Asam urat | Penyebab | Gejala | Cara mengobati | Cara mencegah

Apa itu Asam Urat ?

Asam Urat adalah penyakit yang sering terjadi pada bagian persendian. Disetiap sendi yang ada ditubuh kita akan terasa nyeri yang bisa sampai tak tertahankan bahkan bisa juga hingga mengalami pembengkakan, dan terasa panas pada persendian.

Asam urat atau gout ini bisa terjadi pada semua bagian sendi yang ada ditubuh kita, semua bisa mengalami resiko asam urat. Namun, diantara semua sendi yang kita miliki pada umumnya dan yang paling sering bisa terserang penyakit asam urat ini ialah seperti pada sendi tangan, lutut, pergelangan kaki dan juga sendi pada bagian jari kaki. Pada kasus penyakit asam urat ini laki- laki berusia diatas 30 tahun lebih beresiko mengalami asam urat dibandingkan perempuan. Dan juga lebih rawan terjadi pada usia lanjut, karena penyakit asam urat rentan terjadi kepada orang yang sudah mengalami menopause.

Cara mengobati asam urat

Asam urat sangat lah mengganggu Anda dalam beraktifitas. Karena rasa nyeri yang teramat sangat mengganggu ini bisa membuat ruang gerak Anda menjadi terbatas. Penyakit ini biasanya bisa menyerang tiba - tiba. Seketika bisa seperti tidak terasa namun, ketika penyakit ini kembali menyerang akan terasa nyeri yang membuat Anda hingga susah bergerak. Penyakit asam urat rasa sakitnya bisa terasa sampai 3 hingga 10 hari.

Penyebab Asam Urat

Penyebab Asam Urat bisa datang dari berbagai faktor. Bisa dari faktor genetika, dari pola hidup sehari- hari, makanan, bisa juga karena tubuh bisa dengan baik menghasilkan zat asam urat dan ginjal tidak mampu untuk segera membuang zat asam urat tersebut. Banyak yang bilang kalau mandi terlalu malam juga bisa menyebabkan asam urat. Benarkah pernyataan itu, lalu apa saja yang dapat menyebabkan asam urat. Berikut adalah faktor- faktor yang dapat menyebabkan asam urat.
  1. Faktor usia . Asam urat biasanya lebih rentan terjadi pada orang yang sudah berusia lanjut seperti pada usia 40 hingga 50 tahun keatas karena asam urat akan lebih banyak terjadi pada orang yang sudah menopause. Dan asam urat ini sangat jarang terjadi pada anak -anak.
  2. Jenis kelamin. Biasanya dalam penyakit ini pria beresiko lebih besar mengalami asam urat dibandingkan wanita. Karena ini disebabkan hormon estrogen pada wanita mampu menurunkan kadar asam urat serta memperlancar pembuanganya melalui ginjal. Pada masa puber pada pria maka kadar asam uratnya akan naik.
  3. Riwayat keluarga. Asam urat juga bisa didapat dari faktor genetik atau keturunan. Jika salah satu keluarga kita ada yang pernah mengalami  asam urat maka Anda juga beresiko mengalaminya juga.
  4. Diet. Orang yang sedang berdiet biasanya akan banyak mengkonsumsi makanan yang tidak terlalu banyak mengandung kalori dan juga lemak. Dan makanan yang mereka makan biasanya mengandung lebih banyak purin,seperti yang kita ketahui purin merupakan zat yang dapat memicu terjadinya asam urat. Dan makanan yang mengandung purin yang biasa dikonsumsi orang berdiet seperti : Daging merah, jeroan, ikan kalengan, teri, ikan haring, asparagus, kembang kol,   jamur dan kacang- kacangan.
  5. Paparan timbal. Paparan timbal yang terlalu tinggi juga dipercaya dapat memicu terjadinya asam urat.
  6. Konsumsi alkohol. Mengkonsumsi alkohol berlebih juga dapat menyebabkan asam urat pada pria maupun wanita.
  7. Kondisi kesehatan lainya. orang yang mempunyai masalah kesehatan seperti obesitas, hipertensi, diabetes, kolestrol tinggi, gangguan tiroid. Biasanya akan lebih besar beresiko mengalami asam urat.
  8. Mandi malam. Sudah dari jaman dahulu sering kali orang tua selalu menasehati agar tidak mandi terlalu malam, karena hal ini dapat memicu terjadinya asam urat. Selain dapat menyebabkan asam urat mandi malam juga dapat menyebabkan reumatik dan juga dapat menurunkan metabolisme tubuh.
  9. Konsumsi obat- obatan. Mengkonsumsi obat- obatan yang terlalu sering juga dapat menyebabkan asam urat, seperti :
  • Mengkonsumsi obat - obatan yang mengandung aspirin dengan dosis rendah setiap hari,biasanya digunakan untuk mencegah terjadinya stroke.
  • Mengkonsumsi obat- obatan diuretik yang biasanya digunakan untuk megatasi darah tinggi dan juga gagal jantung.
  • Mengkonsumsi obat- obatan anti penolakan seperti cyclosporine
  • Konsuumsi niacin yang biasanya digunakan untuk menaikan HDL dalam darah.

Gejala Asam Urat

Masih banyak lagi penyebab asam urat lainya, penjelasan diatas hanya sebagian saja. Yang terpenting adalah menjaga pola hidup kita. Lalu apa saja gejala- gejala yang muncul saat asam urat. Berikut gejala- gejala yang mungkin terjadi saat asam urat :
  • Didaerah persendian akan terasa nyeri, ngilu, kesemutan hingga terjadi pembengkakan pada persendian hingga peradangan berwarna merah.
  • Rasa nyeri pada persendian biasanya lebih sering terjadi pada pagi hari saat bangun tidur dan juga malam hari.
  • Rasa nyeri ini akan terjadi secara berulang- ulang.
  • Jika sudah parah, di daerah persendian akan terasa sakit ketika digunakan untuk bergerak seperti berjalan atau untuk mengangkat benda.
  • Persendian yang sering mengalami nyeria ialah pada sendi jari tangan,jari kaki, lutut, pergelangan kaki.

Cara Mengobati Asam Urat

Cara mengobati asam urat dapat dilakukan dengan dua metode pengobatan. Yaitu, dengan cara pengobatan tradisional dan pengobatan modern. Adapun caranya adalah sebagai berikut:

 1. Pengobatan tradisional. Saat Anda mengetahui bahwa diri Anda sedang mengalami asam urat maka lakukan metode berikut ini. Ambil es batu lalu bungkus menggunakan handuk dan tempelkan pada bagian sendi yang mengalami nyeri. Jangan mencoba menempelkan langsung es batu pada bagian kulit tanpa dilapisi kain. Karena dapat merusak permukaan kulit Anda.

2. Pengobatan Modern Pengobatan secara modern yaitu dilakukan dengan menggunakan obat- obatan dari dokter. Dan dianjurkan untuk konsultasi dengan dokter ketika Anda mengalami asam urat.

Mencegah Asam Urat

Lalu bisakah penyakit asam urat ini dicegah?, tentu saja bisa. Dibawah ini saya akan memberikan beberapa cara untuk mencegah terjadinya asam urat. Karena sebaik baiknya pengobatan tidak ada yang lebih baik dari mencegah penyakit itu sendiri sebelum masuk ketubuh kita. Berikut adalah cara untuk mencegah asam urat :
  • Mengurangi minum -minuman yang mengandung terlalu banyak alkohol. Karena alkohol adalah salah satu yang mengandung zat purin yang cukup banyak.
  • Konsumsi air putih yang mengandung alkaline sebanyak 12 gelas setiap harinya.
  • Hindari makanan yang mengandung purin seperti ikan teri, ikan hering, sardin, kembang kol, hati, jeroan, ikan tuna, ikan trout, lobster, udang, kerang, daging, kaldu kacang- kacangan dan lain sebagainya.
  • Mengkonsumi susu juga dapat mencegah terjadinya asam urat. Karena susu dapat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh.
Demikianlah penjelasan singkat tentang Asam urat | Penyebab | Gejala | Cara mengobati | Cara mencegah asam urat yang biasa Anda derita selama ini. Semua tidaklah jauh dari bagaimana cara menjaga pola hidup kita. Selagi pola hidup Anda sudah benar maka penyakitpun enggan untuk menghampiri Anda. Semoga bermanfaat ya, dan jangan lupa untuk membagikanya kepada orang - orang terdekat Anda terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Asam urat | Penyebab | Gejala | Cara mengobati | Cara mencegah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel