Cara Menyiapkan Lahan Untuk Menanam Jagung Ala Petani Desa

Cara menyiapkan lahan untuk menanam jagung. Dengan datangnya musim hujan, itu berarti masa bercocok tanam sudah mulai. Karena menjadi petani Desa seperti saya ini hanya dapat mengandalkan pengairan untuk tanaman melalui curah hujan yang turun. Jadi, sebenarnya menjadi petani Desa itu bisa dikatakan nekat. Kenapa demikian? Karena jika sewaktu-waktu hujan tidak turun seperti yang diharapkan, maka pertumbuhan tanaman akan menjadi taruhannya.

Seperti saat ini, bisa dikatakan musim hujan kali ini sedikit mengalami kemunduran. Karena biasanya pada bulan Oktober sudah mulai turun hujan sedang hingga lebat, dan kali ini hingga bulan Desember ini curah hujan masih belum setabil seperti tahun sebelumnya. Bisa dikatakan sedikit telat.
Cara menyiapkan lahan untuk menanam jagung
Tapi itu tidak menghentikan para petani untuk terus bercocok tanam meskipun sedikit telat. Yang biasanya pada tahun lalu di bulan Desember jagung sudah mulai berbunga, maka saat ini petani baru mulai menanam. Pertumbuhan jagung sendiri sebenarnya bisa mencakup beberapa faktor. Salah satunya ialah faktor lahan untuk menanamnya. Sudah benar atau belumkah lahan Anda. Simak yang berikut ini.

Menyiapkan Lahan Yang Benar Untuk Mendapatkan Hasil Jagung Yang Maksimal

Cara menyiapkan lahan untuk menanam jagung sendiri sebenarnya merupakan hal yang tidaka begitu rumit. Karena tanaman jagung merupakan salah satu tanaman yang bisa dikatakan tidak begitu rewel. Lain halnya dengan padi yang lahannya harus bersih jika tidak ingin pertumbuhan padi terhalang.

Maka dari itu, tidak sedikit petani yang lebih memilih bertanam jagung daripada padi. Karena secara perawatannya juga terbilang mudah.

Cara menyiapkan lahan untuk menanam jagung di Ladang cukup mudah. Caranya tinggal bersihkan area yang akan ditanami dari rumput-rumput liar (bisa menggunakan obat khusus untuk mengstasi rumput) maupun ranting-ranting yang berserakan. Lalu gemburkan tanah supaya jagung mudah tumbuh. Buat tanah menjadi berundak-undak dengan jarak sekitar 30 cm antara lajur satu dengan yang lainnya (kalau ditempat saya namanya di palir gess). Itu juga akan memudahkan air mengalir. Jadi pengairan bisa pas saat turun hujan lebat. Juga akan memudahkan untuk mengatasi gulma.

Cukup mudah dan simpel sekali sebenarnya cara menyiapkan lahan untuk menanam jagung ini. Tidak memerlukan biaya yang banyak juga.

Nah, cukup sekian cara dari saya kali ini. Semoga bermanfaat, jangan lupa share dan temukan cara-cara lainnya tentunya di blog Panggulku. Terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Cara Menyiapkan Lahan Untuk Menanam Jagung Ala Petani Desa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel