Cara Pemberian Pupuk Untuk Tanaman Jagung Dengan Takaran Dan Usia Yang Tepat

Cara pemberian pupuk untuk tanaman jagung. Untuk cara memupuk jagung ini sendiri bisa dikatakan hal yang susah-susah gampang. Nah, pada masa pemupukan inilah yang tentunya juga dapat menentukan hasil kedepannya.

Salah-salah memberi pupuk dengan takaran yang tidak sesuai atau misalnya terlalu banyak, bukannya jagung tumbuh subur maka malah akan membuat tanaman jagung tersebut mati.
Cara pemberian pupuk untuk tanaman jagung
Selain takaran yang harus pas, untuk memberi pupuk pada tanaman jagung ini juga harus dilakukan pada usia jagung yang tepat. Jika terlalu dini jagung juga bisa mati, karena bisa dikatakan belum tahan. Gimana? Terdengar cukup rumit sekali bukan? Untuk mengetahui lebih jelasnya lagi simak yang berikut ini.

Pemupukan Jagung Harus Dilakukan Pada Usia Tanaman Yang Tepat

Untuk cara pemberian pupuk pada tanaman jagung ini memerlukan beberapa pengetahuan yang cukup. Karena jika asal-asalan juga akan tidak baik untuk pertumbuhan jagung itu sendiri. Nah, berikut ada beberapa tips pemupukan tanaman jagung yang benar.

Usia Jagung
Pemupukan jagung untuk yang pertama kali bisa dilakukan pada saat jagung beruisa sekitar 20 hari sejak masa tanam. Pada usia tersebut batang dan akar jagung sudah siap untuk menerima pupuk sebagai sumber pertumbuhannya. Karena jika jagunh dipupuk terlalu dini jagung bisa mati.

Jarak
Jangan terlalu dekat jarak antara pupuk dengan batang jagung. Karena jika terlalu dekat, tanaman jagung bisa terlihat seperti gosong, atau bahkan akan membusuk (ditempat saya namanya bacek gess). Beri jarak sekitar kurang lebih 5 cm antara jagung dan pupuk.

Takaran
Pemupukan juga jangan terlalu berlebihan ataupun sebaliknya. Beri pupuk secukupnya saja. Jika menggunakan takaran tangan, gunakan 1 genggam pupuk untuk 3 batang tanaman jagung.

Untuk jenis pupuk yang digunakan biasanya beragam. Bisa sesuai selera Anda juga. Misalnya menggunakan campuran pupuk putih (urea) dan merah (phonska), bisa juga menggunakan pupuk mutiara untuk hasil yang lebih lagi.

Oke, sampai disini dulu tips tentang cara pemupukan pada tanaman jagung yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share. Dapatkan info lainnya di blog Panggulku. Terimakasih.



Belum ada Komentar untuk "Cara Pemberian Pupuk Untuk Tanaman Jagung Dengan Takaran Dan Usia Yang Tepat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel