu Meningkatkan Omset Jualan Online Anda

Jualan Online saat ini sudah menjadi salah satu ladang bisnis yang menjajikan. Karena saat ini kita hidup di era digital yang apapun urusannya tidak jauh dari internet. Tidak terkecuali dengan cara jual beli kita saat ini, serba online. Apalagi di masa pandemi dan sedang berlangsung peraturan PPKM dari pemerintah yang harus kita patuhi untuk memutus mata rantai Covid-19 ini, jual beli online sangatlah dibutuhkan. 

Karena dengan begitu kita tidak perlu lagi keluar rumah untuk membeli kebutuhan sehari-hari. Tinggal diam di rumah barang pesananpun sudah sampai. Namun, di masa PPKM ini tidak sedikit pula perintis jualan online yang mengeluh akan turunnya omset penjualan mereka. Ini yang membuat mental para perintis bisnis baru merasa down, hingga tak jarang dari mereka yang akhirnya gulung tikar.

Strategi meningkatkan omset jualan online

Untuk mengatasinya, tentunya harus selalu aktif mencari strategi baru strategi yang lebih jitu untuk meningkatkan omset jualan online mereka. Update strategi-strategi baru setiap waktunya sehingga toko online yang dirintis tidak mudah runtuh.

Ada banyak strategi yang harus  dipelajari bagi perintis bisnis online atau jualan online ini. Supaya mudah untuk memanagemen dan memasarkan produk-produk yang mereka miliki. Berikut beberapa strategi yang harus diketahui untuk perintis bisnis jualan online.

Tips Meningkatkan Omset Penjualan Online

Menentukan strategi yang akan di aplikasikan dalam bisnis tentunya tidak bisa asal-asalan. Kalau salah strategi malah bisa jadi seperti boomerang. Semua harus didiskusikan, melihat kondisi dan situasi saat itu. Tidak sungkan untuk belajar dari beberapa pebisnis yang sudah dikatakan berhasil dan sukses.

Karena semua pebisnis tentunya juga pernah mengalamai pahit manisnya saat masih di fase merintis. Untuk bisa meningkatkan omset penjualan, Anda juga bisa mempelajari beberapa hal seperti berikut : 

1. Mengenali nilai jual produk

Ketika Anda memulai bisnis ini, tentunya Anda harus benar-benar mengetahui atau mengenali jenis produk yang Anda miliki. Sehingga akan mudah untuk memasarkannya atau mempromosikannya.

Apa saja yang harus Anda ketahui tentang produk yang akan Anda tawarkan?

Tentu saja kualitas, harga dan keunggulan produk tersebut dibandingkan produk lainnya yang masih sejenis dengan produk yang Anda miliki.

Dengan begitu, akan lebih mudah untuk menjawab setiap pertanyaan dari calon pembeli yang sering menanyakan spesifikasi tentang produk yang akan dibeli.

2. Membuat Website Sendiri

Setiap pelanggan pasti ingin yang terbaik ketika memilih toko online. Membandingkan dengan satu dan lainnya. Untuk itu, Anda harus belajar memahami setiap keinginan pelanggan supaya mereka tidak kecewa. 

Kata terbaik bisa dilihat dari segi harga, pelayanan dan kualitas barang. Nah, lalu bagaimana Anda bisa mengetahui hal tersebut? Padahal Anda bukan paranormal yang bisa memprediksi pikiran orang lain.

Tidak perlu menjadi paranormal untuk mengetahui keinginan pelanggan. Cukup Anda belajar memahami dan mempraktekan. Caranya cobalah Anda beli atau Anda menjadi pelanggan di online shop lainnya. Lalu pelajari apa saja yang sekiranya kurang dan harus diperbaiki. Lalu terapkan pada online shop yang Anda miliki.

3. Membuat website Toko Online Anda sendiri

Saat ini sudah banyak sekali toko online yang ada. Bisa dikatakan sampai menjamur. Mudah diakses tinggal klik langsung meluncur barang on proses dikirim.

Banyak marketplace terkenal seperti Shopee,  Lazada, Tokopedia, Bukalapak ataupun marketplace yang siap menampung pedagang-pedagang online lainnya.

Lalu kenapa harus membuat website sendiri jika marketplace yang terkenal seperti itu mau menampung? Dan sudah pasti kan di sana akan banyak sekali orang yang melihat.

Begini, benar sudah banyak sekali yang belanja di beberapa marketplace terkenal tersebut. Namun, ketika Anda menjajakan produk Anda di sebuah marketplace sudah pasti akan banyak sekali pesaing Anda, yang bahkan juga menawarkan produk yang sama seperti yang Anda akan jual. 

Beda dengan ketika Anda membuat website sendiri. Anda bisa leluasa mempromosikan produk-produk Anda. Dan menonjolkan setiap keunggulan-keunggulan produk yang Anda miliki. 

Selain itu Anda juga dapat mendesain website Anda sendiri sesuai dengan keinginan Anda. Dan juga Anda dapat mengelola setiap data dari tahun ke tahun. Sehingga Anda dapat mengetahui trend apa saja yang paling disukai.

4. Konten marketing

Selain membuat website, Anda juga bisa membuat konten yang berisi tentang produk-produk yang Anda jual. Dengan ulasan yang bermanfaat dan dapat menarik keinginan orang-orang untuk mencari produk Anda.

Disini Anda bisa mengenalkan toko online Anda, serta produk-produk yang Anda sediakan. Selagi konten itu bermanfaat pasti akan ada saja orang yang mencarinya.

5. Aktif di Media Sosial

Sosial media sudah menjadi salah satu tempat promosi terbaik. Karena setiap pengguna Handphone hampir semua aktif di media sosial.

Mengiklankan jualan online di media sosial seperti Instagram, facebook dan lainnya akan lebih memperluas jangkauan marketing Anda. Juga lebih mempermudah para pelanggan untuk menanyakan tentang produk-produk yang Anda tawarkan.

6. Kemasan yang menarik dan rapi

Sebelum melihat kualitas barang, tentunya pelanggan akan terlebih dahulu melihat cara Anda packing barang tersebut.

Packing yang rapi, aman dan menarik juga menjadi point yang sangat penting. Karena ketika melihat bungkusnya yang terlihat aman dan rapi sudah dapat membentuk kepercayaan sendiri dari para pelanggan.

Pelanggan merasa tenang karena sudah dipastikan barang yang mereka beli terlindungi.

7. Deskripsi yang menarik

Jangan lupa sematkan deskripsi yang dapat menarik minat pelanggan ketika memajang produk-produk unggulan Anda. Beri penjelasan tentsng keunggulan produk tersebut.

Gunakan bahasa yang santai, yang membuat calon pelanggan tidak keberatan untuk membacanya.

Intinya, jangan pernah takut untuk mencoba, karena kita tidak akan pernah tahu hasilnya jika belum dicoba. Merintis usaha baru memang memerlukan banyak-banyak bersabar dan ketlatenan. Selalu update dengan trend kekinian supaya dapat mengetahui apa saja kiranya yang sedang banyak diminati.

Oke, demikian yang dapat saya sampaikan tentang strategi untuk meningkatkan penjualan online Anda. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share. Kunjungi selalu Panggulku untuk informasi dan tips lainnya. Terimakasih.

Reny Saya hanya seorang pemalas yang selalu merindukan gajian tanpa bekerja.

Belum ada Komentar untuk " Strage Jitu Meningkatkan Omset Jualan Online Anda"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel