Insiden Lidah Tertelan Dan Cara Penolongan Pertamanya

Selamat siang. Jumpa lagi kita di blog Panggulku, hehe.  kali ini saya akan berbagi informasi seputar olahraga. Tetapi kali ini bukan Olahraganya yang akan saya bahas. Saya akan bahas seputar peristiwa yang sering terjadi dalam dunia Olahraga.


Yang akan kita bahas kali ini adalah seputar peristiwa Lidah tertelan yang sering terjadi dalam dunia olahraga khususnya adalah olahraga yang menggunakan fisik seperti tinju, rugbi dan sepak bola. Yaps benar sekali, peristiwa tertelan lidah kerap mengintai para pesepak bola dunia. Sebenarnya kasus tertelan lidah ini bukan berarti lidahnya yang benar-benar tertelan. Tetapi adalah saat tergelincirnya bagian lidah ke bagian kerongkongan hingga membuat keadaan seperti tersedak. Sehingga membuat kita akan terasa tercekik dan menghalangi saluran pernafasan.


Sebenarnya istilah lidah tertelan ini merupakan istilah yang salah, hanya saja karena istilah ini sudah dikenal luas di seluruh dunia, maka dalam dunia medis pun istilah ini masih tetap digunakan. Kasus lidah tertelan ini bisa disebabkan karena adanya keadaan lemas pada lidah sehingga lidah bisa saja membelok ke arah kerongkongan dan menyebabkan saluran pernafasan tersumbat. Hal ini biasanya juga terjadi pada orang yang tidak sadarkan diri.

Cara Mengatasi Lidah Tertelan

Insiden tertelan lidah ini terlihat sepele namun sangat mematikan. Jika tidak mendapat pertolongan sesegera mungkin maka tidak akan terselamatkan. Dalam dunia sepak bola kasus ini sering terjadi karena disebabkan terhentaknya kepala atau bisa juga karena terkena pukulan dari bola pada bagian kepala, sehingga membuat lidah terhentak kedalam seperti tersedak dan menutup saluran pernafasan.


Jika tidak saat itu juga mendapat pertolongan maka jarang yang bisa diselamatkan karena saat tertelan lidah korban tidak dapat bernafas. Nah, untuk upaya penyelamatan berikut ini adalah cara-cara untuk mengatasi kasus tertelan lidah.

1. Cara pertama yang bisa kita lakukan untuk melakukan pertolongan pertama pada korban tertelan lidah adalah dengan cara mengangkat dagu dan kepala kebagian atas atau istilah ini biasa disebut juga dengan heald tild-chin lift.

2. Cara kedua yang bisa dilakukan adalah dengan cara memasukkan benda kedalam mulut dengan tujuan menarik lidah agar saluran pernafasan bisa kembali terbuka sehingga korban bisa kembali bernafas.

Penyelamatan pada korban tertelan lidah ini paling lambat harus dilakukan dalam menit ke 3 setelah peristiwa ini terjadi. Berarti harus sesegera mungkin diselamatkan.

Peringatan Bagi Penyelamat Korban Lidah Tertelan

Bagi para penyelamat yang memberikan penyelamatan langsung pada korban lidah tertelan. Dihimbau agar tidak memasukkan langsung tangan kedalam mulut korban untuk menarik atau menggerakkan lidah korban. Karena hal ini bisa menyebabkan tangan bisa saja tergigit oleh korban jika korban melakukan gerakan refleks.

Hal ini pernah terjadi pada pemain sepak bola mancanegara yaitu Oleg Gusev dan kapten Dinamo Kiev yang diselamatkan oleh Jaba Kankava yang juga rekan dari mereka. Gusev pun berhasil diselamatkan namun pada saat itu tangan Kankava tergigit oleh Gusev yang diselamatkannya.

Insiden Lidah Tertelan Yang Terjadi Pada Para Pemain Sepak Bola.

Sudah banyak insiden lidah tertelan yang menimpa para pesepak bola dunia. Contoh yang paling dekat dengan kita adalah insiden yang terjadi pada penjaga gawang kita yaitu Choirul Huda yang meregang nyawa akhibat insiden ini. Selain itu, masih banyak pemain sepak bola yang mengalami ini.


Insiden ini juga pernah terjadi pada final Liga Inggris 2007 yang pada saat itu masih bernama Carling Cup. Pada saat itu pertandingan berlangsung antara Arsenal dan Chelsea. Saat melakukan sepakan pojok, John Terry berusaha melakukan sundulan dengan cara dengan menjatuhkan badan atau dengan istilah diving header. Dan pada saat itu kepalanya tidak sengaja tertendang oleh Abou Diaby. Pada detik itu juga Terry mendapat pertolongan medis dan segera dibawa ke rumah sakit.

Selain itu, insiden ini bisa juga disebabkan oleh ulah pemain itu sendiri. Seperti yang terjadi pada Jazawi seorang pemain sepak bola dari club al-Ahli Saudi Fc yang merupakan dari Liga Arab Saudi. Dia pernah menjadi korban dalam insiden tertelanya lidah ini. Saat itu belum ada yang tau penyebabnya, karena saat insiden terjadi Jazawi hanya meludah, mungkin sebelumnya terjadi sedikit benturan.

Dan korban dari insiden lidah tertelan lainya ada Fernando Torres, untungnya pada saat itu Fernando Torres segera mendapat pertolongan dengan cepat. Dan dia pun dapat diselamatkan.

Saran

Dalam melakukan hal apapun itu pasti ada saja resiko yang harus ditanggung. Tidak terkecuali dengan dunia olahraga. Tidak ada salahnya untuk selalu berhati-hati dalam setiap melakukan apapun itu. Apalagi jika melakukan hal yang berkaitan dengan fisik. Yaa meskipun semua sudah ada yang ngatur, kita sebagai manusia tetap wajib dong selalu jaga diri. Siapa tau umur bisa bertahan lebih lama. Kecelakaan sekecil apapun itu bisa saja terjadi dimanapun Anda berada.

Oke, sampai juga kita dipenghujung artikel tentang Insiden lidah tertelan dan cara penolongan pertamanya ini. Jangan bosan-bosan ya untuk selalu mengunjungi blog ini. Karena disini ada saya, eeh ada informasi deng haha. Yaps, disini kamu akan menemukan berbagai informasi seputar kehidupan Anda. Jangan bosan juga dengan ocehan saya setiap harinya. Sebelum meninggalkan artikel ini, like dan share terlebih dahulu ya. Terimakasih
Reny Saya hanya seorang pemalas yang selalu merindukan gajian tanpa bekerja.

Belum ada Komentar untuk "Insiden Lidah Tertelan Dan Cara Penolongan Pertamanya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel