5 Cara Mengembangkan Usaha Ayam Petelur

Cara Mengembangkan Usaha Ayam Petelur kini sudah menjadi pilihan banyak perintis usaha baru untuk menjadikannya bisnis yang sukses. Usaha ternak ayam petelur merupakan bisnis yang menjajnjikan. Bisa dilakukan dengan modal yang sedikit dan menghasilkan keuntungan yang berlipat ganda. Ada 2 jenis ayam yang biasa dijadikan peluang bisnis yaitu ayam potong yang biasanya duambil dagingya dan juga ayam petelur biasanya dupelihara untuk mendapatkan telurnya.

Dan jika usia ayam itu sudah tidak produktif lagi ayam bisa dipotong dan dijual dagingnya seperti ayam pada umumnya. Pada dasarnya ayam adalah jenis hewan yang paling mudah untuk dikembang biak kan dan di rawat. Beternak ayam juga tidak memerlukan banyak lahan yang luas. Karena kandang ayam bisa ditaruh dibelakang rumah bahkan dikebun kosong yang terbengkalai. Dalam membangun bisnis ayam petelur ini cukup mudah perawatnya. Ayam cenderung tidak terlalu sulit dirawat tidak seperti ayam potong. Meskipun begitu tetap ada cara - cara tertentu yang harus diperhatikan dalam beternak ayam petelur ini. Adapun cara- caranya adalah sebagai berikut.


Cara Mengembangkan Ayam Petelur

Mengingat telur ayam merupakan makanan yang sangat digemari oleh banyak masysrakat Indonesia, kini banyak orang berlomba lomba untuk bisa merintis bisnis ini untuk mencapai kesuksesan yang mereka inginkan. Anda juga bisa merintis bisnis ayam petelur Anda mulai sekarang, karena disini saya akan berbagi beberapa tips untuk mengembangkan ayam petelur. Caranya sebagai berikut.

1. Siapkan modal.

Mengembangkan bisnis ayam petelur ini tidak terlalu memerluka banyak modal, modal nya cukup ringan namun mampu mendatangkan keuntungan yang luar biasa. Oleh sebab itu banyak orang yang menyukai bisnis ini. Siap kan modal sesuai dengan kebutuhan yang kira- kira Anda butuhkan saja. Buat sepraktis mungkin agar pengeluaran tidak membengkak.

2. Kandang ayam

Jangan lupa untuk menyiapkan kandang untuk tempat tinggal ayam petelur Anda. Sebaiknya ditaruh jauh dari perumahan agar kotoran ayam yang bau dan dapat menyebarkan penyakit ini tidak terlalu mencemari pemukiman disekitar. Usahakan untuk menempatkan kandang pada tempat yang dapat menerima pencahayaan yang cukup juga sirkulasi udara yan baik. Dan buat kandang yang bisa dengan mudah dalam pengambilan telurnya dan untuk membersihkan kotoranya. Usahakan untul membuat kandang yamg tidak terlalu lebar, buat sekat untuk setiap ayamnya buat kandang yang bisa membuat ayam bisa berdiri agar mudah proses bertelurnya.

3. Pilih bibit unggulan

Setelah itu Anda juga harus mempersiapkan bibit ayam yang baik, agar hasil yang didapatkan bisa maxsimal. Sehingga Anda bisa menghasilkan telur ayam yang melimpah. Pilih bibit ayam yang sehat dan yang tidak cacat. Untuk pembelian dalam skala besar Anda bisa membelinya melalui suplier ayam yang besar yang biasanya menyediakan bibit ayam dalam hitungan perbox. Dan biasanya per sati box berisi sekitar seratus ayam dan biasanya suplier akan memberi Anda tambahan sekitar 5 hingga 6 ekor. Dengan begitu saja Anda sudah mulai mendapat keuntungan dari penambahan ayam tersebut.

4. Pakan.

Jangan lupa untuk selalu memberi pakan yang mengandung banyak vitamin dan protein agar ayam dapat menghasilkan telur dengan baik dan semaxsimal mungkin. Karena jika ayam kurang pakan ayam akan terlihat lebih kurus hingga tidak dapat lagi memproduksi telur yang banyak. Hal ini juga dapat mendatangkan kerugian yang besar jika jumlah ayam yang tidak berproduksi secara normal terdapat dalam jumlah yang besar.

5. Vaksin

Ayam juga memerlukan vaksin yang teratur dan rutin agar kondisi ayam tetap prima sehingga masa produksinya pun dapat bertahan lebih lama. Ayam sangat mudah terserang penyakit, ileh karena itu rajin- rajinlah untuk merawat kebersihan kandang dan selalu rutin memberi vaksin yang tepat, misalnya vaksin flu babi dan juga vaksin flu burung. Karena dua penyakit tersebut sangat identik dengan penyakit - penyakit yang sering dialami oleh ayam.

Mengembangbiakan Ayam Petelur

Mengembangbiakan ayam petelur ini sangatlah mudah, ayam petelur tidak terlalu rentan terhadap penyakit seperti ayam potong. Namun, perawatan demi perawatan juga harus tetap diperhatikan untuk menjaga kualitas telur yang dihasilkanya. Selain itu perawatan dilakukan untuk membuat ayam tetap sehat sehingga ayam dapat berumur panjang, sehingga bisa terus menghasilkan telur untuk Anda. Telur ayam merupakan komonditi utama bagi setiap ibu rah tangga baik itu untuk dikonsumsi sehari - hari maupun untuk bahan membuat kue dan sebagainya. Pada intinya usaha ayam petelur ini merupakan bisnis yang benar- benar menjanjikan. Dengan catatan Anda melakukanya dengan benar dengan segala ketentuan yang ada dan sesuai anjuran perawatan yang ada.

Demikian sedikit penjelasan singkat tentang 5 cara mengembangakan usaha ayam petelur ini, semoga bisa menjadi solusi untuk menjadikanya pilihan bisnis Anda. Semoga sukses dan Terimakasih

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "5 Cara Mengembangkan Usaha Ayam Petelur"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel