Kenali Ciri-ciri Ayam Potong Terserang Virus Penyakit

Ciri-ciri ayam potong terserang virus penyakit. Seperti yang kita ketahui, ayam potong merupakan ayam yang sangat rentan terhadap penyakit. Maka, dalam perawatannya pun harus khusus. Harus mendapatkan perhatian lebih ketimbang ayam kampung, atau ayam jawa.

Ayam potong akan lebih sering kedapatan sakit hingga mati pada saat musim hujan. Hal ini disebabkan pada saat musim hujan, mikroba atau bakteri lainnya lebih cepat berkembang biak. Sehingga resiko ayam terserang virus penyakit pun lebih tinggi. Untuk cara perawatan ayam pada musim hujan sudah saya bahas pada artikel sebelumnya.
Ciri-ciri ayam potong terserang virus penyakit
Nah, kali ini saya akan mengajak Anda untuk mengenali beberapa tanda ayam terserang virus. Yang mungkin bisa meminimalisir kerugian yang disebabkan oleh ketidak tahuan Anda tentang ciri-ciri ayam sakit.

Kenapa saya katakan bisa meminimalisir kerugian Anda?

Ya, jawabannya tentu saja dengan Anda mengetahui ayam Anda sudah terserang bibit penyakit, Anda dapat mencegah penularan pada ayam-ayam lainnya atau bahkan mengobati ayam yang sudah terserang virus penyakit tersebut.

Ciri-ciri Ayam Potong Terserang Penyakit

Menjadi seorang peternak memang diwajibkan mengetahui tentang hal ini. Karena jika tidak, kemungkinan angka kerugian pasti akan semakin besar. Untuk mengetahui ciri-ciri ayam potong terserang penyakit bisa Anda ketahui seperti berikut ini.

  1. Mata ayam lesu dan jengger berwarna kusam.
  2. Bulunya berantakan dan kotor
  3. Ayam sering tertidur diatas kotorannya sendiri
  4. Nafsu makan dan minum berkurang atau bahkan tidak mau sama sekali.
  5. Lemas dan sering tertidur
  6. Kotoran berair dan terdapat cacing


Jika ayam sudah mulai memiliki ciri-ciri tersebut, sudah dipastikan ayam sudah mulai terserang virus penyakit. Ada beberapa tindakan yang harus Anda lakukan ketika ayam Anda ada yang terserang virus tersebut. Diantaranya adalah sebagai berikut.


  • Pisahkan ayam yang sakit dari ayam yang masih sehat.
  • Lakukan pemeriksaan pada ayam yang masih sehat.
  • Berikan vitamin pada ayam yang masih sehat.
  • Lakukan perawatan dan pemberian obat pada ayam yang sakit.
  • Jika ayam mati, pastikan Anda menguburnya sehingga penyakit tidak menyebar. 


Untuk lebih memastikan ayam Anda  sehat atau tidak, Anda bisa langsung memeriksakan pada dinas kesehatan untuk peternakan.

Demikian yang dapat saya sampaikan tentang ciri-ciri ayam sakit ini. Semoga dapat menambah wawasan Anda bermanfaat juga tentunta. Jangan lupa share dan kunjungi selalu blog Panggulku untuk mendapatkan informasi lainnya. Terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Kenali Ciri-ciri Ayam Potong Terserang Virus Penyakit"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel