6 Syarat Penting Yang Wajib Kamu Ketahui Sebelum Meminjamkan Uang Pada Teman

Meminjamkan uang pada teman mungkin hampir menjadi kebiasaan dan bisa juga disebut sebagai hal yang wajar bagi kita. Karena seperti yang kita ketahui, bahwa didalam pertemanan kita harus saling tolong menolong ketika salah satu diantara kita ada yang mengalami kesulitan. Salah satunya kesulitan dalam hal ekonomi misalnya.

Ketika kita mampu, kita wajib menolongnya dengan cara meminjami uang ketika teman mengalami kesulitan. Jangan pernah memaksakan kehendak, jika kita tidak ada uang ada lebih baiknya kita ngomong terus terang kepada teman kita bahwa memang kita tidak memiliki uang yang cukup untuk dipinjamkan.
meminjamkan uang pada teman
Menolong teman mungkin merupakan hal yang wajar. Tetapi ketika sudah menyangkut masalah uang, biasanya akan menjadi lebih sensitif lagi. Tidak jarang juga ada yang mengalami kerenggangan dalam pertemanan hanya karena masalah uang atau masalah hutang-piutang. Meminjamkan uang pada teman bukan berarti kita harus merasa sungkan untuk memintanya kembali saat sudah mencapai masa perjanjian akan dibayarkan hutangnya. Jika tidak, malah kamu sendiri yang akan rugi.

6 Syarat Penting Yang Harus Diketahui Sebelum Meminjamkan Uang

Jangan pernah menganggap sepele masalah hutang-piutang walaupun dengan teman dekat kamu sekalipun. Karena tidak semua teman bisa seperti yang kamu harapkan. Terkadang ada yang diluar baik didalam entahlah hehe. Ketika kamu meminjamkan uang kepada teman, kamu harus mengetahaui atas dasar-dasar apa saja dia meminjam uang. Berikut beberapa hal penting yang wajib kamu ketahui sebelum meminjamkan uang pada teman.

1. Ketahui lebih dekat temanmu
Sebelum kamu meminjamkan uang, kamu harus benar-benar paham tentang siapa sebenarnya orang yang menjadi teman kamu selama ini. Kamu harus benar-benar mengetahui kehidupannya dan kebiasaanya ketika berhutang. Apakah selalu tepati janji atau tidak. Semacam teman karet, kalau ditagih hutang molor terus haha. Pasti banyak yang punya teman macam ini.
2. Cari tahu tujuan dia meminjam uang
Kamu harus mengetahui atas dasar apa dia pinjam uang. Apakah benar-benar untuk hal yang mendesak/penting atau hanya untuk keperluan dia sendiri yang kadang ada yang tidak terlalu penting. Seperti sekedar buat senang-senang misalnya. Jangan samapi uang pinjaman dari kamu hanya digunakan untuk hal yang tidak benar.
3. Buat perjanjian
Membuat perjanjian ini termasuk hal yang penting. Kamu harus membuat perjanjian kepada teman kamu kapan tanggal jatuh tempo untuk dia melunasi hutangnya. Jika memang sangat diperlukan, buat juga perjanjian hitam diatas putih, biar semua jelas. Tapi kalau memang teman kamu bisa dipercaya, hal seperti ini juga tidak perlu dilakukan. Karena akan terlihat berlebihan juga jadinya.
4. Jangan pinjamkan uang dari tabungan
Jangan sampai uang tabungan yang selama ini kamu kumpulin kamu gunakan untuk meminjami uang pada teman kamu. Karena uang yang ditabung sudah pasti ditujukan untuk keperluan yang mendesak di lain waktu. Jangan sampai jadi kamu yang mencari hutang kesana kemari saat kamu memerlukan uang, hanya karena uang tabungan yang kamu miliki sudah kamu pinjamkan pada teman kamu. Jadikan uang tabungan menjadi uang yang tidak bisa diganggu gugat kecuali hanya untuk keperluan yang sangat mendesak.
5. Pinjamkan uang sesuai kemampuan kamu
Jangan menjadi orang yang sok kaya lah ya istilahnya atau juga sok dermawan. Ketika meminjamkan uang pada teman berapapun kamu sanggupi. Padahal kamunya sendiri kesulitan untuk ngumpulin uang tersebut. Pinjamkan uang pada teman sesuai kapasitas atau kemampuan yang kamu miliki. Jangan membuat diri kamu menjadi repot sendiri.
6. Jangan sungkan untuk menagih
Jangan pernah merasa sungkan untuk menagih hutang pada teman kamu jika memang sudah jatuh tanggal tempo yang ditentukan. Karena tidak semua teman bisa menyadari akan hutang yang dia miliki. Dan lebih baik lagi kamu harus menagih hutang tersebut langsung kepada teman kamu, jangan melalui perantara orang lain. Karena jika kamu menagih melalui perantara hal ini akan membuat teman kamu merasa tersinggung.

Penutup

Oke, demikian hal yang dapat saya sampaikan tentang syarat meminjamkan uang pada teman ini. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi solusi ketika ingin meminjamkan uang pada teman kamu. Jangan lupa share dan kunjungi terus blog Panggulku ya. Terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "6 Syarat Penting Yang Wajib Kamu Ketahui Sebelum Meminjamkan Uang Pada Teman"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel