Ampuh Cegah Kehamilan Dengan Resep KB Alami Yang Baik Untuk Kesehatan

Resep KB alami. KB atau keluarga berencana merupakan salah satu program untuk mengatasi kepadatan penduduk. Selain itu, KB juga berperan penting untuk menentukan kesejahteraan pertumbuhan anak-anak. Kenapa demikian? Karena ketika seseorang memiliki anak yang terlalu banyak, kesejahteraan anak tersebutakan terganggu. Mulai dari kurangnya kasih sayang, kurangnya pertumbuhan karena terlalu repot mengurus terlalu banyak anak hingga tidak dapat menjadi prioritas.

Dengan adanya KB, kesejahteraan anak lebih terjamin. Gerakan 2 anak cukup ini membuat populasi manusia menjadi teratasi. KB memiliki banyak jenisnya, mulai dari KB suntik, spiral, steril, pil KB, alat kontrasepsi hingga ada juga KB untuk laki-laki.
Resep KB alami
Namun, KB tersebut kini mulai menuai pro dan kontra karena efeknya kadang ada yang kurang baik untuk kesehatan. Setiap KB memiliki efek samping sendiri-sendiri tergantung keadaan pemakainnya juga sebenarnya. Mulai dari KB suntik, kini juga banyak yang mengeluh karena ketika KB ada yang mengalami datang bulan tidak kunjung berhenti. Ini juga pernah saya alami ketika menggunakan KB suntik 3 bulan maupun yang 1 bulan.

Begitu juga dengan KB yang lainnya, banyak keluhan-keluhan tersendiri yang di alami para pengguna KB. Dan lagi, pada saat wanita menggunakan KB, hasrat wanita dalam hubungan intim suami istri juga menurun. Hingga kini ada solusi baru, yaitu dengan menjalani KB alami. KB yang dilakukan secara alami tanpa memasukkan obat-oabatan lagi ke dalam tubuh. Berikut penjelasannya.

Hidup Sehat Dengan KB Alami

Resep KB alami ini sebenarnya sudah ada sejak dulu. Hanya saja, beberapa orang takut menerapkannya dalam kehidupan mereka dengan alasan takut kebobolan. Atau takut KB alami yang mereka lakukan gagal alhasil mereka hamil lagi. Selain itu, mereka menjadi was-was ketika melakukan hubungan intim.

Setiap KB memang memiliki kekurangan masing-masing. Namun KB alami ini sebenarnya sangat baik untuk kesehatan. Dan KB alami ini akan berhasil dengan syarat pengguna harus wajib disiplin. Disiplin dalam menjalankan KB, tidak boleh lupa. Karena menjalankan KB alami ini membutuhkan ketlatenan.

Berikut adalah macam-macam resep KB alami.

1. KB kalender
KB kalender ialah KB yang menentukan masa subur dengan perhitungan kalender. Jadi, pada saat masa subur, suami istri tidak boleh melakukan hubungan suami istri. Libur dulu ya untuk beberapa hari saja kok.

Cara menghitung masa subur ialah sebagai berikut. Dengan menghitung awal dan akhir masa menstruasi. Misalnya jika siklus haid Anda ialah 28 hari sampai 30 hari, maka masa subur Anda ialah hari ke 14 hingga hari ke 19 dihitung dari hari akhir Anda menstruasi. Pada saat itulah Anda tidak boleh melakukan hubungan suami istri.

2. Ejakulasi di luar vagina
Nah, untuk KB yang satu ini membutuhkan kerja sama kedua belah pihak, atau dengan pasangan Anda. Karena dengan menerapkan KB ini sang suami harus tau kapan dia ingin ejakulasi. Dan pada saat itulah suami harus mengeluarkannya di luar vagina.

3. Menyusui
Selain bermanfaat untuk pertumbuhan bayi, memeberikan ASI eksklusif juga dapat mencegah kehamilan pada si ibu. Karena dengan menyusui masa ovulasi dan menstruasi si ibu akan terhambat. Maka dari itu, ibu harus siap menyusui kapanpun si anak minta ASI.

Metode ini tidak akan berlaku jika Anda menyusui dengan cara memeras ASI Anda. Karena KB ini akan bekerja dengan bantuan pengisapan ASI dari si bayi itu sendiri. Dan jika Anda sudah mulai mengalami menstruasi, diharap untuk menggunakan KB lain, karena saat Anda sudah menstruasi berarti metode ini sudah tidak dapat mencegah kehamilan lagi.

4. Cek lendir serviks
Metode ini mengharuskan Anda untuk selalu mengecek lendir yang keluar dari serviks sejak hari pertama usai menstruasi. Sebelum melepaskan ovarium, serviks akan mengeluarkan lendir yang lebih encer daripada biasanya. Anda harus memperhatikan perubahan lendir yang keluar dari serviks sejak hari pertama setelah Anda menstruasi.

Caranya, Anda harus mengecek setiap lendir yang keluar dengan cara melihat di celana dalam dan mengelap bagian intim dari depan ke belakang  menggunakan tisu. Dan perhatikan warna dan kekentalannya. Anda bisa dikatakan dalam masa subur ketika lendir keluar banyak dan berwarna bening, encer atau seperti lendir putih pada telur.

Saat itulah Anda tidak boleh melakukan hubungan suami istri hingga sekitar 5 hari kedepan. Hindari penggunaan sabun pembersih kewanitaan karena akan menghilangkan lendir pada serviks.

5. Menggunakan ramuan-ramuan dari bahan dapur

  • Pepaya

Buah yang satu ini dipercaya dapat menghambat kehamilan. Karena kandungan enzim papai pada pepaya akan menekan produksi hormon progesteron. Dengan mengkonsumsi pepaya ini, diyakini akan menimbulkan kontraksi pada serabut otot rahim yang akan memicu terjadinya mestruasi.

Caranya konsumsi pepaya selama 3-4 hari setelah melakukan hubungan intim.

  • Jahe

Dengan minum 2 cangkir teh jahe setiap hari ternyata dapat dijadikan KB alami untuk menghambat kehamilan. Cara buatnya cukup revus secangkir air dengan tambahan bubuk teh dan parutan jahe.

  • Aprikot

Buat ramuan dengan mencampurkan 100 gram aprikot kering dan 2 sendok madu rebus menggunakan secangkir air. Rebus beberapa menit hingga tercampur rata

Konsumsi juga 5-10 buah aprikot untuk mencegah kehamilan.

Nah, cukup mudah sebenarnya untuk menjalankan KB alami tanpa harus memasukkan obat-obatan dalam tubuh. Hanya saja, dibutuhkan ketlatenan ya untuk menjalankannya dan menimmati hasilnya.

Sampai disini dulu perjumpaan kita kali ini di resep KB alami yang semoga menjadi manfaat bagi Anda. Jangan lupa share dan kunjungi blog Panggulku untuk mendapatkan imformasi lainnya. Terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Ampuh Cegah Kehamilan Dengan Resep KB Alami Yang Baik Untuk Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel