Apa Saja Peluang Usaha Di Desa Yang Paling Menguntungkan?

Sebagai mayoritas penduduk yang tinggal di pedesaan, dan tidak memiliki keahlian untuk bekerja diperkotaan. Kita harus benar-benar tahu bagaimana cara untuk menyiasati permasalahan ekonomi  tetap stabil. Nah loh, lalu bagaimana tuh caranya?. Sedangkan kita tidak memiliki keahlian yang dapat diandalakan. Itu dia, kita sebagai penduduk yang cerdas harus tahu hal yang selayaknya harus dilakukan. Jawabannya kita harus berani untuk memulai bisnis kita sendiri. Ada yang bertanya begini, kira-kira apa saja peluang usaha di desa yang paling menguntungkan?. Hidup di desa itu susah, mau buka usaha palingan juga gak laku. Nah dibawah ini jawabannya.

usaha di desa yang paling menguntungkan

Pernyataan diatas salah kawan, meskipun kita hidup di desa, bukan berarti kita nyari duitnya harus terus-terusan jadi buruh di kota. Meskipun kita punya ketrampilan untuk menjadi buruh di kota, katakanlah kita kerja dipabrik atau di kantor lah ya. Itu kan ada batasan umurnya juga. Terus nanti kalau sudah diberhentikan dari tempat kerja gimana hayo.

Maka dari itu, kita harus berani memulai usaha kita di desa kita sendiri. Supaya dapat diandalkan terus kedepannya tanpa bergantung dengan atasan karena diri kita sendiri yang akan jadi atasannya kelak hehe. Lalu kira-kira apa saja peluang usaha di desa yang paling menguntungkan?. Jika kamu bertanya apa saja jawabannya pasti banyak sekali. Dan blog Panggulku sudah jadi pilihan yang tepat untuk kamu mendapatkan jawabannya.

Baca juga
10 cara membuat bisnis modal kecil
5 jenis bisnis rumahan dengan modal kecil tapi menguntungkan

Mencari Ide Terlebih Dahulu

Sebelum saya memberi jawaban tentang pertanyaan diatas, terlebih dahulu saya akan memberi sedikit tips tambahan. Meskipun sedikit tetapi mencari ide terlebih dahulu ini bisa dikatakan yang paling penting.

Kenapa demikian?

Ya karena tidak mungkin kita langsung begitu saja membuat usaha tanpa mencari ide atau memikirkan terlebih dahulu apa saja usaha yang sekiranya laku di desa kita. Berikut adalah cara untuk mendapatkan ide dengan mudah.

1. Melakukan survey
Sebelum kamu memulai usaha kamu, ada baiknya kamu melakukan survey tentang apa saja yang sekiranya paling banyak diminati atau dibutuhkan oleh masyarakat sekitarmu. Ini akan menentukan antara laku dan tidaknya usaha kamu kelak.
2. Sesuaikan dengan minat dan bakat
Setelah kamu mengamati tentang apa saja yang sekiranya pas untuk dijadikan usaha di desa kamu, kamu juga harus menyesuaikan usaha yang akan kamu pilih dengan seberapa minat kamu dan bakat yang kamu miliki.
3. Belajar dari kesuksesan orang lain
Ketika kamu sudah benar-benar yakin dengan usaha apa yang akan kamu pilih. Kamu bisa belajar terlebih dahulu dengan orang-orang yang sudah sukses di bidangnya dan terbukti nyata keberhasilannya.

Nah itu adalah cara untuk mendapatkan ide-idenya. Dan berikut adalah jawaban dari pertanyaan yang sebelumnya.

Contoh Usaha Di Desa Yang Diyakini Paling Menguntungkan.

Berikut saya akan memberi beberapa contoh usaha yang sudah terbukti paling laku jika didirikan di daerah pedesaan. Jika berbicara apa saja yang paling laku pasti banyak. Tetapi jika sudah berbicara tentang untungnya mungkin akan semakin mengerucut pilhannya.

Oke langsung saja, berikut adalah jawaban dari pertanyaan diatas tentang Apa saja peluang usaha di desa yang paling menguntungkan?
1. Usaha perkebunan


Kalau di desa sudah pasti masih banyak kan ya tanah yang masih luas tanpa bangunan. Kita bisa nih manfaatin buat berkebun. Misalnya kita usaha sayuran seperti.
  • Bayam 
  • Sawi 
  • Kubis 
  • Kol 
  • Wortel 
  • Kangkung
Atau bisa juga kita usaha dengan menanam ubi-ubian mulai dari
  • Singkong 
  • Ubi jalar 
  • Talas dan kentang 
Jika sudah panen kita bisa menyetornya ke tukang sayur dipasar maupun supermarket.
2. Jual aneka bibit


Karena mengingat masyarakat pedesaan mayoritas menyukai pekerjaan sebagai petani, kita bisa menyiasatinya dengan cara menyiapkan bibit tanaman yang siap tanam. Seperti
  • Cengkeh 
  • Kelapa 
  • Pohon-pohonan 
  • Sayuran juga Buah-buahan bisa juga dilengkapi dengan bunga
3. Toko sembako


Dimana-mana yang namanya toko sembako pasti paling banyak diminati. Kenapa begitu?, ya karena kehidupan sehari-hari manusia tidak akan lepas dari yang namanya sembako untuk mencukupi kebutuhan konsumsi setiap harinya. Jadi ini bisa menjadi pilihan yang cocok buat kamu yang suka berbisnis.
4. Ternak kroto
Nah, disini ada yang belum tahu apa itu kroto?. Oke saya jelaskan terlebih dahulu ya. Kroto merupakan telur dari semut rangrang. Kroto ini biasanya digunakan untuk pakan burung. Para pecinta burung pasti banyak yang berburu pakan yang satu ini.

Lalu, kenapa kroto bisa masuk dalam kategori usaha di desa paling menguntungkan?

Jawabannya, ya karena kroto kini semakin sulit ditemukan dialam bebas. Jadi tidak banyak orang yang dapat menemukan telur semut yang satu ini. Harga dari kroto ini juga mahal sekali.
5. Ternak ayam kampung


Salah satu keuntungan tinggal di desa adalah dapat dengan leluasanya kita mencari tempat untuk membuka usaha. Salah satunya ialah untuk membuat usaha ternak ayam kampung ini. Kita dapat dengan mudah membuat kandang bisa di halaman belakang maupun dilahan yang dimiliki lainnya. Ternak ayam kampung sangat menguntungkan karena perawatan ayam jenis ayam kampung ini sangat mudah.

Akhir Kata

Nah, barusan adalah beberapa contoh usaha di desa yang paling menguntungkan. Dan sengaja saya hanya menyebutkan beberapa karena saya hanya mengambil dari segi yang pada dasarnya sering diminati masyarakat di desa saja. Sebelum meninggalkan tulisan ini jangan lupa share juga ya. Terimakasih.

Reny Saya hanya seorang pemalas yang selalu merindukan gajian tanpa bekerja.

Belum ada Komentar untuk "Apa Saja Peluang Usaha Di Desa Yang Paling Menguntungkan?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel