Mimisan : Penyebab dan Cara Mengatasinya

# Pengertian Mimisan :

Mimisan adalah pendarahan yang keluar melalui hidung. Mimisan bisa terjadi pada semua kalangan usia, baik itu anak- anak maupun orang dewasa. Semua hal tidak mungkin terjadi bila tidak ada sebabnya. Seperti halnya mimisan, mimisan terjadi karena ada beberapa faktor kesalahan.

Apa saja kah faktor itu?, itu yang akan kita bahas kali ini. Sebagai orang tua yang cerdas atau bisa dikatakan orang tua jaman now ya kalau orang menyebutnya, harus pandai mengatasi semua masalah termasuk ketika anak Anda mimisan jangan panik, cari dulu solusinya tentunya. Mimisan atau dalam istilah kedokteran disebut dengan epistaksis adalah hal yang wajar terjadi.


Jadi, mimisan atau epistaksis ini pada umumnya cenderung lebih tidak berbaya. Penderita tidak akan merasakan sakit apapun di area hidung ketika proses mimisan ini terjadi. Ini terjadi hanya seperti air yang mengalir melalui hidung. Jangan panik untuk mengatasi orang yang sedang mimisan. Mimisan atau epistaksis ini pada umumnya lebih sering terjadi pada anak- anak. Kalau orang tua jaman dulu jika ada anaknya yang sedang mengalami mimisan biasanya akan menyumpal hidung anaknya yang mimisan menggunakan selembar daun sirih.

Cara itu dipercaya dapat menghentikan darah mimisan agar tidak keluar lagi.Cukup efektif juga ya sobat caranya. Bisa dicoba tuh bun, untuk menghentikan mimisan pada anak- anak bunda. Karena biasanya cara orang- orang jaman dulu itu manjur. Nah, lalu apa saja sih penyebab mimisan itu? dan kenapa bisa terjadi pendarahan melalui hidung?. Dibawah ini saya akan menjelaskan beberapa penyebab terjadinya mimisan.

# Penyebab Mimisan

Mimisan atau epistaksis ini masih wajar kok, jangan buru- buru di kait- kaitkan dengan penyakit yang lain dulu ya sobat. Jangan buat diri Anda terlihat bodoh jika menyimpulkan sesuatu tanpa mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Nah, beirkut sebab- sebab yang bisa memicu terjadinya mimisan.

  • Ketika mengorek hidung, terkadang kita tidak sengaja melukai bagian dalam hidung kita. Sehingga bisa terjadi pendarahan pada hidung.
  • Bisa juga karena selaput darah yang ada di hidung kita itu tipis.  
  • Disebabkan oleh sinusitis yang sudah akut atau kronis. 
  • Karena terlalu lama mengkonsumsi obat- obatan dari dokter atau juga obat- obatan yang dapat mencairkan darah. Seperti antikoagulan atau juga aspirin 
  • Udara yang kering dan dingin bisa juga jadi faktor penyebab terjadinya mimisan. Karena udara yang dingin bisa membuat area dalam hidung menjadi kering dan rentan terluka.
  • Bentuk hidung yang bengkok juga berpengaruh untuk terjadinya mimisan, misalnya karena cedera atau juga karena memang sudah keturunan. 
  • Terjadi cedera hidung, misalnya saat jatuh atau terkena pukulan pada area hidung. 
  • Menjadi pecandu minuman yang beralkohol tinggi.
  • Pengguna obat- obatan terlarang seperti kokain.
  • Kelainan kemampuan dalam pembekuan darah, sehingga darah cenderung lebih cair dan mudah keluar saat terjadi benturan, atau sepwrti hemofilia. 
  • Bisa juga disebabkan karena adanya tumor pada rongga hidung. 

Tapi dalam kasus ini masih jarang terjadi. Kebanyakan orang tua akan panik ketika mendapati anaknya tiba- tiba saja mimisan. Hal ini sangat wajar tapi sebenarnya itu tidaklah perlu dibuat panik. Seorang anak kecil mungkin akan menangis saat dia mimisan, hal ini bukan disebabkan karena ada rasa sakit atau apa. Tetapi hanya karena mereka merasa takut ketika melihat ada darah yang keluar dari hidungnya, yang baginya belum biasa terjadi.

Sebagai orang tua Anda wajib menenangkan anak Anda agar tidak panik saat hal ini terjadi. Nah disini saya juga akan memberikan beberapa tips bagaimana sih cara menghadapi mimisan dan apa saja yang harus dilakukan?. Ini nih wajib baca buat kalian yang sering banget mimisan.

# Cara Mengatasi Mimisan

Mimisan akan terlihat menakutkan bagi mereka yang belum mengetahui apa sebenarnya yang terjadi. Kebanyakan dari mereka akan menyimpulkan sendiri-sendiri pendapat mereka dengan mengaitkan dengan penyakit kronis,seperti kanker otak, kanker darah ,tumor dan sebagainya.

Jangan dengerin, mereka hanyalah korban sinetron, karena disentron yang mereka lihat jika ada yang mimisan selalu mempunyai riwayat penyakit kronis. Ingat loh ini dunia nyata bukan sinetron bunda. Nah balik lagi ke inti pembicaraan. Berikut adalah hal - hal yang harus dilakukan saat terjadi mimisan :

1. Duduklah dengan tegak dan usahakan jangan sampai dalam keadaan berbaring. Karena dengan posisi duduk dengan tegak dapat mengurangi tekanan darah pada hidung Anda. Hingga hal ini dapat mengurangi bahkan menghentikan pendarahan pada hidung Anda.

2. Anda bisa sedikit mencondongkan badan Anda sedikit kedepan. Sehingga darah bisa mengalir semua kerongga hidung hingga keluar melalui hidung dan tidak masuk ketenggorokan yang kemungkinan besar akan tertelan. 3. Jika ada darah yang masuk ketenggorokan usahakan untuk mengeluarkanya melalui mulut Anda. Karena darah yang tertelan akan memicu terjadinya mual hingga rasa ingin munyah.

4. Anda juga bisa meletakkan kompres dingin di area hidung Anda. Proses ini akan mengurangi pendarahan yang terjadi.

5. Untuk menghentikan pendarahan melalui hidung. Anda bisa menaruh ibu jari dan jari telunjuk Anda pada area hidung atau Anda bisa memencet hidung Anda dengan kurang lebih 10 menit. Lalu keluarkan semua darah melalui mulut Anda.

Nah, cukup mudah kan untuk mengatasi mimisan ini. Tidak perlu dibawa kedokter selama itu masih wajar dan jangan terlalu panik. Anda bisa segera pergi kedokter jika mimisan yang terjadi seperti dibawah ini :

Mimisan yang terjadi pada anak usia dibawah 2 tahun. 

  1. Mimisan dengan volume darah yang keluar sangat banyak hingga tidak lagi menetes tapi seperti air mengalir. 
  2. Mimisan yang pendarahanya tidak berhenti - henti hingga 30 menit lebih. 
  3. Terlalu sering mengalami mimisan dalam waktu singkat, misalnya sehari bisa 4 sampai 5 kali. 
  4. Mimisan yang terjadi saat Anda baru mengalami cedera. Karena kemungkinan besar bisa terjadi kesalahan pada hidung Anda seperti luka atau ada tulang yang patah. 
  5. Muntah darah dikarenakan terlalu banyak darah yang tertelan. 
  6. Wajah menjadi pucat karena terlalu banyak darah yang keluar. 
  7. Mimisan disertai demam tinggi. Dengan pola hidup sehat semua itu tidak akan terjadi, Anda bisa mencegahnya dari sekarang dengan cara menerapkan pola hidup sehat dan lebih banyak mengkonsumsi air putih. 

Oke, sampai disini dulu ya sobat penjelasan dari saya tentang mimisan. Semoga artikel Mimisan: Penyebab dan Cara Mengatasinya ini dapat sangat membantu Anda untuk menga

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mimisan : Penyebab dan Cara Mengatasinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel