Berbagai Manfaat Daun Pepaya Bagi Kesehatan

Selamat siang. Jumpa lagi kita di blog kesayangan kita. Apalagi kalau bukan blog Panggulku, blog yang selalu update setiap harinya. Dan tentunya masih dengan admin yang super amburadul ini hehe. Nah, kali ini saya akan membahas tentang manfaat daun pepaya. Satu kata yang langsung terlintas dipikiran saat kita mendengar nama daun pepaya tidak lain adalah pasti kata Pahit. Yaps, betul sekali kawan. Daun yang satu ini memiliki rasa yang sangat pahit, sepahit hidup para jomblo yang lagi lihat mantan gandengan dengan pacar barunya. Hehe yang jomblo dilarang baper.


Namun meskipun daun pepaya ini memiliki rasa pahit yang jarang disukai orang, daun ini menyimpan banyak manfaat bagi Kesehatan. Ingat ya, belum tentu yang pahit itu selalu berarti buruk. Jadi kalau saat ini hidupmu lagi pahit, nikmati aja. Itu proses menuju ke yang manis-manis. Karena tanpa pahit tidak akan ada manis.

Nah, kembali lagi ke daun pepaya. Daun pepaya ini juga banyak dimanfaatkan untuk bahan makanan. Contohnya, orang-orang di Desa ku juga banyak yang menggunakan daun pepaya ini sebagai makanan. Bisa direbus lalu dijadikan lalapan, atau bisa juga dijadikan makanan lainnya seperti urap-urap.  Jangan bayangkan rasanya yang pahit, tapi ingat manfaatnya yang berlimpah.

Manfaat Daun Pepaya

Dibalik rasanya yang pahit, siapa sangka daun pepaya ini memiliki segudang manfaat yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh. Banyak yang menganak tirikan daun yang satu ini. Karena selain rasanya yang pahit, daun ini juga jarang ditemukan ditempat penjual sayur di pasar maupun tukang sayur keliling. Jadi, orang menganggap daun ini tidaklah penting dan lebih memilih sayuran hijau lain yang memiliki rasa lebih enak.


Mungkin karena belum mengetahui manfaatnya sehingga jarang yang berminat untuk mengkonsumsi sayuran yang bercita rasa pahit ini. Apalagi dijaman yang serba modern ini. Sudah banyak jenis makanan-makanan baru yang lebih enak dan bisa cepat saji. Nah, mulai sekarang kalian harus rajin-tajin nih mengkomsumsi daun yang satu ini. Karena mempunyai banyak manfaat. Antara lain adalah.

  • Pengenceran darah

Daun pepaya mampu membuat pengenceran darah menjadi lebih cepat. Karena seperti yang kita ketahui, daun yang memiliki warna hijau gelap banyak mengandung vitamin K yang sangat berperan dalam pengenceran darah.

  • Melunakkan daging

Adanya kndungan enzim protase ini sangat berguna untuk melunakkan daging dalam proses perebusanya. Sehingga ini bisa menjadi solusi bagi kalian yang ingin melunakkan daging tanpa panci presto.

  • Untuk demam berdarah

Minum rebusan air daun pepaya mampu mengurangi penyakit demam berdarah. Meskipun tidak dapat menyembuhkan namun air rebusan daun pepaya ini mampu mengurangi sedikit rasa sakitnya. Karena daun pepaya ini memiliki zat aktif yang mengandung antimalaria dan demam berdarah.

  • Kurangi nyeri haid

Kandungan zat aktif pada daun pepaya ini selain mengandung anti malaria, namun juga dapat mengurangi rasa nyeri pada saat menstruasi.

  • Tingkatkan imun

Daun pepaya memiliki kandungan energi, protein dan vitamin. Selain itu daun pepaya juga memiliki kandungan antioksidan yang sangat berguna untuk meningkatkan sistem imun pada tubuh.

  • Baik untuk kulit

Daun pepaya kaya akan vitamin C dan vitamin A yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit.

  • Cegah Kanker

Kandungan antioksidan yang tinggi mampu menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker.

Orang Yang Dilarang Mengkonsumsi Daun Pepaya

Selain memiliki kandungan manfaat yang melimpah, daun pepaya ini juga berbahaya jika dikonsumsi bagi orang-orang tertentu.
Kandungan zat yang ada didalam daun pepaya ini sangat tidak baik untuk beberapa orang yang akan saya sebutkan dibawah ini, antara lain.


  • Wanita hamil

Berdasarkan penelitian, wanita hamil sebaiknya menghindari konsumsi daun pepaya ini. Karena diyakini getah yang ada didalam daun pepaya ini sangat berbahaya jika dikonsumsi oleh wanita hamil.

  • Penderita asam urat

Karena adanya kandungan purin yang terdapat didaun pepaya ini sangat tidak dianjurkan bagi para penderita asam urat untuk mengkonsumsi daun pepaya ini dalam jumlah banyak.

  • Wanita yang menginginkan keturunan

Ada beberapa zat didalam daun pepaya ini yang diyakini mampu menunda terjadinya pempuahan pada sel telur wanita. Sehingga wanita yang mengkonsumsi.daun pepaya yang terus menerus akan sulit mendapatkan keturunan.

Penutup

Nah, gimana sobat. Sudah tertarikkah Anda untuk mengkonsumsi daun pepaya?
Jangan rasa pahitnya yang dipikir tapi manfaatnya juga yang sangat baik untuk kesehatan. Atau saat kalian makan daun pepaya anggap saja yang kamu makan itu roti atau apalah yang kalian anggap enak hehe. Tapi tetap saja rasanya pahit. Memang kebanyakan yang baik untuk kesehatan itu rasanya kurang bersahabat dengan lidah kita.

Seperti obat dari dokter, dan ada satu lagi yang kurang bersahabat dengan lidah kita, yaitu menunya orang yang lagi diet. Semua serba hambar dan kebanyakan cara masaknya hanya direbus atau dikukus. Tapi itu semua demi kesehatan juga. Karena kesehatan adalah hal yang termahal di dunia ini. Tanpa tubuh yang sehat, kita tidak mampu berbuat apa-apa.

Oke, sampai disini dulu ya sobat. Pembahasan tentang Berbagai manfaat daun pepaya bagi kesehatan ini. Semoga bisa menjadi manfaat bagi Anda. Jangan lupa dishare yah.
Reny Saya hanya seorang pemalas yang selalu merindukan gajian tanpa bekerja.

Belum ada Komentar untuk "Berbagai Manfaat Daun Pepaya Bagi Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel