10 Cara Merawat Ayam Potong Saat Musim Hujan Agar Tetap Sehat Hingga Usia Panen

Cara merawat ayam potong saat musim hujan, itu yang akan saya bahas pada kesempatan kali ini. Pada artikel sebelum-sebelumnya saya juga sudah mengulas berbagai tips untuk ternak ayam potong. Nah, apa saja sih yang harus dilakukan supaya ayam potong tetap sehat hingga usia panen tiba? Berikut saya akan berbagi sedikit pengetahuan saya tentang ternak ayam potong.

Faktor ketahanan daya tahan tubuh ayam potong sangatlah berbeda dengan ayam jawa. Ayam potong cenderung lebih mudah terserang penyakit yang dapat mengakibatkan ayam cepat mati sejak usia masih belum cukup untuk di panen atau  bahkan masih jauh dari masa panen.
Cara merawat ayam potong saat musim hujan
Hal tersebutlah yang membuat banyak peternak ayam mengalami kerugian secara besar-besaran. Ayam potong akan mudah terserang penyakit terutama pada saat musim hujan. Nah, sebentar lagi musim hujan akan datang, Anda harua siap-siap dengan segala perlengkapan atau persediaan untuk menghadapi musim hujan.

Ayam mudah sakit atau tidaknya sebenarnya tergantung dari perawatannya. Sudah benar atau belum kah cara merawat ayam potong milik Anda? Yuk, simak yang berikut ini.

Merawat Ayam Potong Hingga Usia Panen Tiba

Merawat ternak agar tetap sehat dan menghasilkan panen yang memuaskan memang tidak mudah. Khususnya pada ternak ayam potong yang terkenal mudah terserang penyakit yang mengakibatkan kematian.

Ketika menjadi seorang peternak, Anda harus paham tentang perawatannya pada setiap pergantian musim. Terutama pada saat musim hujan tiba. Dimana ternak akan terserang berbagai jenis virus.

Virus mematikan pada ayam bisa dicegah jika perawatannya sudah benar. Nah, berikut adalah beberapa tips merawat ayam potong pada saat musim hujan.

1. Kandang
Usahakan kandang selalu dibersihkan dan tidak terlalu becek. Karena kandang yang terlalu basah akan membuat ayam diserang jamur dan lebih mudah terserang penyakit lainnya.

Kandang yang basah akan lumrah terjadi selama musim hujan. Namun, dapat dihindari dengan memperbaiki atap kandang menjadi lebih lebar sehingga jauh dari jangkauan air hujan.

2. Mengatur suhu kandang
Pada musim hujan, suhu pada kandang tentunya akan menurun. Sehingga ayam akan cenderung memilih untuk berkerumun dengan ayam-ayam yang lain.

Hal ini akan berpengaruh terhadap nafsu makan yang menurun. Tentunya juga menurunkan kesehatan fisik ayam-ayam ternak.

3. Genangan air
Musim hujan tentunya akan menghasilkan beberapa genangan di sana-sini dikarenakan daya serap tanah yang semakin berkurang. Genangan air ini akan menjadi tempat beberapa virus berkembang biak yang nantinya akan menyeeang fisik ayam.

4. Kualitas air minum
Pada musim hujan kualitas air minum  akan menurun. Apalagi jika tidak diganti setiap harinya. Pada musim hujan kebanyakan peternakan di pedesaan mendapat jatah air minum dengan kualitas rendah. Hal ini terjadi karena pada musim hujan beberapa sumber air sering banjir sehingga air menjadi keruh.

5. Pakan
Usahakan pakan ayam kelembabannya tetap setabil. Sehingga tidak akan menjadi tempat munculnya bibit-bibit penyakit. Pada dasarnya pakan ayam sendiri sudah mengandung banyak nutrisi yang sangat baik untuk perkembangan ayam.

6. Vaksin dan vitamin
Vaksin dan juga vitamin sangat dibutuhkan dalam peternakan terutama pada saat musim hujan. Khususnya untuk jenis ayam potong. Karena ayam potong ini sangat rentan sekali terhadap penyakit. Dengan adanya pemberian suntikan vaksin dan vitamin secara berkala akan meningkatkan kekebalan tubuh pada ayam.

7. Kotoran ayam
Pada saat musim hujan tiba, pastikan tidak terdapat tumpukan feses ayam disekitar kandang. Jika terdapat feses ayam disana-sini nantinta akan menjadi tempat berurainya atau berkembang biaknya bakteri jika sampai terendam air hujan.

8. Jaga kualitas pakan
Pastikan Anda membersihkan tempat pakan ayam Anda setiap harinya. Sehingga pakan ayam tidak menjadi tempat berkembang biaknya penyakit. Berikan pakan 2 kali dalam sehari yaitu pada pagi dan sore hari.

9. Hindari stres
Musim hujan biasanya akan ada banyak petir. Ini merupakan salah satu ancaman bagi peternakan ayam. Karena ayam memiliki pendengaran yang sangat tajam. Sehingga ayam akan mudah stres pada saat mendengarkan bunyi yang keras secara tiba-tiba.

10. Jaga kebersihan kandang
Jangan lupa untuk selalu membersihkan kandang setiap hari. Sehingga tidak terjadi penumpukan feses ayam disana-sini yang pastinya menjadi tempat berkumpulnya bibit-bibit penyakit.

Pada dasarnya, berternak ayam potong ini bisa dikatakan susah-susah gampang. Susahnya karena ayam potong termasuk jenis hewan ternak yang paling mudah terserang penyakit. Dan gampangnya, berternak ayam potong ini tidak diperlukan waktu lama untuk masa panen tiba.

Penutup

Demikian tips tentang cara merawat ayam potong pada musim hujan yang dapat saya bagikan. Semoga tulisan saya ini selalu bermanfaat bagi Anda sehingga Anda tidak keberatan untuk share ke teman-teman yang lainnya. Dan tentunya dapatkan informasi lainnya di blog Panggulku ini. Terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "10 Cara Merawat Ayam Potong Saat Musim Hujan Agar Tetap Sehat Hingga Usia Panen"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel