Calon Pengantin Wajib Baca, Cara Menjaga Hubungan Baik Dengan Mertua

Cara menjaga hubungan baik dengan mertua. Mungkin ini terlihat sepele, namun justru ini merupakan salah satu hal yang terpenting yang perlu dipelajari oleh para calon menantu atau mereka yang sudah jadi menantu. Karena seperti yang kita ketahui, ada beberapa pasangan yang bermasalah dengan mertua mereka.

Masalah ini akan sangat rumit jika tidak disadari oleh salah satu pihak. Dan resiko perceraianpun akan semakin tinggi jika sudah berhubungan dengan yang namanya mertua.
Cara menjaga hubungan baik dengan mertua
Sebagai pasangan baru, kalian harus tahu beberapa pelajaran mendasar tentang tata cara berkeluarga yang benar dan cara membaur dalam keluarga pasangan kalian. Karena ketika kita sudah berkomitmen dan mengambil keputusan untuk membangun rumah tangga, maka bukan menerima pasangan kalian apa adanya saja, namun juga harus menerima keluarganya sebagai keluarga kalian juga.

Nah, disini saya akan berbagi sedikit pengalaman yang saya miliki tentang menjalin hubungan baik dengan mertua, semoga bermanfaat untuk kalian.

Cara Menjaga Hubungan Baik Dengan Mertua

Bagi pasangan baru, mungkin memang sulit untuk membaur dalam keluarga baru atau keluarga pasangan mereka masing-masing. Yang awalnya hanya memiliki 1 bapak dan 1 ibu, kini menjadi 2 bapak dan 2 ibu. Pada awalnya memanglah sangat sulit untuk membiasakan diri masuk dalam keluarga baru.

Memanggil sebutan bapak dan ibu kepada orang yang sama sekali tidak ada hubungan darah dengan kalian. Namun hal ini wajib kalian jalani, sulit pada awalnya namun akan mudah jika kalian jalani dengan ikhlas dan rasa sayang terhadap mertuapun akan muncul.


  • Hormati mertua

Sebagai pasangan dari anak mereka, kalian harus bisa menghormati orang tua pasangan kalian atau mertua kalian selayaknya kalian menghormati orang tua kalian sendiri. Karena ketika kalian menikah dengan pasangan kalian, maka otomatis kalian juga menikahi keluarganya. Maka hormati mereka dengan baik.

  • Hindari berselisih paham

Ketika ada suatu masalah, segera bicarakan dan selesaikan sesegera mungkin. Jika kalian takut, kalian bisa bercerita kepada pasangan kalian untuk membantu menyampaikan dan menyelesaikan masalah dengan baik.

  • Jaga sopan santun

Meskipun kalian dianjurkan menganggap mertua kalian sebagai orang tua sendiri, bukan berarti kalian melupakan adab-adab dalam berbicara kepada mertua. Sopan santun harus tetap jadi patokan utama, supaya mertua merasa dihargai maka mertuapun akan menghargai kalian juga.

  • Perhatian dengan mertua

Seorang mertua akan sangat senang jika memiliki menantu yang selalu perhatian kepadanya. Atau dalam bahasa saya "mantu seng gemati" atau menantu yang perhatian. Mereka akan sangat senang, karena mereka bisa merasakan kalau mereka benar-benar sudah dianggap keluarga. Dan pastinya merasa tenang, karena sudah pasti anaknya bisa mendapat kasih sayang yang cukup.

  • Hargai pendapatnya

Ketika mertua memberikan pendapat untuk kalian dalam hal apapun itu, kalian harus bisa menghargainya. Meskipun itu tidak sesuai dengan keinginan kalian, setidaknya bicarakan dengam baik. Jangan serta merta kalian membantah pendapat mereka. Karena itu hanya akan membuat mereka merasa tidak ada harga dirinya.

  • Minta saran pada mertua

Seorang mertua paling senang jika menantunya meminta pendapat kepadanya. Karena dengan begitu mereka akan merasa sangat dibutuhkan oleh menantunya.

  • Jangan ambil alih anaknya

Meskipun kalian sudah menikahi anaknya, jangan sampai kalian menjauhkan hubungan orang tua dan anak tersebut. Karena pasangan kalian tetaplah anak dari mertua kalian. Dengan begitu, mertua akan bersikap lebih baik kepada kalian.

Memiliki mertua yang baik dan menerima apa adanya itu memanglah sudah menjadi dambaan semua orang. Namun untuk mendapatkannya pun tidak mudah. Bahkan lebih mudah mencari pasangan yang pas dihati daripada mencari mertua yang pas di hati.

Demikian ulasan singkat yang bisa saya sampaikan tentang cara menjalin hubungan baik dengan mertua ini. Jangan lupa share dan dapatkan informasi lainnya di blog Panggulku. Terimakasih.
Reny Saya hanya seorang pemalas yang selalu merindukan gajian tanpa bekerja.

Belum ada Komentar untuk "Calon Pengantin Wajib Baca, Cara Menjaga Hubungan Baik Dengan Mertua"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel