Resep Membuat Es Blewah Selasih

Blewah adalah buah yang juga masih tergolong dalam kelompok labu-labuan seperti buah melon. Blewah sangat terkenal kegunaannya sebagai bahan untuk membuat minuman yang segar. Apalagi dibulan puasa, buah ini akan sangat banyak sekali dicari untuk dijadikan pelengkap bahan minuman hidangan buat takjil.

Blewah memiliki bentuk liana, beda dengan buah melon yang berbentuk bulat sempurna. Tampilan buah blewah hampir sama dengan labu. Untuk menikmati buah ini caranya sangat mudah. Bisa dijadikan sop buah, ataupun es lainnya. Dan dikesempatan kali ini saya akan berbagi resep es blewah dengan tambahan selasih sebagai pelengkapnya.

es blewah

Untuk membuatnya sangatlah mudah dan tidak memerlukan waktu yang lama. Selain itu blewah juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Untuk manfaat buah blewah akan saya bahas juga dibawah. Jadi baca sampai selesai ya. Dan berikut adalah resep untuk membuat es blewah ini.

Cara Pembuatan Yang Sangat Mudah Dan Cepat

Sangat mudah memang untuk membuat es yang satu ini. Dan hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit saja. Bahan-bahan yang digunakan juga cukup simpel. Membuat es blewah bisa dibuat bervariasi dengan ditambahkan bahan lainnya yang kamu suka. Misalnya ditambah dengan biji selasih, kolang-kaling, nata de coco, cincau, agar-agar dan lain sebagainya.

Dan berikut adalah bahan dan cara untuk membuat es blewah.

Bahan-bahan
  • 300 gram buah blewah (serut memanjang)
  • 100 gram kolang-kaling (iris tipis)
  • 300 gram sari kelapa
  • 100 gram gula pasir larutkan
  • 1 sdm biji selasih
  • 250 gram es serut
  • 10 sdm sirup cocopandan
Cara membuat
  • Siapkan gelas saji atau mangkuk. 
  • Susun bahan mulai dari, blewah, sari kelapa, kolang-kaling, air gula, biji selasih. 
  • Kemudian tambahkan es serut diatasnya dan tambahkan juga sirup cocopandan.
Nah mudah sekali caranya. Es blewah sudah siap untuk disajikan. Atau bisa juga disajikan dalam wadah besar sekaligus.

Manfaat Lebih Buah Blewah


Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya. Blewah selain cocok digunakan untuk dijadikan bahan untuk membuat minuman yang segar, blewah juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan yang mungkin belum banyak kalian ketahui. Manfaat blewah ini dapat dijadikan sebagai buah untuk mengatasi beberapa penyakit yang kadang kala sering menghampiri kita. Adapun manfaat blewah bagi kesehatan antara lain sebagai berikut ini.

  1. Blewah memiliki kandungan kalium yang sangat baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi. 
  2. Kandungan rendah gula dan kalori pada blewah ini sangat cocok dikonsumsi bagi para penderita diabetes yang mayoritasnya selalu menghindari makanan yang mengandung gula tinggi. 
  3. Kaya akan vitamin C dan juga vitamin A. 
  4. Cocok juga dikonsumsi untuk penderita maag dan batu ginjal. 
  5. Non kolestrol. 
  6. Dapat dijadikan sebagai penangkal insomnia.

Nah, itu adalah sebagian kecil dari manfaat buah blewah yang dapat saya sampaikan.

Kekurangan Buah Blewah

Jika berbicara kekurangan tentang buah ini, hanya satu yang dimiliki oleh buah blewah ini. Yaitu yang hampir saja tidak memiliki rasa atau bisa dikatakan sedikit hambar. Jadi, harus ditambahkan banyak gula jika ingin mendapatkan rasa minuman yang manis dari buah ini.

Penutup

Demikian yang dapat saya sampaikan tentang buah blewah ini. Semoga dapat menjadi manfaat bagi kamu. Jangan lupan share dan kunjungi terus blog Panggulku untuk mendapatkan resep dan info-info menarik lainnya tentunya. Terimakasih.

Reny Saya hanya seorang pemalas yang selalu merindukan gajian tanpa bekerja.

1 Komentar untuk "Resep Membuat Es Blewah Selasih"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel