Resep Jengkol Balado Pedas Dan Nikmat

Resep Jengkol Balado, mungkin jika mendengar kuliner yang satu ini bunda-bunda dirumah sudah tidak terlalu asing lagi ya. Kenapa begitu? Jawabannya ya karena makanan yang satu ini banyak sekali yang menyukainya. Jadi tidak heran jika namanya sudah sangat terkenal.

Namun dibalik terkenalnya jengkol balado ini ada sisi kelemahannya juga lho bund. Seperti yang kita ketahui, jengkol merupakan salah satu bahan masakan yang mempunyai bau yang sangat khas. Bau ini dijadikan alasan dari beberapa orang untuk tidak menyukai jengkol ini sendiri. Karena setelah makan jengkol baunya pasti tertinggal dimulut hehe. Kebayangkan gimana baunya jengkol itu gimana.

jengkol balado

Tapi produsen tidak kehabisan akal untuk menarik konsumen supaya jengkol menjadi kuliner yang menarik dan dapat disukai  banyak orang. Ya salah satunya dengan dijadikan salah satu kuliner yang bikin nagih ini yaitu Jengkol balado.

Biasanya bumbu balado itu lebih identik dipadukan dengan telur, ikan, dan daging. Memang sih enak, tapi kayaknya sudah biasa. Karena pada dasarnya, telur, ikan dan daging itu sudah enak tanpa dibumbu balado  sekalipun. Nah, tapi jika jengkol dijadikan balado dan rasanya enak banget itu baru bisa dikatakan luar biasa. Apalagi sampai bisa diminati banyak orang.

Lebih luar biasannya lagi kalau binda bisa buat sendiri dirumah hehe. Caranya mudah kok, resepnya seperti yang akan saya bagikan dibawah ini. Tetap di blog Panggulku ya.

Cara Membuat Jengkol Balado

Resep ini mungkin bisa menjadi pilihan kreasi masakkan buat bunda-bunda rumah tangga. Supaya menunya gak itu-itu saja. Selain caranya yang mudah, bahannya juga simpel ya bund. Karena hanya memerlukan bahan dasarnya yaitu jengkol dan bumbu-bumbu tuntuk balado saja.

Seperti berikut ini resepnya bund.

Bahan-bahan

  • 300 gr jengkol
  • 4 lembar daun salam untuk merebus jengkol
  • 1 liter air
  • 3 lembar daun jeruk
  • 2 lembar daun salam
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
  • 50 ml minyak

Bumbu halus

  • 10 buah cabe rawit keriting
  • 5 buah rawit merah
  • 1 buah tomat merah
  • 6 buah bawang merah
  • 2 siung bawang putih

Cara membuat

  • Jengkol dibelah menjadi 2.
  • Sementara itu, masak air dalam panci presto hingga mendidih lalu masukkan jengkol dan daun salam.
  • Rebus dalam waktu 20 menit, kemudian angkat dan tiriskan.
  • Kemudian buanglah kulit jengkol yang masih menempel, dan geprek menggunakan ulekkan.
  • Jika sudah, bilas dengan air bersih.
  • Siapkan wajan dan panaskan minyak goreng untuk menggoreng jengkol sebentar saja, lalu lanjutkan untuk menumis bumbu.
  • Jika bumbu sudah mengeluarkan aroma harum, masukkan daun jeruk, daun salam, garam dan gula pasir.
  • Masukkan jengkol dan masak hingga jengkol dan bumbu tercampur merata, atau hingga jengkol terbalut bumbu.

Dan jengkol baladonya sudah siap untuk dihidangkan bunda. Jangan lupa sajikan semenarik mungkin ya bund, supaya semakin membuat yang melihat ingin segera menikmatinya hehe.

Baca juga:
Resep Ayam Geprek Istimewa
Resep Membuat Pecel Sayur Bumbu Kacang

Saran

Seperti yang kita ketahui, dibalik baunya yang kurang bersahabat ini hehe, jengkol memiliki citarasa yang enak dan banyak disukai orang. Namun, harus hati-hati juga ya bund dalam mengkonsumsi jengkol ini. Karena memakan jengkol yang berlebihan dapat menyebabkan sakit kepala atau keluhan lainnya.

Oke, sampai disini dulu ya ulasan singkat tentang resep jengkol balado pedas dan nikmat. Untuk menyimpan resepnya, jangan lupa like dan share ya bund. Terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Resep Jengkol Balado Pedas Dan Nikmat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel