5 Cara Manajemen Keuangan Yang Cocok Untuk Anak Muda

Manajemen keuangan bukan hanya berlaku untuk suatu perusahaan atau semacamnya. Namun, semua orang membutuhkan hal ini untuk mengontrol setiap keuangannya. Supaya dapat digunakan dengan baik dan tidak terjadi krisisnya perekonomian dalam suatu kehidupan. Pada dasarnya, manajemen keuangan selalu berhubungan dengan seseorang yang bekerja sebagai akuntansi dan sebagainya.

Selain itu, manajemen keuangan biasanya baru dilakukan setelah terjadinya suatu pernikahan dan seorang istri yang wajib memanajemen keuangan dalam keluarga barunya. Tapi yang perlu kalian ketahui, manajemen keungan juga perlu dilakukan oleh para kalangan muda-mudi. Bahkan akan lebih baik jika kamu menerapkan manajemen keuangan ini pada saat kamu masih berada dibangku sekolah.

manajemen keuangan
Memanajemen keuangan yang dilakukan sejak masih muda, akan memberikan keuntungan tersendiri bagi kamu. Yaitu akan mempermudah kamu untuk memanajemen keuangan kamu pada saat sudah dewasa kelak. Karena pada umumnya anak muda lebih cenderung tidak memikirkan manajemen keuangan mereka. Yang mereka tahu hanya pada saat tanggal muda mereka gajian dan saat itulah waktunya bagi mereka untuk bersenang-senang. Namun pada saat tanggal muda datang, mereka mulai merasakan dampaknya. Hal ini perlu diperbaiki supaya tidak berlanjut menjadi kebiasaan hingga tua.

Beberapa Cara Memanajemen Keuangan Bagi Anak Muda

Mungkin beberapa dari mereka beranggapan, bahwa masa muda adalah masanya bagi mereka bersenang-senang. Hingga tidak memperdulikan lagi kebutuhan selanjutnya. Beberapa dari mereka bahkan berfikir, mumpung masih muda mereka bebas membeli apapun yang mereka suka. Iya sih, memang benar tapi tidak ada salahnya juga kalau kita mulai memanajemen keuangan kita demi kedepannya yang lebih baik.

Jadi, untuk apa bersenang-senang jika kelak kamu sendiri yang akan merasakan dampak buruknya. Kenapa bisa saya katakan dampak buruk nantinya yang akan dirasakan? Begini, karena jika pada saat kalian muda sudah kalian biasakan dengan berfoya-foya, maka kalian akan kaget setelah kalian kelak memilikibsebuah keluarga dan dengan segudang kebutuhannya yang rasanya tidak pernah ada habisnya. Untuk itu biasakan diri untuk mengatur manajemen Keuangan dari sekarang. Berikut caranya.

1. Investasi 

Tidak ada salahnya jika kamu melakukan investasi sejak muda. Hingga pada saatnya nanti kamu tinggal menikmati hasilnya. Investasi yang dilakukan ya yang mudah-mudah saja. Dan yang terjangkau oleh keungan kamu. Contohnya investasi emas, sewaktu-waktu dapat kamu jual saat ada kebutuhan mendadak ataupun kamu jadikan koleksi juga. Selain itu investasi tanah juga sangat menjanjikan. Karena mengingat harga tanah yang selalu naik tiap tahunnya.

2. Menabung

Selain melakukan investasi dalam bentuk barang. Kamu juga bisa menyisihkan sebagian gaji hasil dari kerja kerasmu untuk ditabung. Dan kebiasaan orang yang menabung di bank, selalu saja kalap dan selalu ingin mengurangi jumlah tabungan. Untuk itu, buatlah kartu yang khusus berisi tabungan dan satu kartu lagi yang khusus untuk kebutuhan sehari-hari.

3. Buat anggaran

Membuat anggaran untul setiap kebutuhan yang akan kita beli dan kita butuhkan itu juga sangatlah penting. Karena pada dasarnya, jika kita sudah mencatat segala kebutuhan kita. Maka kita tidak akan memiliki keinginan untuk membeli barang-barang yang tidam penting lagi. Selain itu, membuat anggaran dapat menafsirkan berapa kebutuhan kamu dalam waktu 1 bulan. Jadi kamu dapat mengetahui berapa uang yang harusnya kamu tabung.

4. Menyiapkan tabungan untuk masa depan

Ketika kamu sudah mulai memikirkan masa depan. Maka kamu akan mengerti apa yang seharusnya dilakukan. Karena kebutuhan kedepannya akan lebih banyak jika dibandingkan dengan kebutuhan kamu semasa muda. Jangan sampai kamu terlambat menyadarinya setelah kamu sudah berhadapan dengan pada masanya kamu memiliki sebuah tanggung jawab.

5. Membuat sebuah tujuan

Kamu juga harus mampu membuat sebuah tujuan keuangan kamu, supaya kamu bisa mengontrol nafsu foya-foya kamu ketika mengingat tujuan yang sedang kamu cita-citakan. Dengan begitu, keuangan kamu dapat termanajemen dengan baik.

Akhir Kata

Nah, demikian adalah akhir dari ulasan singkat tentang cara manajemen keungan bagi anak muda. Yang semoga mampu mbantu memberi perubahan bagi kamu untuk dapat selalu memanajemen keungan yang kamu miliki. Seperti biasa, jangan lupa share sebelum meninggalkan tulisan ini. Dan kunjungi terus blog Panggulku tentunya. Terimakasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "5 Cara Manajemen Keuangan Yang Cocok Untuk Anak Muda"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel