Kenali Ciri-ciri Capek Psikis Sejak Dini Karena Lebih Berbahaya Daripada Capek Fisik

Ciri-ciri capek psikis. Setiap hari badan kita tentu saja melakukan berbagai aktifitas full. Yang kadang bisa di luar ruangan, kadang juga di dalam ruangan. Ketika fisik Anda selesai menjalankan segala aktifitasnya seharian, tentunya akan terasa sangat capek. Dan rasa capek tersebut akan hilang ketika Anda gunakan beristirahat.

Beda ceritanya jika yang capek adalah psikis Anda. Anda akan lebih susah untuk menghilangkannya. Tidak cukup hanya istirahat, bahkan istirahatpun terkadang malah akan semakin membuat psikis Anda merasa lelah.
Ciri-ciri capek psikis
Capek psikis dan capek fisik ini sangatlah berbeda. Mulai dari penyebabnya, dampaknya dan cara penanganannya. Jika capek fisik mungkin digunakan untuk istirahat 1-2 hari saja akan hilang dan langsung bisa aktifitas lagi. Beda halnya dengan capek psikis, tidak pasti waktu yang dibutuhkan untuk memulihkannya.

Perbedaan dan Ciri-ciri Capek Psikis

Capek fisik itu lebih kerasa capek yang ada di badan. Seperti pegal-pegal, linu, kram dan nyeri. Sedangkan capek psikis itu lebih mendasar kepada batin. Bisa terjadi karena tekanan batin, keadaan yang tidak disukai namun berusaha untuk menikmatinya, muak dengan sesuatu yang itu-itu saja dan banyak lagi penyebabnya. Capek psikis ini bisa berdampak pada mood Anda.

Ketika seseorang sudah capek psikisnya, apapun yang dijalaninya serasa tidak benar, muak dan ada rasa ingin marah. Ciri-ciri capek psikis itu banyak sekali. Bahkan kadang-kadang sulit juga untuk dimengerti oleh orang lain. Karena capek psikis itu hanya kita yang tahu.

1. Tetap merasa capek meskipun sudah istirahat semalaman
Ketika Anda bangun di pagi hari lalu Anda masih merasa capek, bisa jadi itu yang capek sebenarnya adalah psikis Anda. Padahal Anda sudah cukup tidur 8 jam, tapi rasa capek tetap terasa nyata di badan Anda. Itu karena selama Anda istirahat hanya badan Anda yang istirahat, psikis Anda tetap tidak bisa istirahat, entah karena tidak tenang atau hal lain.

2. Banyak melamun
Tanpa Anda sadari, ketika Anda mulai banyak melamun dan mempunyai pikiran untuk keluar dari kehidupan Anda yang saat ini itu karena psikis Anda sudah capek. Anda merasa sudah sangat muak dengan kehidupan Anda yang saat ini. Dan ingin mencoba dunia lain yang ada di pikiran Anda, yang menurut Anda sangat indah. Bahkan Anda mulai terbayang masa lalu, hingga menyesali keputusan yang Anda ambil.

Jika sudah begitu Anda harus sadar. Dan tetap terima segala kenyataan yang ada saat ini.

3. Mudah marah
Capek psikis memang sangat berdampak terhadap mood. Saat Anda mengalami capek psikis, Anda akan mudah sekali mengalami perubahan emosi. Mudah gugup, menangisi masalah-masalah kecil. Dan Anda akan mudah meratapi segala yang terjadi.

4. Berusaha terlihat baik-baik saja
Anda akan selalu berusaha terlihat baik-baik saja meskipun saat itu mungkin batin Anda merasa tersiksa atau tertekan. Hal ini yang membuat orang lain tidak bisa melihat jika seseorang tersebut sedang mengalami capek psikis yang luat biasa. Dan tanpa disadari, selalu membohongi diri sendiri itu akan semakin memperparah keadaan psikis Anda.

Jika ini terjadi pada diri Anda, segeralah untuk mengistirahatkan psikis Anda. Caranya dengan melakukan refresing, atau liburan dengan keluarga. Meninggalkan sejenak rutinitas yang sekiranya akan membuat psikis Anda terguncang. Karena jika tidak segera ditangani, akan menimbulkan masalah yang serius.

Oke, demikian yang dapat saya sampaikan tentang ciri-ciri capek psikis ini. Semoga bisa menjadi informasi yang berguna untuk Anda. Dan jangan lupa share lalu dapatkan info lainnya di blog Panggulku. Terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Kenali Ciri-ciri Capek Psikis Sejak Dini Karena Lebih Berbahaya Daripada Capek Fisik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel